Rabu, 09 Januari 2019

Tips-tips Membuat Keripik Kentang yang Mudah dan Sederhana

Tips-tips Membuat Keripik Kentang yang Mudah dan Sederhana - CAMILAN NUSANTARA


Kentang, Potato (Solanum tuberosum L.) adalah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan. Umbi kentang sekarang telah menjadi salah satu makanan pokok penting di Eropa walaupun pada awalnya didatangkan dari Amerika Selatan. 

Produk olahan kentang sendiri yang paling banyak di gemari oleh masyarakat Indonesia adalah kripik kentang. Rasa Keripik kentang  sangat lezat dan gurih. Dan dapat dimakan kapan saja dan dimana saja. Entah itu sebagai camilan ataupun sebagai lauk pendamping ketika makan.

Keripik kentang kemasan memiliki rasa yang gurih dan lezat, tetapi walau begitu akan lebih baik jika tidak terlalu sering mengosumsi kripik kentang kemasan. Karena kripik kentang kemasan mengandung banyak bahan pengawet yang kurang baik bagi tubuh dalam jangka panjang. 

Oleh sebab itu, mengapa kita tidak membuat sendiri saja keripik kentang itu? Keripik kentang rumahan tentu saja lebih sehat dibanding yang dijual di pasaran. Keripik kentang yang dibuat sendiri pastinya bebas dari bahan pengawet yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi berlebihan.

Kandungan Gizi yang terdapat pada kentang

Kentang mengandung vitamin dan mineral, serta bermacam-macam phytochemical, seperti karotenoid dan polifenol. vitamin C potassium, vitamin B6, thiamin, riboflavin, folat, niacin, magnesium, fosfor, besi, dan seng. Isi serat kentang dengan kulit kentang adalah setara dengan banyak roti gandum, pasta, dan sereal.

Dalam hal gizi, kentang terkenal karena kandungan karbohidrat nya. Bentuk dominan dari karbohidrat ini adalah pati. Sebagian kecil tapi signifikan pati ini adalah tahan terhadap pencernaan oleh enzim dalam lambung dan usus kecil, sehingga mencapai usus besar dasarnya utuh.

Cara membuat keripik kentang sebenarnya mudah dan sederhana :

Bahan dan alat yang harus di persiapkan:
1. Kentang
2. Alat pemotong kentang
3. Tepung terigu
4. Bubuk cumin (jintan)
5. Garam
6. Bubuk cabai

Langkah – langkah pembuatan :
1. Pertama-tama iris-iris kentang yang menggunakan alat pemotong kentang khusus, atau bisa juga diiris tipis-tipis menggunakan pisau biasa yang ada di rumah.  Irisan kentang jangan sampai terlalu tebal atau terlalu tipis. Usahakan agar setiap kentang mempunyai ketebalan yang hampir sama, agar bisa matang secara bersamaan dan memiliki tingkat kerenyahan sesuai yang diinginkan.
2. Kemudian, rendam potongan kentang.
3. Setelah itu, panaskan air hingga mendidih dan rebus kentang selama kurang lebih 1 menit, lalu angkat dan tiriskan.
4. Lalu, tambahkan tepung terigu dan aduk dengan kentang hingga merata.
5. Panaskan minyak, dan saat minyak sudah mulai agak panas langsung goreng kentang hingga berwarna kuning keemasan. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
6. Diginkan keripik kentang yang telah matang, kemudian Letakkan di sebuah wadah lalu taburkan bubuk jintan, bubuk cabe dan garam sesuai selera. Aduk-aduk bersama kentang hingga semua bumbu tercampur secara merata.
7. Langkah terakhir, masukkan kripik kentang ke dalam wadah yang tertutup rapat untuk menjaga kerenyahan keripik .
8. Keripik kentang lezat telah selesai dibuat.
Bagaimana? Mudah bukan cara membuat kripik kentang. Anda dapat mencobanya di rumah. Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar