Langkah - Langkah Membuat Stik Talas Yang Enak Dan Gurih

Langkah - Langkah Membuat Stik Talas Yang Enak Dan Gurih - CAMILAN NUSANTARA


Talas atau talas bogor (Colocasia esculenta L., suku talas-talasan atau Araceae) merupakan tumbuhan penghasil umbi-umbian yang cukup penting. Diduga asli berasal dari Asia Tenggara atau Asia Tengah bagian selatan, talas diperkirakan telah dibudidayakan manusia sejak zaman purba, bahkan pada zaman sebelum padi ditanam orang. Kini talas telah menyebar ke berbagai belahan dunia, termasuk India, Cina, Afrika Barat dan Utara, dan Hindia Barat. Talas merupakan makanan pokok, selain sukun, di beberapa kepulauan di Oseania. Di Indonesia, talas populer ditanam di hampir semua daerah.

Talas merupakan salah satu tanaman umbi umbian yang sangat banyak di temui di daerah puncak pegunungan atau daerah dengan suhu dingin. Talas sangat banyak di gunakan sebagai bahan dasar membuat aneka camilan enak dan nikmat seperti keripik talas dan juga stik talas. Stik talas bisa di beli toko camilan ataupun di supermarket.
Jika anda ingin membuat stik talas, anda bisa meniru resep yang kami berikan, dalam proses pembuatan anda harus teliti dan telaten karena talas mengandung senyawa berbahaya yang berakibat buruk apabila tidak di proses dengan baik.. Berikut langkah – langkah membuat stik talas.

Bahan Membuat Stik Talas:
- Talas
- Bawang Putih
- Garam
- Penyedap rasa
- Minyak goreng
- Kapur sirih

Cara Membuat Stik Talas :
1. Umbi talas dikupas dari kulit arinya hingga bersih, kemudian cuci umbi tersebut pada air, usahakan mencucinya berulang kali hingga bersih benar. Lakukan pemotongan pada umbi talas menjadi bentuk stik kecil memanjang ukuran menyesuaikan selera masing masing.
2. Larutkan kapur sirih pada air bersih kemudian rendam irisan talas kedalamnya sekitar setengah jam, setelah itu angkat cuci kembali dengan air bersih dan tiriskan.
3. Siapkan air yang telah dicampur dengan garam untuk merendam irisan talas. Irisan umbi talas direndam sekitar setengah jam untuk memastikan kandungan kalsium oksalat nya terikat pada rendaman air garam tersebut.
4. Setelah direndam selama kurang lebih setengah jam kembali lagi proses ke point awal yaitu mencucinya dengan air bersih.
5. Urutan proses tersebut dilakukan dalam usaha menghasilkan stik talas yang tidak gatal ketika dimakan, proses perendaman pada air garam tersebut membuat senyawa kimia berbahaya pada umbi talas bisa terlepas dari umbinya. Proses pencucian pastikan jangan terlalu cepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
5. Proses berlanjut dengan pencampuran bumbu, disini talas potongan bisa dicampur dengan bumbu seperti bawang putih atau rempah rempah tambahan lain, penambahan garam dan kaldu penyedap juga bisa dilakukan untuk mendapatkan cita rasa yang lebih lezat.
6. Kemudian siapkan minyak goreng pada wajan, panaskan dengan api sedang dan masukkan stik talas yang telah dibumbui tersebut dalam penggorengan. Goreng hingga warna kekuningan lalu angkat stik talas yang telah matang dari penggorengan dan tiriskan hingga dingin.
7. Stik talas siap di sajikan.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya