Resep Dan Langkah-Langkah Membuat Kue Pastel Abon Yang Mudah Dan Enak

Resep Dan Langkah-Langkah Membuat Kue Pastel Abon Yang Mudah Dan Enak - CAMILAN NUSANTARA


Pastel adalah semacam pastri yang dibuat dengan meletakkan isian di atas adonan, lalu dilipat dan ditutup rapat. Pastel dapat terasa manis atau gurih tergantung dari isian. Pastel dapat menjadi makanan yang mudah dibawa-bawa, sama seperti sandwich. Saat ini kue pastel sendiri ada dua jenis, yaitu pastel basah dan pastel kering. Pastel basah biasanya berisikan sayur-sayuran seperti wortel, kentang, dan sayuran lainnya. Sementara pastel kering biasanya berisi abon dan bentuk pastel kering ini lebih kecil daripada pastel basah.
Pastel kering merupakan olahan makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan bisa dibuat dengan menyisipkan bahan tambahan dibagian dalamnya seperti abon sapi. Pastel ini termasuk ke dalam kategoti kue kering yang melewati proses penggorengan dan bukan dipanggang atau dioven juga dikukus.
Karena rasanya yang enak dan gurih, Kue pastel kering ini biasa disajikan di hari-hari besar seperti hari raya idul fitri, hari raya natal, hari raya imlek, dan hari besar lainnya, sebagai makanan penyambut tamu. Selain itu kue pastel kering ini juga cocok sebagai camilan disaat santai bersama teman atau keluarga. Anda dapat membeli kue pastel kering ini di toko atau supermarket di dekat rumah. Tapi jika anda anda malas membeli, anda bisa membuat sendiri kue pastel kering ini. Berikut kami sajikan resep dan langkah-langkah membuat kue pastel abon yang mudah.

Bahan
  • 1 butir telur ayam
  • 50 - 70 mili liter air
  • 250 gram tepung terigu
  • 50 gram margarin
  • Garam (secukupnya, 1/4 sendok teh)
  • Penyedap rasa (jika diperlukan)
  • 150 gram abon sapi


Cara Membuat
  1. Siapkan satu wadah besar untuk membuat adonan. Masukkan tepung terigu ke dalam wadah bersama garam. Campur kedua bahan hingga rata.
  2. Selanjutnya, masukkan telur dan kembali campur semua bahan hingga rata.
  3. Panaskan margarin hingga meleleh lalu masukkan ke dalam adonan. Masukkan sedikit demi sedikit secara perlahan dan aduk hingga benar-benar tercampur rata.
  4. Jangan lupa menambahkan air sedikit demi sedikit lalu mengaduknya hingga adonan kalis. Pastikan untuk tidak terlalu lembek atau juga tidak terlalu keras.
  5. Berikutnya, pipihkan adonan. Anda bisa memipihkannya menggunakan gilingan mie atau juga dengan menekannya dengan botol kaca yang memiliki permukaan halus.
  6. Jika sudah pipih, bentuk bulat, tambahkan abon di dalamnya dan cetak dengan cetakan pastel mini.
  7. Sambil mencetak, letakkan pastel yang sudah di cetak ke sebuah wadah. Lapisi wadah dengan tepung kering agar pastel tidak lengket.
  8. Goreng pastel hingga berwarna emas kecokelatan.
  9. Pastel mini pun telah matang dan siap untuk disajikan sebagai kue kering lebaran.


Itulah resep membuat pastel mini isi abon yang mudah anda coba di rumah. Selamat mencoba.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya