Cara Membuat Kue lidah Kucing Yang Mudah dan Enak

Cara Membuat Kue lidah Kucing Yang Mudah dan Enak - CAMILAN NUSANTARA


Kenapa harus disebut kue lidah kucing? Mengenai bentuknya, memang mirip seperti lidah kucing. Tapi bukan berarti bahannya berasal dari lidah kucing juga lho ya. Hehehe… Ada sejarahnya juga lho mengenai kue kering lidah kucing ini. Mau tahu sejarahnya? simak sejarah lidah kucing berikut ini.

Kue lidah kucing sendiri adalah sejenis kue kering yang bentuknya seperti lidah kucing (panjang dan tipis) yang diciptakan pertama kali berasal dari Belanda. Kue lidah kucing ini memiliki rasa yang enak, gurih dan renyah. Kue ini masuk ke Indonesia saat zaman kolonialisasi Belanda. Dalam bahasa Belanda, kue ini dinamakan "Katte Tong".

Di Indonesia, kue lidah kucing sudah dikenal dan beredar secara luas di seluruh nusantara. Banyak yang menyukai kue lidah kucing ini. Kue kering ini menjadi sajian khas tersendiri di musim perayaan-perayaan besar seperti hari raya seperti Idul Fitri, Natal dan tahun baru Imlek.

Kue lidah kucing memiliki beberapa varisi, seperti Lidah Kucing Pelangi atau Rainbow, Lidah Kucing NCC, Lidah Kucing Keju dan yang lain. Tetapi untuk kali ini, saya akan mengajak anda untuk belajar membuat Lidah Kucing yang renyah dan enak tapi cepat dan mudah. Oke untuk yang sudah tidak sabar untuk mencoba membuat Kue Kering ini, silahkan simak Cara Membuat Kue lidah Kucing Yang Mudah dan Enak berikut.

Bahan-bahan :
  • 100 gram mentega
  • 75 gram gula halus
  • 50 gram putih telur
  • 2 gram ekstrak vanila
  • 75 gram tepung rendah protein
  • 10 gram maizena
  • 35 gram bubuk keju gorgonzola

Cara membuat :

1. Pastikan keju dalam keadaan dingin sebelum dikocok. 
2. Kocok mentega dan gula halus sampai mengembang dan pucat. 
3. Masukkan campuran putih telur yang sudah dicampur dengan ekstrak vanila sedikit demi sedikit, kemudian diaduk rata dan lembut. 
4. Masukkan campuran teoung rendah protein dan maizena yang sudah diayak sedikit demi sedikit ke dalam adonan lalu aduk hingga rata. 
5. Masukkan bubuk keju gorgonzola yang sudah diayak dan aduk sebentar hingga rata. 
6. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga dengan spuit diameter 9 milimeter. 
7. Semprotkan adonan ke loyang lidah kucing berukuran 6 sentimeter x 2 sentimeter yang sudah diolesi dengan mentega.
8. Panggang di dalam oven dengan suhu 150 derajat Celcius selama 12 menit sampai lidah kucing berwarna kecokelatan. 
9. Setelah matang, diamkan lidah kucing pada suhu ruangan kemudian simpan di dalam toples kedap udara. 

Itulah cara mudah dan sederhana dalam membuat resep kue kering lidah kucing yang enak. Wah, ternyata simple juga ya. Oh ya, ada tips untuk anda para penggemar kue kering agar hasil kue kering lidah kucing sukses seperti yang kita harapkan.

Tips 
*Jangan memanggang kue di dalam oven yang suhunya terlalu panas - Untuk memanggang kue lidah kucing, gunakan api kecil. Api yang besar akan mengakibatkan kue menjadi kering dan gosong di bagian tepi kue nya. Sementara bagian tengah kue pastinya masih lembab dan belum crispy/renyah seperti yang kita harapkan.
*Gunakan loyang kue yang terbuat dari alumunium. Bahan tersebut biasanya sangat baik menyerap panas dari api dan menjaga kue tetap stabil dibanding loyang yang terbuat dari besi.
*Selalu mengoleskan margarin pada Loyang. Pastinya kita tidak mau hasil kue ternyata menjadi menempel dan susah lepas dari loyangnya.
*Gunakan pencungkil pada saat mengeluarkan dari loyang, ada kemungkinan akan rapuh karena bentuknya yang tipis. 
*Setelah matang dan keluar dari oven, Diamkan kue lidah kucing selama 15 - 20 menit sampai uap panasnya hilang.


Baca Juga :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya