Jenis-Jenis Dan Mafaat Kacang Koro

Jenis-Jenis Dan Mafaat Kacang Koro - CAMILAN NUSANTARA


Bagi yang suka dengan kacang-kacangan tentu mengenal kacang koro. Makanan ini lebih dikenal untuk dijadikan cemilan atau makanan ringan saat sedang bersantai, karena memiliki rasa enak dan gurih. Salah satu jenis kacang yang memiliki nama latin canvalia ini, pada mulanya berasal dari benua asia dan afrika. Pada awalnya kacang koro banyak di budidayakan di daerah asia selatan seperti India, Srilanka, dan daerah Indo China seperti myanmar. Namun semakin berkembang kacang koro mulai dikenal dan di tanam oleh masyarakat Indonesia. 

Kacang koro bisa digunakan sebagai pelengkap sayuran pada masakan, bisa juga digunakan makanan hewan, serta olahan pupuk hijau. Biji kacang koro yang berwarna mewah muda bisa juga di jadikan obat tradisional cina. Di indonesia sendiri ada 3 jenis kacang koro yang sering di konsumsi, yaitu kacang koro benguk, kacang koro kecipir, dan yang paling terkenal adalah kacang koro pedang. 

Koro pedang (Canavalia ensiformis), atau di luar negeri dikenal juga sebagai jack bean, adalah jenis kacang koro yang paling dikenal oleh masyarakat umum. Tanaman koro pedang sendiri merupakan tanaman pemanjat tahunan dimana proses pertumbuhannya tidak memakan waktu lama dan dilengkapi dengan batang kayu dengan panjang maksimal 10 meter. Koro pedang dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah (mulai 40 m dpl) namun dapat pula tumbuh pada ketinggian 1.800 m dpl. Dapat beradaptasi dengan baik di daerah tropis yang lembab dan dapat bertahan pada musim kering dengan curah hujan berkisar 700 s/d 4.000 mm per tahun.

Biji koro pedang mudah dikenali dari selimut kulit biji yang sangat tebal dan kulit biji tersebut menempel kuat yang sangat berbeda dengan kulit ari tipis pada kedelai. Panjang polongnya berkisar antara 30 hingga 40 cm. Karena sifat dan kandungan nutrisinya yang mirip, koro pedang sedang digalakkan sebagai pengganti kedelai.

Kandungan kacang koro

Kacang koro ini memang masih dianggap sekerabat dengan kacang kedelai. Bahkan kandungan nutrisi dari kacang koro ini pun mirip dengan kacang kedelai. Kandungan yang terdapat pada kacang koro diantaranya, Protein, Lemak, Lemak Jenuh, Karbohidrat, Serat, Energi, Gula, serta Sodium.

Manfaat kacang koro 

Kandungan nutrisi kacang koro ini memberikan manfaat untuk kesehatan, diantaranya :
1. Menurunkan kadar gula darah.
2. Cemilan untuk diet
3. Menghindari resiko penyakit jantung
4. Memperlancar aliran darah
5. Mengurangi resiko Hipertensi
6. Anti kanker
7. Kesehatan kulit
8. Menjaga fungsi syaraf pusat
9. Menjaga kekebalan tubuh
10. Memperlancar pencernaan


Baca Juga :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya