Jumat, 14 September 2018

Seputar Emping Melinjo

Seputar Emping Melinjo - CAMILAN NUSANTARA

Sebelum kita membahas mengenai harga jual emping melindjo di Yogyakarta, Bantul Sleman dan sekitarnya. Ada baiknya kita membahas mengenai apa itu melinjo terlebih dahulu. Melinjo (Gnetum gnemon Linn.) atau dalam bahasa Sunda disebut Tangkil adalah suatu spesies tanaman berbiji terbuka (Gymnospermae) berbentuk pohon yang berasal dari Asia tropik, melanesia, dan Pasifik Barat. Melinjo dikenal pula dengan nama belinjo, mlinjo (bahasa Jawa), tangkil (bahasa Sunda) atau bago (bahasa Melayu dan bahasa Tagalog), Khalet (Bahasa Kamboja). Melinjo banyak ditanam di pekarangan sebagai peneduh atau pembatas pekarangan dan terutama dimanfaatkan buah dan daunnya. 

Khasiat Melinjo
Penelitian yang sudah dilakukan pada melinjo yang sering digunakan untuk membuat emping melinjo menujukkan bahwa melinjo menghasilkan senyawa antioksidan. Aktivitas antioksidan ini diperoleh dari konsentrasi protein tinggi, 9-10 persen dalam tiap biji melinjo. Protein utamanya berukuran 30 kilo Dalton yang amat efektif untuk menghabisi radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai macam penyakit. Di Jepang dilakukan penelitian dan dilaporkan bahwa melinjo termasuk tumbuhan purba yang secara evolusi dekat dengan tanaman Ginkgo biloba yang ada di Jepang. Ginkgo adalah spesies pohon hidup tertua yang telah tumbuh selama 150-200 juta tahun dan dipercaya sebagai tonik otak karena memperkuat daya ingat. Daun Ginkgo juga punya khasiat antioksidan kuat dan berperan penting dalam oksidasi radikal bebas penyebab penuaan dini dan pikun.

Sampai saat ini, doktor biokimia dari Osaka Prefecture University, Jepang telah mengisolasi dua jenis protein yang menunjukkan aktivitas antioksidan tinggi. Dari seluruh bagian tumbuhan melinjo yang pernah diekstraknya, mulai dari daun, kulit batang, akar, sampai biji, ditemukan protein paling potensial adalah dari biji. Riset menunjukkan aktivitas antioksidan dari kandungan fenolik ini setara dengan antioksidan sintetik BHT (Butylated Hydroxytolune).

Selain itu melinjo juga merupakan antimikroba alami. Itu artinya protein melinjo juga bisa dipakai sebagai pengawet alami makanan sekaligus obat baru untuk penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Peptida yang diisolasi dari biji melinjo diindikasikan punya potensi aktif menghambat beberapa jenis bakteri gram positif dan negatif.

Disamping makanan utama, untuk memanjakan lidah kita, pastinya kita mengkonsumsi makanan ringan atau bisa kita sebut dengan cemilan. Salah satu camilan yang terbuat dari melinjo adalah emping melinjo

Apa Itu Emping Melinjo 
Emping Melinjo, menurut asal bahasa terdiri dari suku kata, yakni kata emping dan kata Melinjo, emping adalah suatu jenis olahan makanan kecil/cemilan yang dibuat dengan cara ditumbuk hingga gepeng/pipih berbentuk bundar lalu di jemur di bawah terik matahari dan kemudian digoreng pakai minyak sayur. Sedangkan Melinjo adalah suatu buah atau biji dari tanaman melinjo. Di daerah lain melinjo disebut Tangkil. Jadi Emping Melinjo adalah suatu cemilan gorengan yang terbuat dari biji melinjo.

Melinjo mempunyai cita rasa essense rasa pahit, sedikit rasa pahit masih ada pada emping melinjo, namun hal ini membuat banyak orang suka dan ketagihan. Rasa gurih yang hadir dari emping melinjo menutupi rasa pahit tersebut. Gurih, lezat dikarenakan pemberian bumbu bawang dan garam yang pas serta pembuatan emping yang tipis membuat kontur emping empuk. Emping biasanya disertakan dalam penyajian bubur, gado-gado, ketoprak, dan lain sebagainya. Sebagai makanan ringan yang berdiri sendiri emping juga dijual dalam bentuk emping balado.

Pembuatan emping melinjo diawali dengan menyangrai melinjo, kemudian dikupas dan ditipiskan dengan sejenis palu dari batu. Makanan ini banyak dihasilkan oleh pengusaha kecil. Emping melinjo sebagian diekspor ke Timur Tengah dan Amerika Serikat.

Varian Rasa Emping Melinjo
Emping melinjo memiliki banyak varian rasa, diantaranya rasa gurih, pedas, manis, manis pedas dan balado. Setiap rasa emping meiliki ciri khas yang unik dan enak dilidah. Anda bisa memilih sesuai dengan kesukaan masing masing. 


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar