Usaha Kerupuk Rambak Sapi

Usaha Kerupuk Rambak Sapi - CAMILAN NUSANTARA



Kerupuk rambak sapi memang sudah terkenal di seluruh daerah dan masyarakat Indonesia, bahkan saat ini ada beberspa pelaku bisnis yang ingin memasarkan kerupuk rambak sapi ke luar negeri dengan jalan ekspor. Kerupuk rambak sapi memang memiliki rasa dan tekstur yang berbeda dari kerupuk lainnya, kerupuk rambak sapi memiliki rasa yang khas sehingga tidak sulit membedakan antara kerupuk rambak sapi dengan kerupuk lainnya. Kerupuk rambak sapi juga bisa dinikmati dengan nasi dan lauk pauk atau juga sekedar camilan di saat santai anda dan saat kumpul bersama keluarga. Karena itu peluang untuk menjalankan usaha kerupuk rambak sapi juga bisa anda terapkan untuk membangun usaha anda. Anda bisa memulainya dengan artikel peluang usaha rambak sapi sebagai berikut ini... 

Cara memulai usaha kerupuk rambak

Jika anda ingin memulai menjalankan usaha kerupuk rambak sapi, anda bisa memulainya dengan membuat sendiri dirumah, dengan menemukan resep dan cara membuatnya yang pas. Jika hasilnya enak dan renyah anda bisa memulai menjualkannya. Perhatikan juga biaya pengeluaran seperti biaya listrik, pekerja, promosi, pembelian alat dan bahan-bahan lainnya.

1. Bahan baku kerupuk rambak
Proses membuat kerupuk rambak bisa dijalankan dengan maksimal dengan mempersiapkan bahan baku. Bahan pembuatan kerupuk rambak diantaranya tepung tapioca, tepung terigu, garam, terasi, bawang putih, soda kue, kaldu bubuk sapi, dan berbagai bahan yang lain. Bahan baku pembutan kerupuk rambak bisa diperoleh dipasaran dengan harga yang terjangkau.

2. Peralatan usaha kerupuk rambak
Dalam membuat kerupuk rambak juga membutuhkan peralatan khusus agar prosesnya bisa berjalan dengan maksimal. Beberapa peralatnnya yang dibutuhkan diantaranya wajan, wadah, panci, pengaduk, loyang, peralatan penggoreng, kompor dan tabung gas, serbet, dan berbagai peralatan pendukung yang lain.

3. Lokasi usaha kerupuk rambak
Usaha kerupuk rambak bisa dipasarkan dimanapun tempatnya. Anda bisa menjual produk kerupuk rambak di stand yang ada di pasar tradisional. Atau di berbagai tempat yang strategis dan mudah dijangkau masyarakat.

4. Resiko usaha kerupuk rambak
Produk kerupuk rambak memang termasuk jajanan yang tahan lama. Sehingga resiko dalam usaha ini terletak pada tingkat persaingan antar penjual kerupuk rambak. Jadi, buat kerupuk rambak dengan enak sehingga bisa lebih besar diminati konsumen.

5. Pemasaran usaha kerupuk rambak
Agar kerupuk rambak yang dijalankan bisa berjalan dengan maksimal maka lakukan dengan memperhatikan berbagai hal. Lakukan promosi di berbagai tempat yang ramai. Buat cita rasa dari kerupuk rambak yang enak dan lebih khas. Buat kemasan produk kerupuk rambak semenarik mungkin sehingga bisa menarik banyak konsumen.

Cara Membuat Kerupuk Rambak Sapi

Bahan-bahan dan alat membuat kerupuk rambak :
- 1 kg kulit sapi
- Air kapur secukupnya
- Minyak goreng
- Oven Panjang
- Peralatan tajam
- Pisau yang Sangat Tajam
- Wajan Penggorengan
- Lahan untuk menjemur dan mengeringkan

Bumbu bumbu yang dihaluskan untuk membuat kerupuk rambak:
- 15 siung bawang putih
- 2 sendok makan gula pasir
- 3 sendok makan garam

Cara membuat atau mengolah dan menggoreng kerupuk rambak yaitu:
  1. Terlebih dahulu kulit sapi direndam ke dalam air kapur selama kurang lebih 2 hari. Lalu bersihkan bulu-bulunya kulit sapi menggunakan pisau.
  2. Jemur kulit sapi tersebut dibawah sinar matahari langsung sampai kering. Kemudian potong-potong kulit sapi yang sudah kering sesuai selera. Sisihkan.
  3. Rebus potongan kulit sapi bersama bumbu yang sudah dihaluskan hingga kulit matang. Angkat dan tiriskan. Kemudian jemur hingga benar-benar kering.
  4. Siapkan penggorengan untuk tahap pertama. Goreng kerupuk kulit sapi atau kerupuk rambak kering dalam minyak dengan suhu sedang dan menggunakan api kecil sampai kerupuk kulit sapi agak mekar. Angkat dan tiriskan.
  5. Siapkan penggorengan tahap kedua. Goreng kembali kerupuk kulit sapi tadi dalam minyak panas menggunakan api besar hingga kerupuk kulit sapi atau kerupuk rambak mekar. Angkat dan tiriskan. Biarkan dingin. Ini dia rahasia agar kerupuk kulit sapi kita terasa renyah di makan, caranya yaitu dengan melakukan proses penggorengan hingga 2 kali.
  6. Setelah kerupuk kulit sapi atau kerupuk rambak dingin masukkan dalam wadah yang tertutup rapat.
  7. Kerupuk kulit sapi atau kerupuk rambak siap disajikan.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya