Selasa, 06 November 2018

Resep Membuat Marning Jagung Gurih Asin

Resep Membuat Marning Jagung Gurih Asin - CAMILAN NUSANTARA



Tidak hanya dijadikan sebagai bahan pangan pengganti nasi, namun ternyata jagung juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak. Salah satunya adalah marning jagung. Marning jagung adalah makanan tradisional khas daerah jawa timur yang terkenal sampai kepelosok Indonesia. Makanan marning jagung sudah membudaya, baik didaerah jawa timur sendiri maupun diluarnya, karena banyak industri makanan ringan dapat memproduksi makanan marning jagung sendiri dengan kualitas yang baik pula, sehingga makanan marning dapat populer dikalangan masyarakat Indonesia.

Asal usul dan sejarah marning jagung sendiri belum diketahui, tetapi yang terpenting adalah rasa khas marning jagung yang dapat menggugah rasa konsumennya dengan cepat. Makanan marning dominan mempunyai rasa gurih dan asin, tetapi dalam persaingan bisnis industri makanan ringan, banyak home industri yang menciptakan rasa khas dan bentuk makanan marning yang berbeda seperti keripik marning jagung, marning jagung pedas dan manis, dan berbagai marning jagung yang dimodifikasi untuk menarik pelanggan.

Saat ini marning jagung sudah banyak dijual di pasaran dengan rasa yang beragam, sehingga bagi anda yang tertarik untuk mengkonsumsi makanan ini, anda langsung bisa membelinya dalam bentuk yang sudah jadi.

Jika anda memiliki banyak waktu luang, tidak ada salahnya jika anda mencoba membuat marning jagung sendiri di rumah? Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat marning jagung cukup sederhana. Namun pembuatannya diperlukan kesabaran dan ketelatenan. Marning jagung ini membutuhkan proses dan waktu yang cukup lama sampai kita bisa mengkonsumsinya. Nah, bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara membuat marning jagung, anda bisa membaca resep dibawah ini :

Resep Membuat Marning Jagung Gurih Asin

Bahan yang digunakan 
  • 1 kg jagung berkualitas bagus
  • 2 sdm garam
  • 15 gr kapur sirih
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan 
  • 5 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • ½ sdt merica
  • 2 sdm ebi, seduh
  • Garam secukupnya

Cara membuat
  1. Cuci bersih jagung, kemudian tiriskan sebentar.
  2. Rebus jagung dengan 3 liter air. Tambahkan kapur sirih dan garam. Aduk rata, lalu rebus hingga mendidih.
  3. Kecilkan api. Rebus selama 3-4 jam hingga jagung lunak, mekar, dan kulitnya terlepas. Setelah matang angkat dan tiriskan.
  4. Jemur jagung yang sudah direbus hingga agak mengering.
  5. Campur jagung yang sudah dijemur dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk hingga benar-benar tercampur rata.
  6. Jemur kembali hingga kering. Angkat.
  7. Panaskan wajan dengan minyak. Goreng jagung hingga mekar dan berwarna kuning. 
  8. Setelah matang angkatd dan tiriskan.
  9. Masukan marning jagung kedalam toples supaya tetap terjaga kerenyahannya.


Demikian uraian mengenai Cara Membuat Marning Jagung, cukup mudah bukan? Bagi anda yang tertarik untuk mengkonsumsi cemilan yang enak, gurih, dan renyah, mungkin marning jagung ini bisa menjadi salah satu pilihan buat anda. Untuk peluang usaha makanan ringan marning jagung itu sendiri sangatlah terbuka karena sampai saat ini permintaan makanan ini sangat tinggi yang dibatasi oleh stok jagung yang semakin langka ketika musim kemarau.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar