Selasa, 18 Desember 2018

CARA MEMBUAT KUE KACANG UNTUK SAJIAN LEBARAN

Cara Membuat Kue Kacang Untuk Sajian Lebaran - CAMILAN NUSANTARA


Kacang adalah salah satu jenis polong-polongan yang banyak digemari masyarakat. Berbagai jenis kacang juga dapat dijumpai namun jika masyarakat menyebut kata kacang umumnya yang mereka maksudkan adalah kacang tanah. Kacang berbentuk oval dengan lekukan di bagian sampingnya. Bentuk ini menyerupai bentuk lambung pada manusia. Banyak yang mengatakan bahwa bentuk dan ukuran ini sama seperti lambung pada bayi ketika baru lahir. Namun, dengan ukuran yang kecil pastinya. Kacang dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh sehingga menjadi makanan layak konsumsi. Dengan harganya yang terbilang murah, kacang memiliki kandungan protein dan juga energi yang tinggi. Kandungan lemak yang ada di dalam kacang juga merupakan lemak sehat yang berguna bagi kesehatan. Bagi siapa saja dan dalam keadaan apapun, kacang merupakan cemilan yang sehat. Berbagai jenis kacang yang dikenal masyarakat adalah kacang tanah, kacang merah, atau kacang hijau. Tentu masyarakat sudah unum dengan jenis kacang tersebut dan berbagai kegunaannya.

Kandungan protein, lemak sehat, mineral dan berbagai vitamin sangat penting bagi kelangsungan kesehatan mereka yang mengkonsumsi kacang. Selain itu sejumlah kacang juga digunakan sebagai campuran makanan, baik itu makanan utama maupun hidangan penutup atau dessert. Produk olahan kacang yang taka sing salah satuny adalah Kue Kacang

Kue kacang tanah adalah sejenis kue kering yang berbahan dasar kacang tanah dengan berbagai varian bentuk, seperti bentuk bulat, hati, ataupun bulan sabit. Kue kacang tanah dibuat dari adonan tepung terigu, telur, gula halus, minyak goreng, dan bahan dasarnya kacang tanah yang telah dikupas kulitnya dan kemudian dipanggang di dalam oven sampai matang.

Kue kacang tanah biasanya menjadi sajian khas pada hari raya, seperti Idul Fitri, Natal dan tahun baru Imlek. Kue kacang tanah biasanya dijual dalam kemasan toples plastik di toko roti, toko kue, dan pasar swalayan.

Jika anda tidak ingin mengeluarkan budget yang terlalu banyak untuk membeli kue kacang diluar. Anda bisa membuat kue kacang ala anda sendiri di rumah. Berikut kami sajikan cara untuk membuat kue kering kacang yang sesuai dengan selera Anda dan rasanya tak kalah dengan kue kacang di pasaran.

Resep Membuat Kue Kacang Untuk Lebaran

Bahan utama:

–200 gram mentega
– Siapkan 300 gram margarin
– Siapkan 500 gram gula pasir
– Siapkan dua sendok teh ekstrak vanilla
– Siapkan empat butir telur ayam
– Siapkan 700 gram kacang tanah yang telah digoreng lalu dihaluskan sampai halus menggunakan blender
– Siapkan dua sendok teh baking soda
– Siapkan dua sendok teh baking powder
– Siapkan satu sendok teh garam dan 700 gram tepung terigu serbaguna

Resep kue kering kacang untuk bahan olesan:

– Untuk bahan olesannya, Anda membutuhkan dua butir kuning telur
– Sediakan tiga tetes pewarna berwarna kuning
– Sediakan satu sendok makan air dan satu sendok makan minyak goreng

Cara Membuat Kue Kering Kacang
  1. Tahap awal untuk membuat kue kering kacang adalah dengan mengayak tepung terigu dengan baking powder dan baking soda serta garam sampai semua bahannya menjadi satu.
  2. Masukkan mentega, gula pasir, ekstrak vanilla, margarin, dan juga telur di wadah yang berbeda dengan tepung, kocok dengan mixer berkecepatan sedang sampai semua bahannya tercampur rata dan adonan menjadi lebih lembut.
  3. Kemudian, masukkan kacang tanah yang telah digiling halus, mixer semua bahan hingga tercampur rata dengan baik lalu matikan mixer.
  4. Tambahkan tepung terigu secara bertahap dengan perlahan-lahan sambil terus diaduk dengan memakai spatula sampai adonan tercampur dengan baik.
  5. Cetak adonan kue kering kacang dengan cetakan kue dalam berbagai bentuk yang Anda sukai atau jika tidak ada cukup potong adonan dengan memakai pisau.
  6. Tata adonan yang selesai dibentuk di dalam loyang yang sebelumnya telah dialasi dengan kertas baking dan permukaannya diolesi dengan olesan telur .
  7. Panggang adonan kue kurang lebih selama 20 menit atau sampai permukaan kue kering kacang tampak kering dan berwarna kuning keemasan.
  8. Setelah kue kering kacang matang, kelurkan dari dalam oven dan dinginkan, 
  9. Tata kue kacang yang sudah dingin di dalam toples atau wadah apa saja yang tertutup. 
  10. Kue kacang yang lezat siap dinikmati

Kue kering kacang ini bisa bertahan selama satu minggu disaat Anda menyimpannya di suhu ruang dan dapat bertahan lebih lama, yakni selama 2 bulan jika disimpan di dalam lemari es.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar