MANFAAT DAN CARA MEMBUAT KERIPIK APEL SEHAT

MANFAAT DAN CARA MEMBUAT KERIPIK APEL SEHAT - CAMILAN NUSANTARA

Jika musim panen, umumnya produk pertanian banyak yang tidak terserap pasar, akhirnya membusuk. Langkah solutif adalah diversifikasi, keripik adalah salah satunya.
Keripik salak, keripik apel atau keripik rambutan. Mungkin nama atau jenis makan ringan ini masih asing di telinga masyarakat. Orang lebih mengenal dan akrab dengan keripik singkong atau pisang daripada keripik salak atau apel. Untuk mengatasi persoalan kelebihan produksi, maka diperlukan teknik pengawetan buah, yaitu teknik pengolahan buah segar menjadi kripik/kerupuk. 

Buah apel siapa saja pasti mengenal jenis buah ini dengan baik, ada yang memfavoritkan jenis apel merah karena rasa manisnya, ada yang memfavoritkan jenis apel hijau karena renyah dengan rasa asam manisnya, dan ada juga yang memfavoritkan jenis apel kuning karena lebih empuk dan manis. Memang varian tanaman apel sangat beragam jenisnya adapun rasa dan warna buahnya juga berbeda beda tergantung dari jenis variannya.

Buah apel lokal Indonesia beberapa contoh yang banyak dibudidayakan di daerah Malang diantaranya Apel Manalagi, Apel Anna, dan Apel Romebeauty ketiga jenis tersebut memang memiliki kelebihan sendiri daripada apel import di atas. Buah apel dari daerah Malang memiliki cita rasa yang khas yaitu asam manis, renyah, banyak kandungan airnya sehingga segar ketika dimakan dan tahan lama.

Buah apel dikenal memiliki kegunaan dan manfaat bagi kesehatan tubuh apabila dikonsumsi teratur setiap hari selain baik untuk pencernaan buah apel bisa digunakan untuk pencegahan beberapa penyakit berbahaya seperti Diabetes, Osteoporosis, Kolesterol, Jantung, dan kanker. 
Buah apel pada umumnya dikonsumsi langsung ketika sudah matang dari pohonnya, namun ternyata buah apel juga bisa diolah menjadi berbagai macam variasi makanan contohnya Pie Apel, Cake Apel, Cuka Apel, Sari Apel, Saus Apel, Keripik Apel dan lain lain. 


Manfaat Kerupuk Buah Apel (Apple Chips)
Diolah dari Buah Apel Hijau Manalagi (Apel khas Kota Malang) yang dominan lebih baik untuk pertumbuhan tulang, gigi, penglihatan, dan anti kanker, Berikut beberapa manfaat dari Keripik Apel :

o Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
o Meningkatkan daya penglihatan
o Mencegah Penyakit mulut
o Membantu pertumbuhan tulang dan gigi
o Membantu merawat gigi
o Membantu mengurangi berat badan
o Mencegah Kanker
o Menurunkan kadar Kolesterol
o Membantu proses pencernaan

Resep Cara Membuat Keripik Apel.

Bahan-Bahan
1. Buah Apel Malang
2. Air lemon 50 ml
3. Gula pasir 
4. Kayu Manis

Cara membuat keripik apel malang
1. Pertama tama kupaskulit apel, kemudian buang semua bijinya dan juga iris bagian tengahnya
2. Selanjutnya, campurkan dalam satu wadah bahan bahan, seperti gula pasir dan juga kayu manis.
3. Ambil wadah yang berisi air lemon dan celupkan aple ke dalamnya. Kemudian tiriskan lalu gulingkan ke campuran kayu manis dan juga gula pasir.
4. Siapkan Loyang kemudian olesi dengan mentega dan lapisi dengan kertas pemanggang.
5. Letakkan semua irisan apel ke dalam Loyang dan tata didalamnya.
6. Setelah itu masukkan Loyang kedalam oven dan panggang dengan suhu sekitar 120 derajat celcius sampai matang atau bis di tunggu sekitar 1 jam.
7. Jika sudah matang, biasanya di tandai dengan perubahan warna pada irisan apel menjadi kering kecoklatan.
8. Angkat, kemudian biarkan dingin terlebih dahulu, lalu masukkan kripik apel yang sudah jadi kedalam toples.
9. Untuk menyajikannya, bias ambil keripik secukupnya dan letakkan di piring saji. Setelah itu segera tutup kembali toples agar keripik tetap gurih.

Nah, giamana apakah anda tertarik untuk membuat keripik apel? Jika kalian ingin membuatnya kali ini saya akan berbagi tips agar kalian pantang menyerah jika mengalami kegagalan. Pertama anda harus mencoba terlebih dahulu. Jika belum, anda harus berani mencoba lagi dan terus berusaha untuk memperbaiki kesalahan, dan juga cari sumber referensi yang banyak untuk menambah pengetahuan kalian tentang pembuatan keripik apel.
Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya