Jumat, 23 November 2018

Langkah-langkah Membuat Kue Belinjo Yang Enak

Langkah-langkah Membuat Kue Belinjo Yang Enak - CAMILAN NUSANTARA


Melinjo/Belinjo adalah tanaman berbiji terbuka yang banyak dimanfaatkan biji serta daunnya. belinjo dapat tumbuh subur di iklim yang kering atau tropis. Tumbuhan ini tidak memiliki cara khusus dalam membiakkannya. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu penghasil belinjo terbesar. Hampir di semua wilayah Indonesia bisa ditanami belinjo. Tanaman ini juga berusia hingga ratusan tahun dengan hasil panen yang cukup berlimpah. Pohon dari belinjo bisa mencapai ketinggian 20 meter. 

Daun muda dan buah pada pohon ini bisa dimanfaatkan untuk dijadikan bahan masakan seperti sayur asem dan biasanya dicampurkan dengan bahan lain seperti kacang panjang terong atau pete selong. Buah belinjo selain dibuat masakan sayur asem juga dapat dijadikan sebagai olahan cemilan garing renyah seperti emping belinjo ataupun kue belinjo.

Kue Belinjo merupakan salah satu camilan yang digemari di Kalangan masyarakat. Kue belinjo merupakan salah satu kue yang biasa dijadikan sajian dihari lebaran. Namun, kandungan dalam belinjo bisa meningkatkan kadar kolestrol Anda jika anda memakannya secara berlebihan.

Sebagian orang secara tidak sadar sangat gemar memakan kue atau camilan. Mereka bahkan menjadikan emping sebagai cemilan, sehingga ketika memakannya seringkali mereka lupa berapa banyak jumlah yang telah mereka makan.  Jika diteruskan tentunya akan berdampak bagi kesehatan orang tersebut. Namun demikian, belinjo memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga bagi mereka yang mengkonsumsi belinjo dalam jumlah yang tepat akan mendapatkan keuntungan dari buah belinjo tersebut.

Kue Belinjo terbuat dari biji buah belinjo. Kemudian dicampurkan dengan tepung soda dan beberapa bahan untuk membuat kue sehingga menjadi adonan dan dapat dibentuk. Adonan dari campuran belinjo, tepung dan bahan pembuatan kue lainnya ini selanjutnya dibentuk bulat pipih dan dioven hingga garing dan matang. Berikut ini adalah Langkah - langkah membuat Kue Belinjo Yang Enak langkah pembuatannya dapat anda coba kreasikan di rumah.

Bahan-bahan
  • Emping melinjo goreng 75 gr, haluskan
  • Tepung terigu 100 gr, protein rendah
  • Baking powder ¼ sdt
  • Soda kue 1/8 sdt
  • Garam halus ½ sdt
  • Margarine 120 gr
  • Gula halus 50 gr
  • Kuning telur 2 btr


Langkah-langkah Membuat Kue Belinjo Yang Enak
  1. Siapkan wadah, kemudian masukkan terlebih dulu garam, soda kue, baking powder dan tepung terigu diayak sampai halus lalu sisihkan.
  2. Siapkan wadah lain, tuangkan gula halus bersama dengan margarine lalu aduk merata. Tambahkan kuning telur ke dalam campuran gula dan margarine sebanyak 2 butir lalu kocok sampai merata.
  3. Setelah selesai dikocok, tambahkan campuran gula, margarine dan telur dengan hasil ayakan halus dari tepung terigu, baking powder, soda kue dan garam. Aduk merata lalu tambahkan kembali dengan Belinjo yang sudah dihaluskan.
  4. Setelah menjadi adonan, kemudian adonan dibentuk bulat pipih. Begitu seterusnya sampai adonannya tidak tersisa. Disini anda dapat membentuk adonan sesuai dengan selera anda.
  5. Siapkan loyang dan olesi dengan margarine serta beri alas paper cake lalu letakkan hasil bulatan pipih adonan pada loyang tersebut. Olesi juga bagian permukaan kue melinjo pada loyang dengan kuning telur yang masih tersisa.
  6. Masukkan loyang ke dalam oven dan panggang dalam kisaran suhu 160°C dengan durasi mencapai 25 menit lamanya atau sampai matang. 
  7. Setelah matang keluarkan kue dari oven, lalu dinginkan dan susun dalam toples dengan rapi.


Bagaimana? Mudah bukan? Olahan belinjo ini dapat dijadikan sebagai suguhan renyah di meja tamu keluarga, atau sebagai camilan dikala santai. Selamat mencoba.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar