RESEP DAN CARA MEMBUAT KUE SUS KERING COKLAT YANG MUDAH

Resep Dan Cara Membuat Kue Sus Kering Coklat Yang Mudah - CAMILAN NUSANTARA


Kue sus berasal dari kata Belanda yaitu “ soes” yang berarti bundar. Kue sus sendiri mempunyai isian yang cukup beragam antara lain, custard, daging hingga fla. Kue yang satu ini akan lebih nikmat ketika didinginkan terlebih dahulu di dalam mesin pendingin. Kue sus cukup berbeda jika dibandingkan dengan kue bolu atau cake mengingat adonan kue sus ini didapat dengan cara  mencampuran mentega, gula serta mentega. Hal yang perlu diingat dalam melakukan pemanggangan kue sus ini yaitu harus dengan api yang panas. Sedangkan untuk kerangka kue haruslah tipis agar uap yang berada di dalam kue bisa membuat rongga di dalamnya. Hingga kini ada banyak sekali macam kue sus yang terus berkembang menyesuaikan kebutuhan pasar.

Salah satu macam kue Sus adalah Sus Kering Coklat, dari namanya saja sudah terdengar enak karena mengandung coklat, pasti rasanya manis. Bentuknya yang seperti buah kecil dan berwarna kekuningan, dengan isi coklat yang manis semakin menambah menarik kue sus ini. Bahan utamanya adalah Tepung, Margarin dan telur, ditambah beberapa bahan lainnya. Cara membuatnya tidaklah sulit, hanya saja sedikit repot memasukkan coklat ke dalamnya. Jika bunda sudah terbiasa membuatnya pasti terasa mudah. 
Penasaran bagaimana membuat Kue SUS Kering Isi Coklat? Berikut cara membuatnya.

Resep dan Cara Membuat Kue Sus Kering Coklat

Bahan untuk kue :
  • Margarin sebanyak 100 gram
  • Tepung terigu sebanyak 125 gram
  • Air mineral sebanyak 250 ml
  • Garam sebanyak ½ sdt
  • Telur ayam sebanyak 3 butir
  • Baking powder sebanyak 1 sdt
  • Resep Kue Sus Kering Isi Coklat Renyah

Bahan untuk isi :
  • Cokelat gelap sebanyak 150 gram, dilelehkan
  • Cokelat putih sebanyak 150 gram, dilelehkan

Langkah-langkah membuat Sus Kering Coklat :
  1. Langkah pertama dalam pembuatan resep kue sus kering isi cokelat adalah dengan membuat kulit kue sus terlebih dahulu. 
  2. Masak air hingga mendidih, kemudian masukkan margarin beserta garam dalam air sambil diaduk hingga merata. Jika margarin sudah mencair sempurna, matikan api.
  3. Kemudian tambahkan tepung terigu ke dalam panci dan aduk kembali adonan kue sus hingga merata. Lalu, masak lagi adonan hingga semua bahan menjadi tercampur rata dan adonan menjadi kalis. Kemudian matikan api.
  4. Dalam adonan tersebut, masukkan telur dan baking powder secara perlahan-lahan sambil tetap diaduk hingga merata.
  5. Ketika adonan sudah merata, kini masukkan adonan ke dalam plastik segitiga dan lubangi bagian bawahnya. Beri cetakan untuk kue sus kering.
  6. Olesi loyang dengan margarin, dan cetak kue sus kering dalam loyang dengan rapi dan panggang dalam oven dengan suhu 200 celcius kurang lebih 20 menit. 
  7. Setelah 20 menit, turunkan suhu menjadi 150 celcius dan oven lagi hingga 20 menit kemudian. Jika kue sus benar-benar kering, keluarkan dari oven.
  8. Masukkan cokelat yang telah dilelehkan sebelumnya dalam kue sus yang telah matang menggunakan suntikan kue atau dengan melubangi salah satu bagian kue dan memasukkan cokelat sesuai selera anda. 
  9. Kemudian biarkan hingga dingin, dan kue siap dihidangkan.
  10. Simpan kue sus kering coklat kedalam toples hingga bisa dinikmati sewaktu-waktu.

Selain rasanya yang enak dan renyah, aroma coklat yang keluar dari Resep Sus Kering ini juga sangat menggugah selera. Selain itu bentuknya yang cukup kecil untuk sekali gigit juga salah satu yang membuat Kue Sus Kering ini mempunyai banyak penggemar, terutam di hari raya Lebaran nanti. Bagaimana menurut teman teman? Tidak terlalu sulit kan cara membuat Resep Kue Sus Kering Coklat ini? Selamat mencoba.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya