CARA MEMBUAT SNACK BIDARAN KEJU UNTUK LEBARAN

CARA MEMBUAT SNACK BIDARAN KEJU UNTUK LEBARAN - CAMILAN NUSANTARA


Bidaran juga popular dengan sebutan telur gabus, bahan untuk adonan dasarnya sangat sederhana, serta mudah dan praktis dalam cara membuatnya karena dibuat dengan cara digoreng renyah. Kue Bidaran merupakan olahan dari tepung beras ketan dengancampuran telur ayam dan bahan pelengkap keju cheddar parut serta bahan-bahan lainnya. Berbeda dengan kue kering pada umumnya yang bisa bertahan lama hingga 3 bulan lebih, snack bidaran meski tergolong pada jenis kue kering hanya mampu bertahan kurang dari satu bulan. 

Snack bidaran keju kering sangat cocok kita konsumsi saat santai, sambil nonton tv, baca koran, baca majalah,  nunggu suami pulang kerja atau saat menemani anak bermain. Selain awet dan tahan lebih lama dibanding kan dengan kue basah, kue kering bias dijadikan alternative untuk hidangan hari raya lebaran atau bisa pula sebagai hidangan untuk tamu yang berkunjung kerumah Bersama camilan yang lainnya sepeti kue nastar, kue semprit, kue putri salju, kue bawang dan kue kastengel. 

Selain coklat, stroberi, dan nanas, yang dapat kita gunakan dalam pembuatan kue bidaran, snack bidaran keju juga merupakan rasa yang sangat digemari oleh semua kalangan mulai dari anak- anak, orang dewasa hingga orang tua. Karena ada khas rasanya yang asin dan gurih. Snack Bidaran Keju juga dapat kita aplikasikan pada semua jenis makanan. Mulai dari roti tawar , salad buah ataupun salad sayur, kue bolu, kue kering hingga digunakan campuran dalam memasak.

Bagi orang yang kurang menyukai rasa manis, Snack ini adalah pilihan yang tepat.  Manfaat yang diambil dari keju juga banyak sekali. Penelitian menunjuk kan bahwa anak yang secara rutin mengonsumsi keju memiliki kepadatan tulang yang lebih dari pada anak yang tidak mengonsumsinya, sehingga saat dewasa dan tua nanti, aman dari pengeroposan tulang atau yang sering disebut osteoporosis. Selain itu, keju juga bisa dijadikan sumber kalsium yang alami dibandingkan dengan vitamin dan obat-obatan. 

Snack bidaran keju mudah sekali kita temui mulai dari supermarket, mini market, warung - warung, bahkan di toko dekat rumah sekalipun. Kue bidaran keju ini bukan makanan yang mewah dan langka lagi untuk dikonsumsi bagi masyarakat dengan ekonomi menengah kebawah. Tapi snack bidaran keju sudah lazim sekali dikonsumsi di semua lapisan masyarakat.

Snack kering yang satu ini juga sangat mudah untuk di buat dirumah. Rasanya juga keju banget. Sensasi kriuk saat dikunyah biki nggak bisa berhenti sebelum toples kosong.  Bahan yang digunakan juga mudah sekali didapat

Berikut Cara Membuat snack Bidaran Keju

Bahan-bahannya :
  • 200 gram tepung tapioka
  • 2 butir kuning telur
  • 1 butir putih telur
  • 50 gram keju
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak secukupnya

Cara membuat kue bidaran keju :
  1. Kocok telur dengan garpu hingga berbusa dan mengembang. Parut keju dan masukkan kedalam adonan, aduk hingga rata. Masukkan garam dan masih terus aduk.
  2. Selanjutnya, tuang tepung tapioca sedikit demi sedikit, sambil terus diuleni hingga kalis. Siapkan wajan yang telah diberi minyak panas. Ambil adonan dengan tangan dan letakkan di telapak tangan.
  3. Kemudian gelintir-gelintir adonan dengan telapak tangan hingga berbentuk bulat panjang. Dan tampung hasilnya dalam wajan dengan minyak yang sudah panas.
  4. Nyalakan api yang diatasnya wajan dengan minyak beserta adonan yang sudah dibentuk.
  5. Aduk perlahan agar adonan yang sudah dibentuk tidak rusak. Goreng  hingga matang dan berwarna coklat keemasan. 
  6. Setelah matang kemudian Angkat dan tiriskan.
  7. Biarkan beberapa saat hingga snack bidaran tidak terasa panas lagi.
  8. Kemudian simpan dalam toples kedap udara supaya rasanya tetap gurih dan renyah. 
  9. Snack Bidaran Keju Siap untuk di nikmati dan sebagai camilan pada hari raya lebaran nanti. 

Baca Juga :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya