Kandungan Khasiat dan Manfaat Buah Cermai Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan Khasiat dan Manfaat Buah Cermai Bagi Kesehatan Tubuh CAMILAN NUSANTARA


Buah Cermai merupakan buah yang berasal dari tanaman Phyllanthus Acidos. Buah yang berwarna kuning kehijauan ini berbentuk seperti bunga yang padat dan tumbuh bergerombol seperti buah anggur. Dagingnya sendiri berwarna kuning keputihan dengan rasa yang cenderung asam dan kecut. Karena itulah ia lebih sering dijadikan sebagai manisan ketimbang dikonsumsi secara rutin.
Kandungan Buah Cerme

Nilai Kandungan Gizi Cermai (per 100 gram porsi makan) adalah 28 kkal energi, 91,7 g air, 0,7 g protein, 6,4 g karbohidrat, 0,6 g serat kasar, kalsium 5 mg, 23 mg fosfor, 0,4 mg besi, 0,01 mg thiamin , riboflavin 0,05 mg dan 8 mg vitamin C (Anon, 1992).

Daun cermai mengandungi banyak air, karbohidrat, saponin, flavonoida, tanin, polifenol, protein, lemak, dan serat. Manakala buah pula mengandungi serat, mineral dan vitamin C. Dikatakan memakan pucuk cermai dapat merawat alahan kulit, penawar racun gigitan serangga biasa, lumbago, sengal-sengal peha, tekanan darah tinggi, dan kanser.

Manisan cermai adalah makanan dengan bahan dasar buah-buahan yang direndam dalam larutan gula selama beberapa waktu. Manisan biasanya dimakan sebagai hidangan pelengkap untuk merangsang nafsu makan. Teknologi membuat manisan merupakan salah satu cara pengawetan makanan yang sudah diterapkan sejak dahulu kala. Perendamanan manisan akan membuat kadar gula dalam buah meningkat dan kadar airnya berkurang.  Keadaan ini akan menghambat pertumbuhan mikroba perusak sehingga buah akan lebih tahan lama.

Khasiat Dan Manfaat Buah Cermai

Beberapa khasiat manfaat dan buah cermai untuk kesehatan:

1. Mencegah Penyakit Anemia
Manfaat buah cermai untuk kesehatan yang pertama adalah dapat membantu mencegah penyakit anemia. Tak heran, karena buah yang lezat ini memiliki kandungan zat besi yang sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan hemoglobin di dalam tubuh. 

2. Sumber Vitamin
Bukan sebuah rahasia lagi, buah cermai memang sangat kaya akan kandungan vitamin. Seperti vitamin C vitamin B1, dan vitamin B2. 

3. Antioksidan Alami
Buah cermai dapat menjadi sumber antioksidan alami. Buah ini memang memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi untuk menangkal radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh Anda.

4. Mengatasi Sembelit
Mengatasi sembelit menjadi manfaat buah cermai keempat. Buah cermai memang dilengkapi oleh kandungan serat yang baik untuk membantu proses pencernaan Anda. 

5. Meringankan Asma
Buah cermai juga dapat membantu meringankan asma. Caranya untuk mendapatkan khasiat ini sangatlah mudah. Cukup rebus 5-6 potong biji buah cermai dengan beberapa gelas lain, lalu tambahkan akar kara, bawang merah, lengkeng, dan sedikit gula untuk pemanis. Kemudian, minum hingga nafas Anda kembali pulih. 
Namun, Anda sebaiknya bertanya dulu pada dokter jika ingin mengkonsumsi ramuan yang satu ini. Karena, efek yang diberikan akan berbeda-beda sesuai dengan kondisi pasien.

6. Menjaga Kesehatan Kulit
Buah cermai sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit. Hal ini tentu tak terlepas dari peranan kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya. Belum lagi, buah ini juga dilengkapi antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel dan kanker kulit.

7. Mendukung Program Diet
Buah cermai menjadi  salah satu buah-buahan yang disarankan untuk Anda konsumsi selama masa diet. Selain mengandung banyak nutrisi yang dapat menjaga kesehatan Anda, ia juga diperkaya oleh kandungan serat yang baik untuk sistem pencernaan Anda.

8. Meringankan Penyakit Kanker
Buah cermai dapat meringankan penyakit kanker. Caranya, Cukup siapkan beberapa butir buah cermai, lalu rebus bersama gadung cing, bidara upas, daun belimbing, dan gula sebagai pemanis. Setelah itu, minum ramuan tersebut secara rutin.
Namun, seperti halnya pengobatan asma, Anda juga perlu meminta saran dokter jika ingin menggunakan buah cermai sebagai ramuan. Anda harus mengetahui terlebih dahulu apakah kondisi Anda memadai untuk diberi asupan alternatif atau tidak.

9. Mencegah Osteoporosis
Osteoporosis atau pengeroposan tulang ternyata juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah cermai secara rutin. Pasalnya, buah yang lucu ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang penting dan sangat dibutuhkan dalam menjaga kepadatan tulang. Mulai dari fosfor, kalsium, hingga zat besi.

10. Mendukung Pertumbuhan Anak
Buah cermai sangat kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk mendukung pertumbuhan anak. Seperti kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi, serat yang membantu proses pencernaan, serta tak lupa berbagai macam kandungan vitamin dan mineral yang dapat menjaga daya tahan tubuh anak. 

Manfaat dan Khasiat Buah Cermai untuk Kesehatan Lainnya:

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh
  • Mencegah Penuaan Dini
  • Menjaga Kesehatan Usus
  • Mencegah Timbulnya Sariawan
  • Menghaluskan Kulit
  • Mengatasi Masalah Jerawat

Baca Juga :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya