Cara Membuat Sus Kering Rasa Original

Cara Membuat Sus Kering Rasa Original - CAMILAN NUSANTARA


Kue sus (bahasa Belanda: soes) adalah kue berbentuk bundar dengan rongga berisi fla (vla), custard, atau daging. Kue sus dengan isi vla atau custard disajikan setelah didinginkan di lemari es, karena vla atau custard yang berbahan baku susu mudah menjadi basi. Kue sus dalam bahasa Prancis disebut choux à la crème. Bentuk kue yang bundar seperti kubis menjadikan kue ini disebut choux (bahasa Prancis untuk kol).

Beberapa modifikasi kue sus juga terus berkembang, sehingga bentuk kue sus tidak lagi bulat, ada juga kue sus yang sudah dibentuk menjadi bentuk Angsa. Ada sus kering juga ada sus basah, tergantung cara penyajiannya. Berbeda dengan kue sus basah, kue sus keringmemiliki ukuran yang lebih kecil dan ketika dimakan akan terasa renyah dan gurih. Sus kering merupakan salah satu camilan yang disukai banyak orang dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Mendekati hari raya, resep kue sus kering keju yang enak menjadi incaran. Kue sus kering memang salah satu jenis kue yang mudah sekali ditemukan ketika hari raya lebaran. Biasanya kue kering dihidangkan ketika tamu datang berkunjung ke rumah karena banyak orang yang senang dengan kue sus kering. Dari pada anda membeli hidangan kue sus kering ini, lebih baik jika membuat sendiri. Tidak terlalu sulit untuk membuatnya. Bahannya bisa anda temukan dengan mudah di sekitar anda. 

Berikut ini adalah resep membuat sus kering rasa original.

Bahan - bahan yang di perlukan :

  • Air matang sebanyak ¼ liter
  • Baking powder ½ sdt
  • Garam sebanyak 1 sdt
  • Tepung terigu sebanyak 125 gram
  • Keju parut sebanyak 60 gram
  • Margarin sebanyak 100 gram
  • Telur ayam sebanyak 3 butir
Langkah-langkah Membuat Kue Sus Kering Keju:

  1. Pertama-tama rebus air sampai mendidih. Kemudian campurkan air dengan margarin dan garam. Aduk bahan-bahan tersebut sampai rata.
  2. Masih dalam keadaan berada di atas kompor, kecilkan api, lalu campur bahan-bahan cair tadi dengan tepung sedikit demi sedikit. Setelah itu aduk sampai rata. Kemudian matikan kompor dan angkat adonan sus.
  3. Usahakan agar adonan sus sudah kalis, sehingga anda bisa mulai membentuknya. Jika memang belum kalis, maka sebaiknya tambahkan sedikit tepung.
  4. Campur adonan dengan telur dan baking powder, kemudian kocok sampai rata.
  5. Olesi loyang dengan menggunakan margarin, tujuannya agar tidak lengket. 
  6. Kemudian masukkan adonan ke dalam piping bag dan mulailah membentuk adonan kecil-kecil di atas loyang. Beri jarak karena nantinya adonan akan mengembang.
  7. Panggang adonan sus ke dalam oven dengan suhu 130 derajat selama kurang lebih 15 menit sampai berwarna kuning keemasan.
  8. Sajikan dalam toples hidangan.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya