RESEP RAHASIA EMPING JAGUNG GEPENG ENAK DAN LEZAT

Resep Rahasia Membuat Emping Jagung Yang Enak dan Lezat - CAMILAN NUSANTARA


Berdasarkan penelitian tanaman jagung berasal dari Meksiko Amerika Tengah. Tanaman ini biasanya ditanam pada musim kemarau karena tanaman ini tidak banyak membutuhkan air, layaknya tanaman padi. Umur tanaman jagung biasanya berkisar antara 90 – 150 hari. 

Jagung merupakan salah satu bahan pangan pokok di Indonesia, ada beberapa daerah seperti Madura dan Nusa Tenggara yang penduduknya memanfaatkan jagung sebagai bahan pangan pokok. Kandungan Mineral dan Nutrisi Jagung sama baiknya dengan beras yang menduduki urutan pertama sebagai bahan pangan pokok dimana nilai tinggi karbohidrat masih menjadi acuan utama, namun perlu diketahui bahwa dalam jagung terdapat nilai plus dari pada beras yaitu kandungan serat yang berguna bagi kesehatan pencernaan.

Jagung selain digunakan sebagai makanan pokok juga dimanfaatkan sebagai pakan ternak karena kandungan nutrisinya baik untuk ternak, juga dari sisi harga lebih murah daripada beras, selain sebagai makanan pokok, jagung digunakan sebagai bahan baku industri seperti tepung jagung, gula jagung untuk penderita diabetes, minyak, atau pun produk olahan seperti camilan. salah satu camilan yang berbahan dasar jagung adalah emping jagung. Emping jagung memiliki 2 varian rasa Yaitu Asin dan Pedas.

Cara Pembuatan Emping Jagung

1. Pertama, pisahkan biji jagung dari bonggolnya,
2. Kemudian rebus biji-biji jagung supaya terpisah dari kulit arinya  
3. Setelah melalui proses perebusan lalu jatiriskan jagung dan tumbuk hingga halus.
4. Jagung yang telah ditumbuk tersebut diberi bumbu tambahan antara lain garam dan bawang                putih agar rasanya bisa lebih gurih dan enak,
5. Cetak jagung berbentuk bundar kecil-kecil sebesar koin
6. Jemur jagung dibawah terik matahari untuk menghilangkan kadar air yang terdapat di dalam                jagung. Dan supaya cetakan jagung lebih menyatu.
7. Setelah di jemur, goreng emping agung hingga kering dan mengembang.
8. Kedelapan, untuk menambah variasi rasa emping jagung, bisa ditambahkan diantaranya bumbu          pedas manis yang dibuat dari campuran gula, cabe, dan garam untuk membuat rasanya lebih                lezat lagi.

Nah itu tadi tahapan proses membuat emping jagung yang enak dan lezat. Smoga resep ini dapat anda pelajari dan yang paling penting dipraktekkan berulang-ulang agar mendapatkan hasil yang terbaik dengan citarasa emping jagung yang lezat. Selamat  mencoba ya.. sehat, sukses dan bahagia selalu untuk anda sekeluarga.

Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya