Resep Membuat Kue Kuping Gajah Sederhana Dan Mudah

Resep Membuat Kue Kuping Gajah Sederhana Dan Mudah - CAMILAN  NUSANTARA


Kue kuping gajah merupakan salah satu kue tradisional asli Indonesia. Memiliki bentuk yang unik serta rasa yang manis, enak dan renyah. Bentuknya unik, tipis dan bermotif, memang sesuai dengan namanya, yaitu menyerupai kuping gajah.Selain bentuknya yang istimewa itu, kue kuping gajah ini memiliki aneka rasa, mulai dari rasa coklat, vanila hingga rasa mocca. Kue kuping gajah ini dapat ditemui di pasar-pasar tradisional dan juga swalayan. Namun, semakin jarang dijumpai karena proses pembuatannya yang cukup rumit. Padahal teknik pembuatannya cukup mudah dan bahan-bahannya pun mudah didapat. 

Kue kuping gajah ini cocok untuk dikonsumsi semua usia, karena tidak mengandung bahan pengawet juga pemanis buatan. Juga, kue kuping gajah ini cocok untuk disajikan sebagai camilan maupun teman menonton TV atau membaca majalah. Biasanya kue kuping gajah juga dihidangkan kepada para tamu pada hari-hari tertentu seperti hari-hari perayaan besar.

Sebenarnya cara membuat Kue Kuping Gajah tidak terlalu sulit tetapi tetap saja ada beberapa teman yang gagal dalam proses pembuatan kue Kuping Gajah ini. Disini selain kami memberikan bahan bahan lengkap dari Resep Kuping Gajah, kami juga akan memberikan beberapa tips membuat kue kuping gajah yang benar.

Seperti resep resep kue kering lebaran lainnya, Kuping gajah juga menggunakan bahan baku tepung terigu sebagai bahan utamanya. Selain itu mentega, gula halus dan telur juga haris dipersiapkan. Mungkin yang agak berbeda adalah santan asli yang harus dipersiapkan untuk membuat kue ini terasa manis dan gurih. Untuk cara membuatnya juga tidak terlalu sulit. Mungkin tips yang harus diperhatikan dalam proses pembuatannya adalah proses pemasukan adonan ke dalam lemari pendingn selama beberapa saat sebelum di giling dan dibentuk. Oke, untuk lebih jelasnya, silahkan melihat detail bahan bahan Resep Kue Kuping Gajah dan proses pembuatannya di bawah.

Bahan bahan Resep Kuping Gajah Enak
  • Tepung terigu protein sedang sebanyak 300 gram. Ayak terlebih dahulu supaya halus.
  • Gula pasi Bubuk / gula halus 80 gram.
  • Santan Asli 75-80 ml. 
  • Masak santan terlebih dahulu sampai matang. Diaduk terus selama proses pemasakan supaya Santan tidak pecah.
  • Telur Ayam 1 butir.
  • Garam dapur ½ sendok teh
  • vanila secukupnya (kurang lebih seperempat sendok kecil).
  • Mentega 2 sendok makan.
  • 1  1/2  sendok makan coklat bubuk / coklat pasta.
  • Air matang.
  • Minyak Goreng.


Cara membuat Kue Kuping Gajah
  1. Ambil satu wadah cukup besar. Masukkan tepung terigu yang sudah di ayak, garam dapur, vanila dan 2 sendok mentega. Campur semua bahan hingga rata.
  2. Masukkan Telur Ayam. Aduk kembali hingga rata.
  3. Masukkan santan sedikit demi sedikit sampai habis ke dalam adonan sambil terus diaduk sampai rata. Pastikan semua bahan tercampur sempurna dan kalis. Kalu perlu, bisa ditambahkan sedikit air matang.
  4. Ambil seperempat adonan yang sudah kalis diatas dan masukkan coklat pasta atau coklat bubuknya. Aduk sampai adonan berwarna coklat.
  5. Gilas, giling dan pipihkan adonan tanpa coklat (3/4 adonan) terlebih dahulu. Lakukan langkah yang sama dengan adonan coklat nya.
  6. Taruh adonan coklat di atas adonan biasanya. Tekan dan gulung sampai melekat dan padat dan adonan berbentuk seperti silender untuk memudahkan proses pembetukannya nanti.
  7. Simpan adonan silinder yang sudah tercampur di atas ke dalam kulkas atau lemari pendingin (kurang lebih 1 1/2 sampai 2 jam).
  8. Potong adonan tipis tipis dan giling lagi sampai pipih dan tipis.
  9. Panaskan wajan dengan api sedang dan isi dengan minyak sebanyak setengah wajan. 
  10. Masukkan adonan Kue Kuping Gajah di atas sedikit demi sedikit. Goreng hingga matang.  Biasanya ditandai warnanya menjadi agak kecoklatan.
  11. Setelah matang jangan langsung dimasukkan ke dalam toples. Tunggu hingga kue Kuping Gajah dingin terlebih dahulu supaya tetap renyah dan empuk. 
  12. Setelah dingin baru masukkan kedalam toples.
  13. Kue kuping gajah siap dinikmati kapan saja.


Tips
*Untuk membuat resep Kue Kuping gajah Rainbow, teman teman bisa menggunakan warna yang lebih beragam. Untuk bahan dan cara membuatnya hampir sama. 
* Untuk menghindari lapisan coklat dan lapisan putihnya terlepas saat menggoreng, teman teman harus menekan kuat saat menggulung adoanannya. Selain itu gulungannya harus dilapisi air sedikit.
Bagaimana menurut teman teman cara membuat Resep Kuping gajah di atas? Tidak terlalu sulit dan membutuhkan waktu yang lama kan. Selamat mencoba.


Baca Juga :

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya