Sabtu, 10 November 2018

Bahan-Bahan Dan Cara Membuat Kue Putri Salju Enak

Bahan-Bahan Dan Cara Membuat Kue Putri Salju Enak - CAMILAN NUSANTARA


Kue putri salju adalah sejenis kue kering yang berbentuk bulan sabit dan di atasnya diselimuti dengan gula halus seperti salju. Kue putri salju dibuat dari adonan tepung terigu, tepung maizena, mentega dan kuning telur yang dipanggang di dalam oven sampai matang dan di atasnya diselimuti dengan gula halus. Kue ini banyak digemari oleh orang-orang karena rasanya yang enak, gurih dan dingin ketika menggigitnya. 

Belum diketahui pasti Kue Kering satu ini berasal dari daerah mana. Mungkin penamaan Putri Salju di karenakan kue ini bentuk nya mungil dan putih lembut. Kue putri salju biasanya menjadi sajian khas pada hari raya, seperti Idul Fitri, Natal dan tahun baru Imlek.

Meski bentuk asalnya sebenarnya seperti bentuk bulan sabit, seiring dengan perkembangan zaman dan kreativitas masing-masing orang, bentuk dan variasi kue putri salju ini juga ikut mengalami perkembangan. Ada kue putri salju berbentuk bulat, agak lonjong, atau dicetak dengan berbagai bentuk lainnya seperti bentuk hati dan bunga. Rasanya pun juga ikut beragam, ada putri salju pandan, putri salju keju, putri salju melon, dan lain sebagainya. Kembali ke selera masing-masing, memang. Namun, kue putri salju yang original hingga kini masih tetap menjadi favorit.

Mungkin banyak di antara kita yang masih sibuk bekerja sampai beberapa hari menjelang Hari Raya sehingga lebih memilih untuk membeli kue kering satu ini di toko langganan daripada membuatnya. Tetapi buat teman teman yang masih bisa sedikit menyisihkan waktu ataupun yang tidak bekerja, membuat sendiri Kue Putri Salju Spesial ala anda sendiri pasti akan lebih menarik dan menantang. Selain lebih hemat, hasil jadinya pun pasti lebih lembut dan enak. Selain itu, anda bisa sedikit berkreasi dengan membuat Kue Putri Salju tanpa kacang atau membuat Kue Putri Salju Keju dengan menambahkan irisan keju tipis di atas permukaan kue sehingga menimbulkan sensasi manis dan gurih yang lebih menggoda.

Mungkin banyak yang mengira bahwa membuat Kue Putri Salju ini susah, ribet dan melelahkan. Tetapi sebenarnya kalau teman teman sudah pernah membuat nya, ternyata tidak sesulit dan serumit yang kita bayangkan. Terlebih lagi kalau membuat Kue satu ini tidak dilakukan sendiri. Anda bisa mengajak teman yang mempunyai waktu atau mungkin mengajak putri kesayangan anda untuk ilut membantu. Berikut bahan-bahan Kue Putri Salju Keju dan Cara Membuat nya :
Bahan bahan Resep Kue Putri Salju
500 gram Tepung Terigu yang halus dan lembut. Ada baik nya tepung di saring terlebih dahulu supaya hasil jadinya benar-benar bertekstur lembut.
50 gram sampai 60 gram Tepung Maizena atau Tepung Jagung.
500 gram Margarin.
Setengah sendok teh garam dapur.
3 butir sampai 5 butir telur ayam (tergantung ukuran nya, diambil bagian kuningnya saja).
350 gram sampai 500 gram Gula Putih Bubuk Halus untuk melapisi kue nya.
Untuk variasi, anda bisa mempersiapkan 300 gram Keju Parut untuk taburan di atas kue atau 150 gram Kacang Tanah yang di oven dan dicincang kasar. Anda juga bisa menggunakan Kacang Mete.

Cara membuat Resep Kue Putri Salju Lembut yang cepat dan mudah
Langkah pertama, ambil satu wadah yang cukup besar. Masukkan 500 gram margarin dan kocok margarine sampai mengembang.
Masukkan Tepung Maizena dan 500 gram tepung terigu yang sudah diayak. Lalu kocok lagi hingga mengembang, masukkan 1/2 sendok kecil garam dapur.
Masukkan satu per satu 3 sampai 5 butir telur ayam ke dalam adonan tadi. Kocok kembali dan pastikan semua adonan tercampur dengan sempurna dan mengembang dengan sempurna. Di tahap ini, kalau memang anda mau memberikan variasi kacang tanah atau keju parut bahan bahan tersebut bisa dimasukkan kemudian dicampur lagi sampai benar benar tercampur dengan rata.
Bentuk adonan di atas sesuai selera. Mau dibentuk seperti bentuk Kue Putri Salju Keju yang umum atau mungkin ada mau mebentuk nya seperti bentuk love, lingkaran atau bentuk lain nya. Kalau anda punya cetakan kue kering dengan bentuk yang lucu, cetakan tersebut juga bisa digunakan. Silahkan berkreasi sesuai dengan imajinasi.
Susun adonan yang telah dicetak di atas loyang yang sudah dioles dengan mentega.
Pamanaskan oven sampai dirasa cukup panas atau suhu di dalam nya sekitar 160 derajat sampai 170 derajat. 
Panggang cetakan di atas kurang lebih sekitar 14 menit sampai 15 menit. Gunakan api kecil supaya tingkat kematangan nya rata.
Tunggu sampai Kue Putri Salju matang. Setelah matang diamkan kue dalam suhu ruang
Setelah kue salju tidak terasa panas lagi balut atau ditaburi dengan gula putih halus sampai terbalut dengan sempurna.
Langkah terakhir susun kue salju dalam toples.
Kue putri salju siap dinikmati.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar