Manfaat Kacang Polong Dan Cara Memasak Menggunakan Microwave

Manfaat Kacang Polong Dan Cara Memasak Menggunakan Microwave - CAMILAN NUSANTARA


Kacang polong adalah jenis kacang berkulit lunak (peas). Kacang polong merupakan isian dari ercis. Kacang polong berbentuk bulat, berkerut, dan berwarna hijau. Kacang polong bertekstur tidak terlampau keras sehingga sering digunakan dalam masakan. Kacang polong banyak digunakan untuk masakan Eropa dan menjadi salah satu sumber makanan di negara barat. Kacang polong merupakan sayuran yang tahan lama dan realtif instan. Oleh sebab itu, kacang polong banyak dijual dalam keadaan mentah segar, baik kupasan atau masih berkulit, dan mentah beku. Tidak hanya itu, kacang polong juga dijual dalam keadaan matang sebagai kudapan. Kacang polong baik dikonsumsi terutama untuk anak-anak sebagai penunjang perkembangan dan pertumbuhan.

Kandungan kacang polong antara lain protein nabati, vitamin B kompleks, zat besi, vitamin C, dan asam folat. Kacang polong merupakan penyuplai protein nabati terbesar dibanding jenis sayuran lainnya sehingga banyak digunakan untuk diet para atlet. Kacang polong juga mengandung beta karoten yang baik untuk mata. Kacang polong juga menjadi katalisator penyerapan zat besi dalam tubuh. Penyajian kacang polong dengan sayuran lain mampu membantu meningkatkan hemoglobin dalam darah.

Kacang polong mudah diolah dengan segudang manfaat. Kacang polong dapat dimasak dengan cara direbus, digoreng, atau dipanggang. Kacang polong rebus dapat dimakan langsung atau dicampurkan dalam sup atau tumisan. Kacang polong panggang dan goreng bisa ditambahi bumbu berupa garam dan sedikit penyedap untuk camilan sehat.

Berikut kami sajikan cara memasak kacang plong segar menggunakan microwave


  1. Pertama-tama patahkan tangkainya, kemudian tarik ke bawah untuk melepaskan seratnya. Buka polong, kemudian gerakkan ibu jari di bagian tengah ke arah bawah untuk merontokkan kacang polong. Cuci kacang polong dengan air mengalir agar terhindar dari zat-zat pestisida yang terserap dari luar.
  2. Masukkan 150 gr kacang polong ke mangkuk yang aman untuk microwave. Anda bisa menambahkan lebih banyak, tetapi harus menyesuaikan jumlah air.
  3. Siram kacang polong dengan 1-2 sendok makan air. Anda membutuhkan 2 sendok makan (30 ml) air untuk kacang polong segar.
  4. Tutup mangkuk dengan plastik pembungkus. Pastikan Anda menutup mangkuk rapat-rapat sehingga uap tidak akan keluar.
  5. Masak kacang polong dengan suhu tinggi sampai renyah dan berwarna hijau cerah. Proses ini akan memakan waktu antara 2-5 menit. Perlu diingat bahwa microwave mungkin memiliki setelan sedikit berbeda dan beberapa model bisa memasak lebih cepat dibanding yang lain. Akan lebih baik jika Anda memeriksa tingkat kematangan kacang polong setelah 1 menit. Secara umum, waktu memasak untuk kacang polong segar adalah 5 menit.
  6. Setelah kacang polong matang, Tiriskan air. Kemudian keluarkan mangkuk dengan hati-hati dari microwave. Gunakan sarung tangan masak atau alat penjepit. Buka plastik pembungkus dan tiriskan kelebihan air. Atau, Anda bisa menuang kacang polong ke dalam saringan.
  7. Sajikan kacang polong atau gunakan sebagai bahan masakan. Anda bisa menambahkan kacang polong ke dalam hidangan panggang, pasta, atau selada. Anda juga bisa menghidangkannya dengan sedikit garam dan segumpal butter.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya