Kamis, 03 Januari 2019

Resep Dan Cara Membuat Kue Semprong Enak Dan Renyah

Resep Dan Cara Membuat Kue Semprong Enak Dan Renyah


Negara Kita Indonesia terkenal dengan jajanan khasnya yang mendunia, mulai dari jajanan kue basah sampai dengan jajanan kue kering. Masing-masing kue tersebut menawarkan rasa yang berbeda-beda. Kue basah bisa menyajikan rasa empuk dan lembut di lidah, sedangkan camilan kue kering dapat memberikan sensasi renyah dan crispy di lidah penikmatnya. Yang pastinya membuat para penikmatnya ketagihan. Apalagi masing - masing dari kue basah dan kue kering juga memiliki banyak macam kue dan rasa yang disukai banyak orang.

Salah satu dari kue kering yang terkenal adalah kue Kue Semprong, sudah tidak diragukan lagi kue semprong ini dari dulu hingga sekarang banyak sekali peminat dan penggemarnya karena rasa dan renyah nya kue semprong yang mampu membuat penikmatnya ketagihan. Tidak heran kue semprong banyak dijadikan oleh-oleh, hidangan saat acara pernikahan, syukuran, kumpul bareng teman ataupun keluarga dengan ditemani segelas teh hangat pasti buat suasana acara semakin seru deh..

Dalam sejarahnya sendiri, banyak yang mengatakan jika kue semprong ini dibawa oleh orang-orang Belanda. Kue ini sendiri mirip seperti kue krumkake yang berasal dari Norwegia, namun dengan berbagai modifikasi pada bahan yang digunakannya. Namun berbeda negara pastinya bahan yang digunakan pun berbeda. Begitupun dengan Indonesia yang punya ciri khas rasa pada makanannya tersendiri.

Nah.. bagi Kalian yang penasaran ingin membuat Kue Semprong Khas Indonesia, Kalian bisa ikuti Resep Dan Cara Membuatnya disini ya... Tapi sebelum itu kita siapkan bahannya dulu ya ..

Bahan - Bahan :

  • Santan kelapa 200 ml 
  • Telur ayam 3 butir 
  • Tepung berass 250 gr 
  • Gula halus 165 gr 
  • Garam halus sekitar 1/2 sendok teh 
  • Tepung sagu 50 gr 
  • Margarine yang sudah dilelehkan sekitar 60 gr 
  • Biji Wijen 50 gr


Cara Membuat Kue Semprong Wijen :

1. Setelah semua bahan siap, sekarang kita mulai membuat resep kue semprong ini. Langkah pertama siapkan dulu sebuah wadah untuk mengocok telur dan gula. Pecahkan 3 butir telur dalam wadah tersebut dan kocok bersama dengan gula sampai mengeluarkan warna putih serta berbuih.

2. Masukan tepung sagu dan tepung beras ke dalam kocokan telur tersebut. Tapi usahakan sambil menyaring tepung tadi, ini berguna agar kue semprong nanti memiliki tekstur yang lebih lembut dan renyah. Aduk-aduk adonan tepung tadi sampai tercampur secara merata.

3. Tuangkan santan dan margarine ke dalam adonan tersebut sambil terus dilakukan pengadukan agar bisa tercampur secara merata. Tambahkan biji wijen dan garam ke dalamnya, lalu aduk hingga tercampur rata.

4. Sekarang kita siapkan cetakan kue semprong tersebut. Olesi cetakan kue semprong menggunakan sedikit margerine atau minyak secara merata, lalu panaskan. Setelah panas, ambil adonan sebanyak 1 sendok sayur dan ratakan pada bagian cetakan tersebut.

5. Sambil memanggang adonan, bolak-balik cetakan adonan agar semua bagian bisa matang secara merata. Buka cetakan tersebut setelah sekiranya matang. Jangan tunggu lama-lama, selagi masih hangat (setelah membuka cetakan) gulung adonan tadi dengan menggunakan lidi atau sendok garpu.

6. Setelah itu diamkan kue tersebut sampai dingin. Anda dapat langsung menyajikan kue semprong ini bersama keluarga dan teman atau menyimpannya untuk hidangan acara. Pastikan Anda menyimpannya di topless kedap udara dan tertutup rapat agar kue semprong ini tetap renyah ketika disajikan.

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar