Kamis, 25 Oktober 2018

Kurma Yang Paling Laris Dan Macam - Macam Jenis Kurma

Kurma Yang Paling Laris Dan Macam - Macam Jenis Kurma - CAMILAN NUSANTARA


Siapa yang tak mengenal kurma. Buah gurun ini begitu mashur dan digemari oleh sebagian besar orang di tanah air, apalagi ketika memasuki bulan ramadhan. Kurma merupakan salah satu pilihan favorit bagi muslim yang sedang berpuasa ketika berbuka. Kurma sejatinya merupakan buah khas Timur Tengah, yang belakangan kian akrab dengan keseharian kaum Muslimin Indonesia. Jamaknya, kurma dikonsumsi dengan cara dikeringkan, namun kini penampilan dan jenis kurma, kian beragam. Ada kurma segar yang langsung dimakan (biasa disebut kurma muda atau ruthob), sementara kurma yang dikeringkan disebut thamr, termasuk kurma Ajwa atau kurma Nabi yang kesohor itu. Belakangan, varian yang masuk ke Indonesia makin mendunia, dari kurma Medjool yang sesungguhnya dipanen dari California, USA, sampai kurma Bam asal Iran yang lembut laksana bolu dan manis seperti madu. 

Meski begitu, kurma asal Saudi tetap jadi favorit. Kurma khalas, misalnya. Dari jenis ini, yang paling laris dikonsumsi adalah kurma “Dates Crown Khalas”. Berbentuk oval atau lonjong dan ukurannya lebih kecil dibanding dengan kurma jenis Mesir, serat kurma “Date Crown Khalas” tergolong lunak. Jika digigit dan dikunyah, terasa sangat lembut. Bagian luarnya seperti dilapisi kulit yang sangat tipis, rasanya sangat manis.

Karena rasa yang enak dan tekstur yang lembut inilah kurma “Date Crown Khalas” sangat disukai. Selain itu, harga yang ditawarkan juga masih terjangkau sehingga semua orang bisa menikmatinya. Inilah yang dipaparkan oleh Hj. Azizah Manggusy, salah satu pedagang kurma.

“Kalau bulan puasa dan lebaran, banyak yang cari kurma khalas ini. Dari segi harga terjangkau, rasa enak, tekstur lembut, manula juga bisa makan” ujar bu Azizah menjelaskan.

Buah yang berwarna coklat ini belum bisa diproduksi secara massal di Indonesia, melainkan impor dari beberapa negara khususnya Timur Tengah.

Jenis - Jenis Kurma

Nah, berikut beberapa jenis kurma yang bisa Anda jumpai di pasaran.
1. Kurma ajwa
Kurma ajwa adalah jenis kurma kesukaan Nabi dan juga yang paling diminati oleh umat muslim di dunia. Ciri-ciri kurma ajwa yang asli adalah:
  • Warnanya hitam pekat
  • Ada beberapa garis kecil
  • Baunya wangi
  • Rasanya sedang, tidak terlalu manis

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda terkait kurma ajwa ini:

“Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwa pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir” HR. Bukhari

2. Kurma burhi
Kurma burhi berasal dari negara Arab Saudi. Bentuknya bulat dan rasanya cukup manis, makanya ada yang sering menyebutnya sebagai “bola madu”. Kurma jenis ini memiliki warna coklat muda. Sangat cocok dijadikan sebagai cemilan sehat sehari-hari.

3. Kurma Khalas
Kurma jenis ini berasal dari negara Uni Emirat Arab. Kurma khalas berbentuk lonjong dengan ukuran yang agak kecil dibanding jenis kurma lainnya, namun memiliki daging yang lembut dan manis. Harga kurma khalas cukup terjangkau sehingga termasuk jenis yang laris di masyarakat.

4. Kurma Lulu
Kurma yang memiliki nama mirip seorang gadis kecil ini berasal dari negara Uni Emirat Arab. Bentuknya bulat dengan warna coklat agak tua yang membuatnya menyerupai kurma ajwa. Dagingnya terasa lembut dan sedikit liat. Rasa manisnya sedang, sehingga banyak digemari oleh penikmat kurma yang tidak menyukai rasa manis.

5. Kurma Mesir
Sesuai dengan namanya, jenis kurma ini berasal dari negara Mesir. Kurma jenis ini rasanya manis dan dagingnya lembut. Cocok untuk menu buka puasa, hidangan tamu, maupun untuk camilan sehari-hari.

6. Kurma Ruthab
Jenis kurma ini biasa juga disebut kurma muda, karena dipetik saat masih muda. Warnanya hitam pekat, dagingnya lembut, empuk dan rasanya manis. Kurma ini bisa dikategorikan sebagai kurma basah. Kurma ruthab juga dikenal dapat meningkatkan kesuburan, sehingga sangat cocok dikonsumsi pasangan yang sedang berupaya memiliki momongan. Kandungan nutrisinya yang cukup tinggi juga bagus untuk ibu hamil atau sedang menyusui.

7. Kurma Sukkari
Kurma ini sering juga disebut sebagai kurma raja karena ukurannya yang besar. Dagingnya lembut, kulitnya berwarna kuning ranum, dan rasanya manis. Jenis kurma ini cukup terkenal di Arab dan dunia yang konon memiliki khasiat dapat meningkatkan vitalitas kaum pria.

8. Kurma Sullaj Mubrom
Kurma ini adalah jenis premium yang berasal dari negara Arab Saudi. Rasa manisnya pas, legit, juga lembut. Warnanya merah kecoklatan dan mengkilat. Kurma jenis ini belum begitu dikenal di tanah air, namun sekali mencicipi, dijamin akan ketagihan.

9. Kurma Tunis
Sesuai dengan namanya, Anda tentu sudah bisa menebak kalau jenis kurma ini berasal dari negara Tunisia. Kurma tunis identik dengan kurma yang ada tangkainya. Warnanya coklat cerah, dagingnya liat dan agak renyah. Rasa manisnya juga pas. Kurma tunis ini termasuk yang paling familiar bagi keluarga Indonesia. Kurma ini bisa dimanfaatkan dalam momen apa saja. Suguhan tamu, oleh-oleh, hidangan untuk buka puasa, bahkan hidangan lebaran.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar