Resep Membuat Donat pong Yang Manis Dan Gurih

Resep Membuat Donat pong Yang Manis Dan Gurih - CAMILAN NUSANTARA


Donat Pong merupakan camilan tradisional Indonesia yang memiliki bulat seperti donat dan kopong dibagian dalamnya. Donat pong ini sebenarnya mirip dengan kue widaran manis. Jika kue widaran manis menggunakan satu telur utuh, sedangkan donat pong ini hanya memakai putih telur saja. Donat pong ini memiliki rasa yang enak, manis, dan gurih. 

Walaupun termasuk dalam kategori camilan jadul, namun sampai saat ini, camilan ini masih disukai oleh banyak orang, terutama di kalangan anak-anak. Donat pong ini juga biasa dijadikan kue penyambut tamu saat lebaran. Selain itu donat pong ini juga cocok dinikmati diwaktu santai bersama teman maupun keluarga. Donat pong ini juga mudah ditemukan di toko-toko camilan terdekat. Namun bagi anda yang ingin mencoba membuat donat pong ini sendiri, berikut kami sajikan resep membuat donat pong yang enak dan manis.

Resep Membuat Donat pong Yang Manis Dan Gurih

Bahan-bahan
  • 200 gr tepung ketan
  • 6 sdt Tepung tapioca 
  • 50 gr terigu
  • Putih telur 
  • 1/2 sdt garam
  • Pewarna makanan

Bahan pelapis:
  • 100 gr gula pasir
  • 50 ml air
  • 50 gr gula halus

Langkah-Langkah membuat donat pong :
  1. Kocok telur hingga kaku dan mengembang.
  2. Siapkan wadah yang akan digunakan, masukkan tepung ketan, tepung tapioca dan garam, aduk rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan kalis.
  3. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, beri pewarna makanan pada tiap adonan dengan warna yang berbeda-beda. kemudian uleni kembali sampai kalis.
  4. Ambil sedikit adonan, Bentuk adonan bundar kemudian buat lubang di tengahnya (menyerupai donat). Lalu langsung masukkan kedalam minyak dingin. Ulangi sampai adonan habis
  5. Nyalakan api sedang cenderung kecil, goreng sampai mengembang dan matang. Sambil diaduk biar tidak gosong. 
  6. Setelah matang angkat dan tiriskan, tunggu donat pong hingga dingin.
  7. Untuk pelapis: didihkan air dan gula pasir sampai berbuih/agak kental. Masukkan donat pong yg sudah di goreng, lalu aduk-aduk. Pastikan semua widaran terbalut gula. 
  8. Matikan jika sudah kering. Lalu tabur gula halus sambil diayak
  9. Donat pong siap disantap. Masukkan donat pong kedalam toples supaya bisa disantap dilain waktu.


Baca Juga :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya