RESEP MEMBUAT KERUPUK STOBERI SEHAT DAN GURIH

RESEP MEMBUAT KERUPUK STOBERI SEHAT DAN GURIH - CAMILAN NUSANTARA


Kerupuk atau krupuk adalah makanan ringan yang pada umumnya dibuat dari adonan tepung tapioka dicampur bahan perasa seperti udang atau ikan. Kerupuk dibuat dengan mengukus adonan sampai matang, kemudian dipotong tipis-tipis, dikeringkan di bawah sinar matahari sampai kering dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak. Kerupuk sangat popular di kalangan masyarakat sebagai lauk makan ataupun camilan.  Kerupuk tidak selalu berbahan dasar tepung tapioka, tetapi lebih kepada 3 proses persiapan. Pembuatan, pengeringan, dan penggorengan. 

Saat ini terdapat banyak jenis kerupuk, diantaranya kerupuk udang, kerupuk ikan, kerupuk buah, dan sebagainya. Baru baru ini kerupuk yang sedang popular di masyarakat adalah kerupuk buah. Selain mengandung nutrisi yang berasal dari buahnya sendiri, kerupuk buah juga tak kalah gurih dan enak dari kerupuk jenis lainnya. Macam-macam kerupuk buah diantranya,kerupuk apel, kerupuk anggur, kerupuk sirsak, kerupuk stoberi, dll.

Kerupuk Stroberi adalah makanan yg dibuat dari adonan tepung dicampur dengan buah stoberi. Stroberi atau strawberry adalah salah satu tanaman buah yang paling banyak dibudidayakan di seluruh dunia. Stroberi memiliki kandungan gizi yang cukup banyak dan dibutuhkan oleh tubuh. Di antaranya adalah vitamin C, vitamin B1 dan B2, asam folat, air, kalium, kalsium, dan fosfor. Buah stroberi juga mengandung antosianin sebagai antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Di antara manfaat buah stroberi untuk kesehatan adalah untuk mencegah kanker, menghaluskan dan merawat keindahan kulit, mencegah dan mengobati masalah mulut dan gusi, meredakan diare, mengobati sakit sendi atau encok, dan mencegah stroke.

Berikut proses pembuatan kerupuk stoberi.

Bahan yang diperlukan :
  • Stroberi
  • Tepung tapioka
  • Tepung terigu
  • Garam
  • Bawang putih
  • air

Cara membuat Kerupuk Stroberi
  1. Stroberi  dikupas dan dipotong potong menjadi kecil
  2. Kemudian blender stoberi hingga halus
  3. Saringlah Stroberi  yang telah diblender dan ambil sari airnya
  4. Haluskan Bawang putih dan campur ke sari air Stroberi  
  5. Masukkan juga Tepung Tapioka, tepung Terigu dan garam
  6. Aduk hingga rata dan jangan terlalu lembek, jadilah adonan Kerupuk Stroberi
  7. Kemudian bentuklah menjadi lonjong bulat atau kotak sesuai selera
  8. Potong tipis tipis adonan tersebut
  9. Kemudian jemur hingga benar-benar kering
  10. Panaskan  wajan dan beri minya, lalu masukkan krupuk stoberi mentah dan goring hingga mekar
  11. Setelah matang angkat dan tiriskan
  12. Masukkan kerupuk kedalam toples atau wadah tertutup, Kerupuk Stroberi  siap dinikmati sewaktu-waktu


Bagaimana? Tidak sulit kan? Dan anda juga dapat mempraktekkan nya dirumah. Cara Membuat Kerupuk Stroberi  juga bisa dibuat tanpa harus diblender atau mengambil sarinya, tetapi bisa juga langsung digoreng tetapi harus menggunakan mesin. Selamat  mencoba.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya