Kamis, 22 November 2018

Cara Membuat Camilan Kue Kecipir Keju

Cara Membuat Camilan Kue Kecipir Keju - CAMILAN NUSANTARA


Kue kering adalah istilah yang sering digunakan untuk kue yang bertekstur keras tetapi renyah. Camilan ini memiliki kadar air yang sangat rendah karena dibuat dengan cara di oven atau digoreng. Kue kering adalah makanan ringan yang bukan makanan utama. Secara umum kue kering seringkali disebut atau diartikan sebagai makanan ringan dengan bahan dasar tepung. Bahan dasar tersebut biasanya terbuat dari tepung beras maupun tepung terigu.

Salah satu kue kering tradisional Indonesia adalah kue kecipir. Kue Kecipir masih sering kita jumpai di pasaran terlebih pada saat lebaran tiba dan biasa kita temui camilan ini saat disajikan di rumah. Kue Kecipir merupakan salah satu makanan ringan yang cocok buat dijadikan cemilan bersama minuman segar. Selain memiliki cita rasa yang gurih, kue ini juga mempunyai bentuk yang unik. Oleh sebab itu banyak pecinta kuliner yang menyukai menu camilan kue kering kecipir ini.

Kue kering kecipir ini banyak disukai atau digemari dari berbagai kalangan, seperti mulai dari anak-anak hingga orang dewasapun senang memakannya. Camilan ini sangat cocok dimakan pada saat bersantai dirumah, berkumpul dengan keluarga tercinta, dan disajikan bersama tamu – tamu saat bekunjung.


Kue ini dibuat dengan bahan baku utama yaitu tepung, keju chedar dan lain-lain yang kemudian dicampurkan dan dimixer hingga rata. Metode atau cara pembuatan kue kering kecipir ini bisa di bilang sangat mudah, dan bahan-bahan atau bumbunya mudah ditemukan. Untuk mendapatkan bahannya anda dapat membeli di pasar atau toko disekitar rumah anda. Peralatan yang dibutuhkanpun tidaklah banyak yaitu hanya menggunakan mixer, plastik berspuit dan wadah. Anda juga dapat membentuk kue ini secara sendiri dengan mengandalkan plastik kue yang diberi spuit lalu disemprot memanjang dalam wajan yang berisi minyak panas, kemudian digoreng. 

Untuk lebih lengkap, berikut kami ulas cara membuat camilan kue kecipir keju.

Bahan – Bahan :
- Keju cheddar sebanyak 100 gram yang telah diparut
- 3 sendok makan gula pasir, pemilihan gula pasir lebih baik dengan gula yang telah halus
- 300 gram tepung ketan putih, sebaiknya bahan di ayak terlebih dahulu agar nantinya hasilnya -   sempurna dan tidak menggumpal
- Minyak goreng secukupnya
- 1 sendok teh garam
- 3 butir telur ayam, pilihlah telur ayam yang cukup besar

Alat – alat :
- Wadah
- Wajan
- Kantong Plastik Segitiga
- Spatula
- Ayakan
- Alat ukur
- Whisk
- Toples

Cara Membuat Camilan Kue Kecipir :
  1. Langkah pertama siapkan wadah, lalu masukan telur ayam dan gula pasir kemudian kocok dengan menggunakan mixer hingga adonan putih dan mengembang.
  2. Lalu anda dapat menambahkan potongan keju chedder yang telah diparut kedalam adonan lalu aduk dengan rata.
  3. Tambahkan tepung ketan putih sedikit demi sambil diaduk sampai rata.
  4. Setelah itu uleni hingga kalis dan tidak lengket menggunakan tangan.
  5. Siapkan plastik segita yang telah dipasang sepuit pada ujungnya yang berbentuk bunga lalu masukan adonan kedalamnya.
  6. Selanjutnya ambil wajan dan panaskan minyak secukupnya lalu semprotkan adonan diatasnya. Berbentuk sesuai dengan keinginan anda.
  7. Goreng adonan yang telah di bentuk hingga matang , kering , dan berwarna kuning kecoklatan.
  8. Lanjutkan hingga semua adonan habis.
  9. Jika sudah matang lalu angkat dan tiriskan dahulu kemudian diamkan sampai dingin.
  10. Langkah terakhir tata kue kecipir dalam toples lalu sajikan.

Tips :
  • Sebelum membuat kue kering kecipir, pastikan bahwa semua peralatan dan bahan disiapkan terlebih dahulu. Timbang bahan-bahan sesuai dengan kebutuhan.
  • Untuk membuat kue dengan hasil yang terbaik, maka pastikan bahwa bahan yang dipergunakan adalah bahan yang terbaik.
  • Pilih bahan – bahan yang berkualitas, karena penggunaan bahan juga mempengaruhi cita rasa dan penampilannya.
  • Untuk tepung, pastikan bahwa Anda memilih tepung dengan kadar protein yang rendah. Tepung berprotein rendah akan membuat hasil kue menjadi lebih renyah karena dalam pembuatannya tidak akan membentuk gluten. Selain itu tepung dapat menyatu dengan mentega dan margarin yang memiliki protein tinggi.
  • Sebaiknya anda mengayak tepung terlebih dahulu agar mendapatkan adonan yang lembut dan mudah tercampur. Dengan mengayaknya terlebih dahulu, kita bisa menghindari gumpalan berbagai bahan tersebut seperti tepung ketika sedang menikmati hasil kue kering kecipir ciptakan kita.
  • Jika pada resep kue kering kecipir Anda diminta untuk melakukan pengocokan pada tepung yang dicampur dengan gula, maka lakukanlah selama 3 menit saja.
  • Sebaiknya pada saat mengocok adonan, jangan mengocoknya terlalu lama karena dapat menghasilkan lemak pada saat dimasak nantinya.
Demikian cara membuat camilan kue kecipir keju yang kami sampaikan. Selamat mencoba.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar