Sabtu, 08 September 2018

Hal-Hal Yang Perlu Dihindari Dalam Membuat Kue Kering Tanpa Oven

Hal-Hal Yang Perlu Dihindari Dalam Membuat Kue Kering Tanpa Oven - CAMILAN NUSANTARA


Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue kering tanpa oven sebenarnya sama saja dengan kue lainnya. Anda mesti menyiapkan bahan utama berupa tepung, margarin, bahan pengembang, dan bahan tambahan lainnya. Jenis tepungnya pun variatif, yaitu tepung terigu, tepung beras, tepung ketan, dan tepung mokaf (modified cassava). Kue kering tanpa oven bisa mengembang sempurna bila komposisi bahannya tepat. Oleh sebab itu, Anda mesti menggunakan tepung, margarin, telur, dan bahan-bahan lainnya sesuai takaran yang sudah tercantum didalam resep.

Kalau untuk urusan aroma dan cita rasa gurih, Anda bisa mengandalkan margarin Blue Band Cake and Cookie. Sensasi rasa dan aroma khas margarin Blue Band Cake and Cookie pasti menyempurnakan aneka kue kreasi Anda. Resep kue kering tanpa oven sederhana juga dapat diberi bahan tambahan untuk memperkaya rasa. Anda tidak perlu ragu menggunakan bahan-bahan tambahan seperti buah kering, kacang-kacangan, dan chocolate chip, Untuk menambah cita rasa kue kering yang anda buat supaya semakin menggiurkan.

Cara Memasak Kue Kering Tanpa Oven

Pada dasarnya alat yang dibutuhkan untuk membuat kue tanpa oven tidak jauh berbeda dengan kue yang dimasak dengan oven. Anda dapat menggunakan panci bila ingin membuat resep kue kering tanpa oven. Panci yang dipanaskan dengan api kecil tidak akan membuat kue Anda mudah gosong. Bagian saringan panci tetap digunakan untuk meletakkan kue kering Anda. Namun Anda tak perlu memberikan air pada bagian bawahnya.

Oleskan margarine pada seluruh permukaan panci yang akan digunakan supaya anda tidak kesulitan mengangkat kue kering ketika sudah matang. Margarin akan membuat kue kering jadi tidak menempel ketika matang. Sehingga kue kering yang mudah diangkat tentu tidak akan hancur ketika disajikan.

Supaya kue kering Anda bisa mengembang sempurna, maka Anda mesti menutup panci dengan rapat. Jangan terlalu sering membuka tutup panci agar temperatur di dalamnya tetap stabil. Bila temperatur panci relatif stabil, kue kering tanpa oven pun akan matang sempurna. Tidak ada bagian yang matang lebih dahulu atau masih mentah saat kue disajikan.

Cara membuat kue kering tanpa oven sebenarnya sama saja dengan kue kering biasa. Namun Anda harus menghindari beberapa kesalahan berikut ini agar kue kering yang Anda buat semakin sempurna :

Menggunakan Gula Pasir Dalam Jumlah Banyak
Penggunaan gula pasir dalam jumlah banyak bisa membuat kue kering jadi mudah hangus. Jadi, Anda hanya perlu menggunakan gula pasir sesuai takaran pada resep. Kalau masih terasa kurang, Anda bisa memperoleh rasa manis dari penggunaan susu bubuk, cokelat, madu, atau buah-buahan kering.

Adonan Yang Kekurangan Putih Telur
Adonan kue kering yang kekurangan putih telur pasti jadi mudah hancur ketika sudah matang. Karena putih telur berfungsi sebagai perekat yang menyatukan berbagai bahan dasar kue kering. Oleh karena itu, usahakan untuk menakar putih telur dengan jumlah tepat. Supaya kue kering tanpa oven buatan anda tidak mudah hancur ketika matang dan kue memiliki rasa yang renyah ketika disantap.

Mengolah Adonan Kue Terlalu Lama
Jika Anda terlalu lama mengolah adonan kue, kemungkinan besar adonan kue jadi mengembang secara berlebihan. Hal ini bisa mengakibatkan kue melebar saat dipanggang. Bentuk kue pun jadi kurang menarik karena tidak sesuai dengan keinginan Anda.

Keliru Memilih Bahan Pengembang
Soda kue dan baking powder adalah jenis pengembang yang paling sering digunakan untuk kue kering. Jadi, jangan menggunakan bahan pengembang lain seperti SP atau ovalet karena karakteristiknya tidak cocok dengan kue kering. Siapkan soda kue atau baking powder sesuai takaran resep. Soda kue yang berlebihan bisa membuat kue kering jadi berwarna gelap. Sedangkan baking powder yang berlebihan dapat membuat tekstur kue terlalu kering dan bentuknya melebar.

Menggunakan Telur Dari Kulkas
Telur yang baru dikeluarkan dari kulkas harus dibiarkan terlebih dahulu pada suhu ruang. Sehingga telur tersebut dapat membuat tekstur kue kering menjadi renyah tetapi tetap lembut. Telur yang masih dingin tentu sulit mengembang ketika dicampur bersama adonan. Jadi, jika anda menggunakan telur dari kulkas biarkan telur selama kurang lebih 30 hingga 40 menit agar telur siap digunakan.

Lupa Memoles Permukaan Kue
Dalam membuat kue kering, Tampilannya harus menarik agar lebih menggugah selera. Biasanya, permukaan kue kering tanpa topping diolesi dengan egg wash (kuning telur, atau bisa juga dicampur dengan sedikit susu). Ulangi pengolesan sebanyak 2 hingga 3 kali agar permukaan kue kering benar-benar terlapisi dengan sempurna. Setelah matang nanti, warna kue kering pasti menjadi lebih kuning keemasan.

Kue Kering Langsung Disimpan Selagi Panas
Kue kering yang sudah matang bisa segera diangkat dari panci. Tetapi sebaiknya Anda tidak langsung menyimpan kue kering di dalam toples. Karena uap panas yang terdapat dalam kue kering bisa membuatnya menjadi lembab dan lekas berjamur. Anginkan terlebih dahulu kue kering yang baru matang selama kurang lebih 1 jam agar uap panasnya hilang. Setelah itu, Anda bisa segera menyimpan kue kering ke dalam toples.

Jenis Kue Kering Yang Bisa Dibuat Tanpa Oven
Pada dasarnya, hampir semua jenis kue kering bisa dibuat tanpa oven. Varian kue kering favorit seperti nastar, putri salju, kue semprit, dan kastengel tidak selalu membutuhkan oven dalam proses pembuatannya. Susun saja adonan kue kering pada panci yang akan Anda gunakan. Jangan lupa memberi jarak yang cukup agar kue kering yang mengembang tidak menempel satu sama lain. 
Sementara untuk jenis kue kering yang butuh loyang khusus seperti lidah kucing, sebaiknya Anda menggunakan oven untuk memudahkan proses pemanggangan. Adonan lidah kucing harus langsung dimasukan ke cetakan agar bentuk dan ukurannya merata.

Cara membuat kue kering tanpa oven sangat sederhana, praktis dan menarik untuk dapat dipraktikkan di rumah. Jadi, Anda jangan berkecil hati dulu bila belum memiliki oven. Karena hal tersebut tidak akan menghalangi kreativitas Anda saat membuat kue kering. Mulailah mencari banyak referensi resep kue kering dari sekarang. Sehingga Anda bisa berinovasi membuat aneka resep kue kering istimewa. Merayakan hari raya dengan sajian kue kering buatan sendiri tentu sangat menyenangkan. Selamat berkreasi!


Baca Juga :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar