Minggu, 06 Januari 2019

Cara Membuat Manisan Buah Yang Berkualitas

Cara Membuat Manisan Buah Yang Berkualitas - Camilan Nusantara


Hai semangat pagi Indonesia, selamat datang kembali di camilannusantara.co.id. Kali ini kami akan share tips cara membuat produk manisan aneka buah segar. Untuk membuat manisan buah yang berkualitas perlu diperhatikan beberapa hal, seperti bahan yang akan digunakan, bumbu, peralatan, dan juga wadah yang akan digunakan. Selain itu perlu juga  diperhatikan metode yang dalam proses nanti akan dilakukan seperti penirisan, penjemuran, dan penyimpanan. Dengan mengikuti tahapan proses pembuatan yang benar, manisan yang dihasilkan menjadi renyah, tidak getir atau sepat, dan yang pasti akan memberi sensasi nikmat bagi yang mengkonsumsinya.

Bahan dan bumbu

Bahan yang digunakan harus dipilih yang baik kualitasnya, agar hasil manisannya tidak keriput. Pilihlah buah yang tidak terlalu muda ataupun terlalu tua, tidak mengandung banyak serat dan tidak berulat, dan yang pasti tidak ada cacatnya. Buah yang akan digunakan harus dicuci bersih terlebih dahulu dari kotoran yang ada.

Untuk bumbu yang digunakan dalam pembuatan manisan adalah garam meja, garam bata, atau garam beryodium, serta tidak mengandung vetsin, karena nanti akan menghambat proses pengawetan. Berikutnya gula yang digunakan sebaiknya gula yang berwarna putih supaya hasil manisan tidak berubah warna menjadi lebih gelap. Bila anda ingin menggunakan cuka, gunakan yang kadar keasamannya 5% saja agar tidak terlalu asam.

Selanjutnya diperlukan juga air kapur sirih yang berfungsi memberi tekstur renyah pada manisan. Jadi sebelum direndam dalam air gula, buah direndam dulu dalam air kapur sirih. Setelah itu dibilas hingga bersih supaya sisa kapur sirih tidak menempel.

Bumbu tambahan lain yang diperlukan adalah cabai merah, cengkih, atau kayu manis, sebaiknya pilih yang masih baru / fresh agar tidak merubah cita rasa manisan. Dalam proses pembuatannya, bumbu dibungkus dengan sepotong kain agar tidak mengotori air rendaman dan tidak merusak warna hasil akhir produk manisan. Bahan pengawet tidak perlu digunakan apabila manisan disimpan dalam tempat yang bersih dan sesuai.

Peralatan dan wadah

Peralatan yang digunakan untuk membuat manisan adalah panci, pengaduk, dan toples. Panci dan sendok sebaiknya pilih yang terbuat dari bahan baja antikarat, email, atau kayu. Karena peralatan yang terbuat dari besi atau logam dapat meracuni dan mengubah warna manisan, sebab besi atau logam akan bereaksi dengan cuka yang ditambahkan atau zat asam yang terdapat didalam buah.

Wadah yang digunakan adalah wadah yang tertutup, yang telah dibersihkan dari lemak dan telah disterilkan. Pastikan wadah dalam kondisi bagus, tidak retak dan dapat tertutup rapat.

Proses produksi

Sebelum direndam, pilih dulu buah yang berkualitas, kemudian dicuci. Untuk beberapa jenis buah dilakukan pengupasan dan pemotongan terlebih dahulu, sementara untuk buah yang memiliki daging tebal dapat dilakukan pelubangan yang berfungsi membantu meresapkan larutan gula. Pada cara modern, proses penggulaan dilakukan lebih dari satu tahap.

Selanjutnya penirisan dilakukan dengan menggunakan ayakan yang terbuat dari bambu atau aluminium. Setelah ditiriskan, buah dibiarkan beberapa saat untuk memastikan sisa-sisa air tidak tersisa pada buah. Khusus untuk manisan kering, air gula terakhir yang digunakan juga ditiriskan, sedangkan untuk manisan basah tidak.

Proses penjemuran perlu dilakukan untuk beberapa jenis manisan kering. Penjemuran yang baik dilakukan langsung di bawah sinar matahari, sambil dibalik-balik agar keringnya merata. Selain itu manisan juga dapat dipanggang di oven sebelum dimasukkan ke dalam wadah. Penyimpanan produk manisan pada umumnya adalah di dalam lemari es. Manisan harus diletakkan pada wadah yang kedap udara dan tertutup rapat, atau dikemas dalam plastik yang kedap udara.

OK itu tadi tips tentang cara membuat manisan buah, baik manisan kering maupun manisan basah. Memang penjelasan dari kami hanya garis besarnya saja.. untuk detail langkah dan tahapan proses produksi kami akan share di artikel yang lain. Insyaa Allah jika anda tetap loyal mengikuti camilannusantara.co.id kami akan selalu memberikan info lengkap berbagai hal seputar aneka snack dan camilan di Indonesia. Terima kasih..

Baca juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar