CARA MEMBUAT KERIPIK SINGKONG ANEKA RASA

Cara Membuat Kripik Singkong Aneka Rasa - CAMILAN NUSANTARA


Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan camilan keripik singkong kan ? keripik singkong merupakan salah satu olahan makanan yang terbuat dari singkong yang memiliki tektur tipis dan renyah. Keripik singkong ini memiliki cita rasa yang sangat gurih sehingga banyak masyarakat yang menyukainya, mulai dari kalangan anak-anak hingga kalangan dewasa. 

Camilam keripik singkong sudah ada sejak dahulu dan hingga saat ini camilan ini masih sangat di sukai dikalangan masyarakat. Untuk membuat camilan keripik singkong ini sangat mudah. Singkong yang digunakan adalah singkong yang memiliki kualitas baik kemudian diiris tipis dan digoreng. Pada umumnya keripik singkong ini rasanya bermacam-macam ada rasa bawang, balodo, keju, dan masih banyak rasa lainnya.

Berikut kami sajikan cara pembuatan kripik singkong aneka rasa :

Bahan-Bahan :

1 kg singkong yang masih segar.
1 sendok makan kapur sirih.
250 ml air.

Bumbu yang dihaluskan :

3 sdm garam halus.
1 sdm gula pasir.
8 butir bawang merah.
4 siung bawang putih.
minyak untuk menggoreng secukupnya.

Langkah-Langkah Membuat Keripik Singkong :
  1. Pertama-tama pilih singkong yang akan anda gunakan untuk membuat keripik singkong, 
  2. Singkong yang sudah dipilih langsung dibersihkan dari kulit ari nya, bersihkan hingga tidak ada kulit ari yang tersisa pada singkong. 
  3. kemudian itu cuci singkong yang sudah bersih, lalu iris dengan pisau yang tajam atau anda bisa menggunakan mesin pemotong keripik agar hasil potongannya lebih bagus. 
  4. Panaskan penggorengan dan minyak, setelah panas masukkan singkong yang sudah di iris tadi ke dalam minyak, dan jangan lupa untuk di aduk ketika menggoreng agar singkong nya tidak saling lengkat satu sama lain.
  5. Setelah matang angkat dan tiriskan terlebih dahulu sebelum diberi bumbu agar nanti nya keripik menjadi kering dan tidak berminyak.
  6. Sambil menunggu keripik singkong meniris, buat bumbu yang sudah di persiapkan di atas, haluskan semua bumbu yang ada dan goreng, lalu masukkan keripik singkong tersebut ke dalam bumbu tersebut dan aduk hingga merata. 
  7. Setelah keripik singkong matang. Anda bias memasukkannya kedalam toples atau mengemasnya jika anda ingin menjual keripik singkong tersebut. 
  8. Keripik singkong siap dinikmati dan dipasarkan.
Tips
  • Pilihlah singkong yang sudah berumur 3 bulan dan siap untuk di panen atau singkong yang tidak terlalu tua karena singkong yang terlalu tua cenderung lebih keras di bandingkan dengan singkong yang muda.

  • Untuk keripik singkong yang di jual akan lebih baik jika menggunakan mesin pemotong keripik, karena Ketebalan keripik bias diatur dan potongan yang bagus akan mempengaruhi tampilan keripik singkong nantinya.
  • Ketika proses penggorengan pastikan bahwa minyak goreng tersebut memang sudah cukup panas. 

  • Untuk bumbu, bisa menggunakan bumbu lain seperti cokelat, keju dan lain nya, penggunaan nya sama, anda hanya tinggal mencelupkan keripik yang sudah anda goreng tadi ke dalam bumbu tersebut, misalnya cokelat ya tinggal masukkan keripik ke dalam coklat cair tersebut.


Bagaimana? Mudah bukan membuat keripik singkong? Anda bisa mencobanya di rumah untuk dinikmati Bersama keluarga atau  menjualnya.
Bisnis keripik singkong merupakan salah satu jenis usaha yang sebenarnya sangat berpotensi besar untuk berkembang pesat dan sangat menguntungkan, mengingat banyak orang yang menyukainya, baik orang dalam negeri maupun luar negeri. Karena rasanya yang khas singkong dan gurih.

Bagi anda yang tahu cara memasarkan nya dengan baik dan cara pengolahan nya dengan benar akan menghasilkan peluang dan keuntungan yang sangat besar. Untuk memulai bisnis keripik singkong ini tidaklah sulit, yang terpenting adalah tahu bagaimana cara membuat keripik singkong yang memiliki rasa unik, bervariasi dan enak tentu nya, selain itu anda harus menjaga kualitas dari keripik singkong yang di pasarkan ataupun bahan yang digunakan dalam pembuatan nya. Semoga bermanfaat.


Baca Juga :


Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya