Rabu, 07 November 2018

Langkah-Langkah Membuat Stik Ubi Ungu Yang Gurih

Langkah-Langkah Membuat Stik Ubi Ungu Yang Gurih - CAMILAN NUSANTARA



Ubi jalar (Ipomoea batatas L.) atau dalam bahasa Inggrisnya sweet potato adalah sejenis tanaman budidaya. Terdapat 3 jenis ubi jalar yaitu ubi ungu, ubi kuning/oranye dan ubi putih. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi (karbohidrat) yang tinggi. Di Afrika, umbi ubi jalar menjadi salah satu sumber makanan pokok yang penting. Di Asia, selain dimanfaatkan umbinya, daun muda ubi jalar juga dibuat sayuran. Terdapat pula ubi jalar yang dijadikan tanaman hias karena keindahan daunnya. 

Ubi ungu banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan yang lezat. Ada bolu ubi ungu, cake ubi ungu, bakpao ubi ungu, keripikubi ungu, stik ubi ungu, bahkan es krim. Warna ungunya yang menarik juga bisa dijadikan sebagai pewarna makanan alami. Dan karena kandungan lemaknya tidak ada, ubi ungu baik untuk dikonsumsi mulai dari bayi hingga orang dewasa. 

Ubi ungu mengandung pigmen antosianin yang bermanfaat sebagai antioksidan yang sangat baik untuk tubuh serta anti kanker. Ubi ungu juga mengandung betakaroten, vitamin C, dan vitamin E.

Membuat makanan nikmat dan gurih, bukan hanya dari bahan daging, ayam, atau ikan saja. Dari bahan sayuran juga bisa kita racik menjadi panganan yang gurih, salah satunya adalah ubi ungu. Dengan begitu meskipun cukup sederhana namun tetap makanan yang berbahan dasar ubi ungu akan tetap memberi asupan gizi bagi siapa saja yang menikmatinya, termasuk stik ubi ungu.

Stick atau stik merupakan pangan orang luar negeri yang sangat identik dengan teksturnya yang renyah, begitupun juga dengan stick ubi ungu yang sama memiliki tekstur renyah. Untuk anda yang ingin tahu cara ingin membuat stick ubi ungu, kami juga telah menyiapkan informasi cara membuat stick ubi ungu untuk anda. Berikut ulasannya :

Bahan yang di butuhkan :
  • 1/2 kg Ubi ungu
  • 1 sendok makan Margarin
  • 1 butir Telur ayam
  • Garam dapur secukupnya
  • Royco secukupnya
  • Tepung terigu 300 gram

Langkah – langkah membuat Stik Ubi Ungu :
  1. Langkah pertama untuk cara membuat stick ubi ungu adalah cuci bersih terlebih dahulu ubi ungu menggunakan air yang mengalir.
  2. Kemudian masukkan kedalam kukusan dan kukus selama kurang lebih 15 menit atau hingga ubi empuk dan lunak.
  3. Bila ubi sudah empuk angkat dan haluskan ubi hingga benar–benar halus.
  4. Selanjutnya tambahkan telur ayam, margarine, garam dapur dan royco ke dalam ubi yang sudah halus sambil diaduk–aduk hingga tercampur rata.
  5. Langkah berikutnyal tambahkan tepung terigu secara perlahan–lahan hingga adonan mulai mengeras.
  6. Setelah itu masukkan adonan ke mesin giling, dan giling hingga membentuk stik-stik ubi.
  7. Setelah adonan tercetak, goreng didalam minyak yang telah dipanaskan hingga matang dan garing.
  8. Setelah matang angkat dan tiriskan. Biarkan stik di tempat yang terbuka supaya dingin/tidak panas lagi.
  9. Siapkan wadah, masukkan stik ubi yang telah dingin ke dalam wadah/toples supaya tetap renyah dan bias dinikmati sewaktu-waktu.



Bagaimana? Mudah bukan membuat stik ubi ungu? Langkah-langkah diatas dapat anda pratekkan di rumah. Stik ubi ungu yang anda buat dapat dijadikan sebagai camilan Bersama keluarga dikala santai. Semoga bermanfaat.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar