Jumat, 12 Oktober 2018

Macam – Macam Kerupuk Khas Palembang

Macam – Macam Kerupuk Khas Palembang - CAMILAN NUSANTARA


Kerupuk atau krupuk adalah makanan ringan yang pada umumnya dibuat dari adonan tepung tapioka dicampur bahan perasa seperti udang atau ikan. Kerupuk dibuat dengan mengukus adonan sampai matang, kemudian dipotong tipis-tipis, dikeringkan di bawah sinar matahari sampai kering dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak. Makanan ini populer di kalangan masyarakat Indonesia sebagai lauk hidangan serta sebagai jenis lomba makan utama pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Bagi sebagian besar orang di Indonesia, makan tanpa kerupuk rasanya seperti sayur tanpa garam. Tak lengkap jika tidak ada rasa gurih dan renyah dari kerupuk. Jenis kerupuk di Indonesia sangat banyak, namun tidak ada yang menandingi popularitas kerupuk dari Palembang. Gurihnya kerupuk Palembang berasal dari bahan baku pembuatnya yaitu ikan. Kerupuk Palembang dibuat dengan dua cara, yakni dibakar dan digoreng. Berikut ini empat jenis kerupuk asli Palembang paling populer di Indonesia. 

1. Kerupuk Kemplang Bakar

Nama kerupuk ini diambil dari cara pembuatannya yakni dikemplang alias dipukul. Adonan kerupuk yang dibuat dari ikan belida dan tepung tapioka dipukul-pukul hingga rata lalu dibakar hingga teksturnya agak keras dan kenyal. Selain ikan belida, kerupuk kemplang bakar ini juga bisa dibuat dari ikan tenggiri.

2. Kerupuk Kemplang Kancing

Kerupuk kemplang kancing ini bisa kamu jumpai sebagai teman makan nasi. Bentuk kerupuk ini lebih kecil dari kemplang bakar. Cita rasanya gurih dan teksturnya renyah. Kemplang kancing ini dibuat dengan cara digoreng dan banyak dijual dalam bentuk mentah sehingga kamu bisa menggorengnya sendiri di rumah. Kerupuk kemplang kancing ini terbuat dari ikan. Ikan yang biasanya digunakan untuk membuat kerupuk kemplang kancing ini adalah ikan gabus, ikan tenggiri, dan ikan beledang.

3. Kerupuk Keriting

Kerupuk ini memiliki berbagai nama diantaranya, kerupuk keriting, kerupuk mawar, kerupuk acak, dan kerupuk sanggul. Kerupuk ini dibuat dengan mesin yang memiliki lubang kecil-kecil yang mengalirkan adonan kerupuk yang masih berbentuk cair kemudian membentuk pola dari kerupuk. Sama seperti kerupuk lainnya, kerupuk ini juga berbahan dasar ikan.

4. Kerupuk Pilus

Kerupuk Palembang jenis ini bentuknya bulat lonjong kecil-kecil. Jika dimasukkan ke dalam mulut, bunyinya langsung renyah dan gurih. Kerupuk pilus enak dicampur dengan nasi atau untuk pendamping lauk. Selain itu, kerupuk pilus ini juga dapat dijadikan sebagai camilan.


Baca Juga :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar