Jumat, 19 Oktober 2018

Cara Membuat Kerupuk Amplang Kuku Macan Yang Enak dan Gurih

Cara Membuat Kerupuk Amplang Kuku Macan Yang Enak dan Gurih - CAMILAN NUSANTARA


Kerupuk amplang kuku macan, itu apa sih? Amplang adalah cemilan yang terbuat dari bahan dasar ikan pipih dan ikan belinda. Dibentuk kecil-kecil seperti kuku macan, kerupuk ikan ini disebut amplang kuku macan. Disebut amplang kuku macan karena memang kalau diperhatikan amplang jenis ini mirip sekali dengan kuku macan, si raja hutan, dan ukurannya sekitar seujung jari kelingking atau ibu jari sehingga gampang disantap dalam satu kali suapan.

Memang sih belum diketahui benar darimana asal kemunculan amplang kuku macan ini, namun camilan amplang kuku macan ini menjadi salah satu makanan favorit dari Balikpapan. di Pulau Kalimantan, banyak yang jual kerupuk amplang kuku macan ini, seperti di Samarinda dan Balikpapan. Yang membedakan adalah rasanya, ada yang rasanya biasa-biasa saja, tapi ada juga yang sudah jadi langganan banyak orang dan sering direkomendasikan untuk oleh-oleh karena teksturnya renyah dan rasa ikan tenggirinya sangat terasa. Para wisatawan yang berkunjung ke kota ini banyak yang memburu panganan ini. Rasa yang enak dan tekstur nya yang gurih membuat Amplang Kuku Macan ini cocok dijadikan sebagai camilan ketika santai atau teman saat sedang menonton tv.

Apakah Anda tahu jika amplang yang bagus bisa bertahan sekitar satu tahun, tetapi jika bisa bertahan terlalu lama pun sebenarnya tak baik juga karena ada kemungkinan memakai bahan pengawet.

Sebenarnya bahan untuk membuat amplang sangat mudah untuk diperoleh dan memang untuk membuatnya pun bisa dibilang cukup mudah namun memang memerlukan waktu yang sedikit lebih lama. Bagi Anda yang ingin tahu cara membuat kerupuk amplang, anda bisa melihat resep dibawah ini.
Bahan yang harus dipersiapkan :
  • ikan tenggiri atau gabus sebanyak  1 KG
  • Sagu sebanyak 2 Kg
  • Bawang Putih
  • Garam sekitar 4 sampai 5 Ons
  • Air sebanyak 750 ml
  • Penyedap Rasa sekitar 1 sampai 5 ons
  • Minyak untuk menggoreng


Cara membuat :
  1. Giling ikan tenggiri atau gabus segar hingga halus dan kemudian campurkanlah dengan air, garam, dan juga penyedap rasa. Kemudian aduklah sampai rata.
  2. Setelah adonan telah merata, kemudian tambahkan tepung sagu dan diuleni.
  3. Ambillah adonan dan kemudian timbang lebih kurang 1 Kg lantas bentuk tabung dan buat memanjang.
  4. Kemudian rebus adonan yang sudah dibentuk lebih kurang 1 jam lantas dijemur supaya hasilnya menjadi bagus.
  5. Kemudian setelah dijemur lantas diiris halus adonan tersebut dan kemudian goreng sekitar 30 menit ataupun sampai matang. Jangan lupa di aduk supaya kerupuk tidak gosong. Lalu ditiriskan.
  6. Kerupuk yang sudah digoreng di masukan ke dalam plastik ataupun toples kedap udara.
  7. Kerupuk amplang pun siap untuk dinikmati.


Tips
  • Sebaiknya pertama-tama Anda menyiapkan ikan tenggiri sebagai bahan utamanya. Walaupun memang dapat diganti dengan ikan haruan atau gabus tetapi mempunyai rasa yang berbeda.
  • Lantas, daging ikan diambil dengan cara dikerik kemudian dicampurkan dengan berbagai bumbu yang sudah dihaluskan serta telur. Setelah itu diaduk sampai merata. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dimana bumbu dan ikan dapat menyatu dengan baik, maka ada baiknya Anda meremas adonan  tersebut.
  • Kemudian adonan yang diremas tadi dicampur dengan tepung tapioca. Ingatlah untuk mengaduk adonan tersebut serta membantingnya supaya tercampur dengan rata dan teksturnya yang pas ketika dicetak.
  • Ketika sudah siap maka Anda dapat memotongnya sesuai dengan keinginan, bisa bulat, kotak atau bulat lonjong.
  • Kemudian di jemur dan lantas digoreng diatas wajan besar yang penuh dengan minyak panas.
  • Supaya matang dengan merata serta tak gosong, Anda dapat mengaduk kerupuk sampai berwarna kecoklatan. Jika memang menggorengnya benar maka kerupuk akan terasa renyah dan rasa ikan tenggiri akan sangat terasa.
  • Tetapi jika Anda merasa jika rasanya masih sedikit aneh dan tak renyah maka Anda dapat menggorengnya lagi. Berdasarkan pengalaman yang telah dibagikan, kerupuk amplang yang bagus itu jika digoreng sebentar saja sudah matang serta rasanya pun terasa sangat renyah. Jika jelek, meskipun digoreng lama tetap saja tidak jadi.


Baca Juga :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar