Macam - Macam Jenis Dan Manfaat Manisan Buah

Macam - Macam Jenis Dan Manfaat Manisan Buah - CAMILAN  NUSANTARA


Manisan buah adalah buah-buahan yang direndam dalam larutan gula selama beberapa waktu. Manisan biasanya dimakan sebagai hidangan pelengkap untuk merangsang nafsu makan. Teknologi membuat manisan merupakan salah satu cara pengawetan makanan yang sudah diterapkan sejak dahulu kala. Perendamanan manisan akan membuat kadar gula dalam buah meningkat dan kadar airnya berkurang. Keadaan ini akan menghambat pertumbuhan mikroba perusak sehingga buah akan lebih tahan lama.

Pada awalnya manisan dibuat dengan merendam pada larutan gula hanya untuk mengawetkan. Ada beberapa buah yang hanya dipanen pada musim-musim tertentu. Saat musim itu, buah akan melimpah dan kelebihannya akan segera membusuk apabila tidak segera dikonsumsi. Untuk itu manusia mulai berpikir untuk mengawetkan buah dengan membuat manisan. Manisan juga dibuat dengan alasan memperbaiki cita rasa buah yang tadinya masam menjadi manis.

Makanan khas dari Bogor ini paling banyak digemari. Bukan hanya orang dewasa tetapi juga anak kecil karena memiliki bentuk yang unik dan rasa yang enak dan manis. Selain itu juga banyak khasiatnya seperti manisan pala mengatasi susah tidur, manisan pepaya mengatasi sembelit dan masih banyak manfaat lainnya. Di negara lain pun manisan sudah terkenal, seperti di India. Jenis makanan ini menjadi makanan wajib dan istiimewa untuk setiap kalangan dan kesempatan. Di India manisan merupakan simbol kebahagiaan karena setiap mereka mendapat kabar gembira atau merayakan sesuatu, makanan ini yang mereka makan dan disuapkan kepada keluarga dan kerabatnya sebagai tanda kasih sayang. Jadi kita patut berbangga hati karena Indonesia pun memiliki beraneka macam jenis manisan yang enak dan segar. Tentunya juga sehat karena terbuat dari buah pilihan.

Manfaat buah untuk kesehatan tubuh ada banyak sekali, berikut adalah beberapa manfaat buah yang sangat baik untuk tubuh dan manfaat tersebut telah kami rangkum menjadi manfaat yang global dimiliki oleh beragam jenis buah yang ada di berbagai belahan dunia.
  1. Mencegah penyakit jantung.
  2. Mencegah serangan kerusakan hati dan stroke.
  3. Mencegah penyakit kanker.
  4. Dijadikan sebagai diet alami 
  5. Mencegah tekanan darah tinggi.
  6. Menjaga kekebalan tubuh.
  7. Kaya akan vitamin, mineral, dan zat penting lainnya sehingga dapat 
  8. Menjaga kebugaran tubuh.
  9. Mencegah dan mengobati kanker
  10. Memulihkan stamina tubuh
  11. Menu diet alami.
  12. Sumber vitamin
  13. Sumber air dan gizi
  14. Meningkatkan metabolisme tubuh.
  15. Sumber antioxidan
  16. Mencegah penyakit tertentu. 
  17. Obat luka luar tubuh.

Macam-macam buah yang sering diolah menjadi manisan :
  • Kolang-kaling
  • Mangga
  • Kedondong
  • Salak
  • Pepaya
  • Cermai
  • Belimbing
  • Jambu Biji
  • Pala, dll.

Meskipun jenis manisan buah yang umum dipasarkan ada bermacam-macam bentuk dan rasanya, namun sebenarnya manisan dapat dikelompokkan menjadi 4 golongan yaitu:
1. Golongan pertama adalah manisan basah dengan larutan gula encer (buah dilarutkan dalam gula jambu, mangga, salak dan kedondong).
2. Golongan kedua adalah manisan larutan gula kental menempel pada buah. Manisan jenis ini adalah pala, lobi-lobi dan ceremai.
3. Golongan ketiga adalah manisan kering dengan gula utuh (sebagai gula tidak larut dan menempel pada buah). Buah yang sering digunakan adalah buah mangga, kedondong, sirsak dan pala.
4. Golongan keempat adalah manisan kering asin karena unsur dominan dalam bahan adalah garam. Jenis buah yang dibuat adalah jaambu biji, buah, mangga, belimbing dan buah pala.


Baca Juga :




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya