Rabu, 24 Oktober 2018

Cara Membuat Kerupuk Jengkol Yang Renyah

Cara Membuat Kerupuk Jengkol Yang Renyah - CAMILAN NUSANTARA


Jengkol termasuk bahan makanan berupa lalab, dan untuk saat ini harga jengkol memang lumayan mahal, haraganya hampir sama dengan daging. Banyak jenis makanan yang terbuat dari bahan dasar jengkol, salah satunya adalah kerupuk jengkol. 

Kerupuk jengkol atau karupuak jariang adalah salah satu cemilan yang termasuk kedalam golongan makanan ringan, dengan bahan dasar jengkol dan tepung tapioka. Makanan ini memiliki rasa yang renyah dan gurih juga dapat dijadikan sebagai lauk untuk teman makan nasi, bisa juga dimakan dan dipadukan dengan makanan berkuah misalnya baso atau soto. Kerupuk jengkol ini lebih enak jika ditambahi cabe merah, maka selera makan dijamin akan bertambah.

Kerupuk jengkol ini pun banyak variasi dan aneka rasanyanya, mulai dari rasa gurih, asin, balado pedas khas padang, minangkabau, super pedas hot, manis khas bandung, begitu juga dengan keripik jengkol bisa diberi macam-macam aneka rasa pedas manis, asin gurih, balado, dll. Jika ingin mencoba membuatnya. Berikut kumpulan tips rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kerupuk jengkol lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka kerupuk dan keripik jengkol garing kriuk renyah crispy. Siapa tahu mau jual kerupuk jengkol keliling baik berupa kerupuk jengkol mentah maupun krupuk jengkol goreng yang sudah digoreng dan diberi bumbu.

CARA MEMBUAT KERUPUK JENGKOL

Bahan yang dipersiapkan :
  • 1 kg jengkol tua 
  • 2 kg tepung tapioca
  • 300 ml air hangat
  • 50 gram bawang putih, haluskan
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 2 liter minyak goreng


Cara Membuat Kerupuk Jengkol:
  1. Bersihkan jengkol, lalu kupas, cuci hingga bersih, kemudian rendam dalam air bersih selama 20 menit, ganti air rendaman, dan rendam kembali selama 20 menit. Lakukan hingga minimal 3 kali. Lalu angkat dan tiriskan.
  2. Siapkan panci tuang air dan masukan jengkol, tambahkan garam lalu rebus jengkol hingga kulit arinya mengelupas. Angkat dan tiriskan.
  3. Bersihkan kulit ari jengkol, lalu tumbuk hingga halus. tambahkan tepung tapioka, bawang putih halus, air hangat, garam dan penyedap rasa, uleni hingga semua bahan tercampur rata. 
  4. Bentuk adonan menjadi bulat memanjang seperti lontong , bungkus dengan daun pisang atau plastic, lalu kukus selama 40 menit atau hingga matang. Setelah matang angkat dan dinginkan.
  5. Setelah dingin iris tipis –tipis adonan lalu jemur hingga benar-benar kering.
  6. Setelah kering, goreng kerupuk dalam minyak banyak dengan panas sedang, goreng hingga matang. Kemudian angkat dan tiriskan.
  7. Kerupuk jengkol siap dihidangkan.
  8. Masukkan kerupuk jengkol kedalam toples kedap udara, supaya bisa dinikmati sewaktu – waktu.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar