Senin, 19 November 2018

Sejarah Serta Langkah-Langkah Membuat Keripik Mangga

Sejarah Serta Langkah-Langkah  Membuat Keripik Mangga - CAMILAN NUSANTARA


Apa Itu Mangga?

Mangga adalah salah satu jenis buah-buahan yang berbentuk lonjong namun menggembung di tengahnya. Buah Mangga memiliki ukuran yang berbeda-beda karena mangga sendiri memiliki berbagai macam jenis.

Mangga yang sudah masak akan berbau harum khas buah mangga dan warnanya akan menguning kemerahan. Jika dipijat, buah mangga yang sudah matang lebih empuk dibandingkan buah mangga yang masih mentah. Rasa daging buah mangga sangat enak, manis, dan segar.

Buah mangga diperkirakan berasal dari Negara India sekitar abad ke-4 atau ke-5 SM. Sejarah mencatat, mangga pertama kali ditemukan oleh Alexander Agung di daerah Lembah Indus India.

Seiring dengan perkembangan zaman, buah ini menyebar hampir ke seluruh belahan dunia, melalui para pedagang India yang berkelana ke timur hingga ke Semenanjung Malaysia.

Pada tahun 1400 sampai 1450, buah ini mulai ditanam di Kepulauan Sulu dan Mindanau, Filipina, di Pulau Lizon sekitar 1600, dan di Kepulauan Maluku pada 1665. Penyebaran mangga di negara barat terjadi pada abad pertengahan, yaitu pada pertengahan abad ke-18 di daerah Lisabon dan Brasil oleh bangsa Portugis.

Lalu, sekitar abad ke-19 diperkirakan bangsa Portugis membawa tanaman mangga itu dari  Negara India ke Afrika Timur sampai akhirnya menyebar hingga Somali (Afrika Barat) dan daerah Kepulauan Canari. Selanjutnya penyebaran buah ini tercatat di beberapa negara barat, yakni negara Mexico tahun 1779.

Bibit mangga ditanam untuk pertama kali oleh orang Spayol yang membawa bibit mangga dari Negara Filipina. Sementara itu, di Italia bagian selatan untuk pertama kalinya mangga baru masuk pada tahun 1870 diikuti oleh Negara Inggris pada 1890 yang pertama kali menanamnya di rumah kaca.

Di Amerika Serikat, buah ini pertama kali ditanam di wilayah Florida, yaitu pada tahun1833. Bibit mangga yang ditanam berasal dari Negara Mexico. Selanjutnya pada tahun 1885, AS mendatangkan bibit mangga okulasi dari India, akan tetapi semuanya mati.

Sebanyak 35 bibit pohon mangga sambung lengkung kembali didatangkan dari daerah itu, dan akhirnya semua tanaman itu berhasil ditanam. Sampai saat ini, Florida dikenal sebagai salah satu produsen mangga dengan daerah pemasaran yaitu Florida dan California.

Buah Mangga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, antara lain:
  • Meningkatkan Memori
  • Anti Kanker
  • Menurunkan Kolesterol
  • Meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh
  • Menyehatkan Kulit
  • Mendorong Terbentuknya Kolagen
  • Mencegah Kanker
  • Bantu Menambah Berat Badan
  • Mengatasi Masalah Pencernaan

KERIPIK  MANGGA

Buah Mangga selain bisa dimakan langsung bisa juga dijadikan sebagai bahan campuran untuk rujak atau es buah, dapat pula dijadikan berbagai olahan antara lain sebagai bahan campuran kue basah atau pun kue kering bahkan ada juga untuk campuran sayur. Ada beberapa varietas unggulan yaitu mangga arumanis, gedong, golek, manalagi, dan madu, dan masih banyak lagi.

Karena buah mangga ini merupakan buah musiman, kadang-kadang kita kesulitan untuk menikmati buah mangga. Untuk dapat menikmati buah mangga sewaktu-waktu anda dapat mengolah buah mangga menjadi keripik. Keripik buah mangga adalah makanan ringan atau cemilan yang enak dan renyah sehingga dapat kita bawa kemana-mana.

Keripik mangga terbuat dari buah mangga yang diiris tipis lalu diolah dengan beberapa tahap pengolahan. Proses pembuatan keripik mangga memang membutuhkan waktu yang lebih, namun proses dan cara membuat keripik mangga sangat mudah dan sederhana untuk kita coba. Untuk mengetahui lebih lanjut cara membuat keripik mangga anda dapat melihat langkah-langkah  membuat keripik mangga berikut ini.

Bahan :
- Buah mangga masak 5 kg
- air 1,5 liter
- 75 gr garam
- gula pasir 150 gr
- air kapur sirih ( untuk merendam )
- minyak goreng 2 liter

Cara Membuat
  1. Pertama-tama siapkan buah mangga, kemudian cuci hingga bersih.
  2. Kupas kulitnya dan diiris tipis setebal 5 mm atau bisa sesuai selera
  3. Untuk menghilangkan lengket rendam buah mangga dalam air kapur sirih selama 5 jam.
  4. Selanjutnya cuci bersih  kemudian tiriskan.
  5. Masukkan irisan mangga kedalam mesin vacum fryer menggunakan minyak yang banyak dengan api yang besar untuk menghilangkan kandungan air nya. Jika buih pada minyak goreng semakin berkurang berarti sudah matang.
  6. Setelah matang angkat keripik dan tiriskan.
  7. Simpan keripik  ke dalam plastik atau toples kedap udara agar rasa renyah dan gurih tetap terjaga.

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar