PRODUK OLAHAN DARI BUAH SUKUN - STIK SUKUN

Produk Olahan Dari Buah Sukun_Stik Sukun - CAMILAN NUSANTARA


Seperti kita ketahui, banyak sekali bahan-bahan organik yang mengandung karbohidrat dengan jumlah yang tinggi tersebar di alam bebas, salah satunya buah sukun. Buah sukun merupakan jenis buah yang banyak tumbuh di daerah tropis termasuk di Indonesia. Namun, pemanfaatan buah sukun masih kurang optimal jika dibandingkan dengan tanaman penghasil karbohidrat lainnya, misalnya kentang. Padahal, sukun juga bisa dimanfaatkan buah sukun dimanfaatkan sebagai bahan baku industri seperti tepung sukun atau pun sebagai produk olahan makanan.

Sukun di Indonesia kebanyakan dikonsumsi dalam bentuk olahan baik digoreng maupun direbus dari buah yang masih mentah. Buah sukun umumnya dikonsumsi setelah digoreng seperti talas dan adakalanya direbus atau dibuat kripik, menjadi keripik sukun. selain itu olahan lain yang berasal dari buah sukun diantaranya : bolu sukun, donat sukun, maupun stik sukun, dan lain sebagainya.

Jenis sukun yang saat ini ada  di Indonesia ada tiga macam, yaitu :

1. Jenis Sukun Kecil (Sukun Kuning)
Ciri dari sukun ini adalah kulitnya berduri lunak, saat muda berwarna hijau sedangkan saat tua berwarna kuning, tidak banyak mengandung air, tahan simpan 8 hari setelah pemetikan. Daging buah kering, kenyal dan rasanya enak. Berat buah antara 1-1,5 kg.

2. Jenis Sukun Gundul
Ciri dari sukun jenis ini adalah kulitnya cenderung halus dan tidak berambut. Dari muda sampai tua berwarna hijau, kandungan airnya banyak, tahan simpan selama 3-4 hari. Daging buah kurang kenyal, rasanya kalah gurih dengan sukun kuning. Berat buah 2-3,5 kg.

3. Jenis Sukun Median
Merupakan persilangan antara sukun gundul dengan sukun kecil, sifatnya merupakan peralihan antara kedua jenis sukun tersebut di atas. Kulit buah berdiri (mirip nangka), daging buah cenderung kenyal, kandungan airnya lebih rendah dari sukun gundul namun lebih tinggi sukun kuning. Tahan simpan selama 6 hari.


Kandungan Gizi Buah Sukun
Buah sukun mengandung banyak kandungan gizi seperti kalori, karbohidrat, serat,  protein, kalsium, magnesium, fosfor, dan lain sebagainya. buah sukun juga emngandung beberapa vitamain diantaranya Vitamin C, Vitamin B1 Thiamin, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B5, Vitamin B6.


Manfaat Buah sukun

1. Mengatur tekanan darah

2. Membantu menurunkan berat badan

3. Mencegah dan mengobati kanker

4. Meningkatkan energi

5. Menghilangkan ketombe dan mengontrol kerontokan

6. Meningkatkan kesehatan jantung

7. Membuat kulit sehat



Salah satu produk olahan sukun yang banyak di sukai adalah stik sukun. Berikut kami akan emberikan resep and tips membuat stik sukun yang gurih dan renyah 

Bahan dan Bumbu Stik Sukun: 
1 buah sukun yang sudah tua, Dipotong ukuran jari
Bawang putih di keprek kasar campur garam beri air hingga garam larut(utk bumbu)
Margarin/mentega

Cara Membuat Stik Sukun:
1. Siapkan wajan dengan minyak yang panas (utk menggoreng minyak harus banyak y bun).
2. Masukkan blue band/margarin ke dalam wajan kira-kira 1-2 sendok makan.
3. Masukkan sukun dalam penggorengan ( minyak panas).
4. Setelah setengah matang beri larutan air garam berapa sendok diatasnya...dikira-kira ya bun                keasinannya.
5. Aduk sampai sukun terlihat kuning agak kecoklatan sampai matang baru tiriskan.
6. Stik sukun sudah siap disajikan atau buat cemilan.


Baca Juga :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya