Cara Memulai Bisnis Keripik Sukun Tanpa Memproduksi Sendiri

Cara Memulai Bisnis Keripik Sukun Tanpa Memproduksi Sendiri - CAMILAN NUSANTARA

Jika dulunya buah sukun hanya dimasak dengan cara direbus, digoreng, disangrai atau dibakar, sekarang ini buah sukun mulai diinovasikan para pelaku usaha menjadi beragam jenis produk makanan. Salah satunya adalah keripik sukun, 

Bagi Anda para pemula yang sedang bingung mencari inspirasi usaha. Tidak ada salahnya bila Anda mencoba mencetak keuntungan dari bisnis keripik sukun.

Konsumen
Tekstur buah sukun yang hampir mirip dengan roti, menjadikan aneka macam olahan buah sukun bisa diterima pasar dengan baik. Keripik sukun banyak diminati konsumen dari berbagai kalangan masyarakat. Mulai dari kalangan anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, bisa menikmati keripik sukun yang tak kalah lezat dengan produk camilan lainnya.

Info Bisnis
Pada saat menjalankan usaha keripik sukun ini harus mampu menghasilkan keripik dengan cita rasa enak sehingga keripik sukun akan disukai konsumen. Buah sukun yang sedikit tua sangat sesuai untuk dijadikan bahan baku keripik. Proses penggorengan juga ikut serta mempengaruhi kelezatan dari produk keripik sukun itu sendiri. Keripik sukun berkualitas akan banyak dilirik oleh konsumen, sehingga perhatikan bahan baku dan proses pengolahannya.

Bagi Anda para pemula yang ingin merintis bisnis keripik sukun, berikut ini kami informasikan beberapa poin penting yang perlu dipersiapkan dari sekarang.
  1. Ada dua alternatif yang bisa Anda pilih untuk memulai usaha untung besar dari keripik sukun. Yang pertama dengan cara kulakan dan yang kedua dengan cara memproduksi sendiri. Namun bila Anda tidak memiliki banyak waktu, Anda bisa mencari informasi mengenai beberapa tempat kulakan makanan ringan yang menawarkan keripik sukun dengan harga yang murah dan dengan kualitas bagus.
  2. Langkah kedua yang perlu Anda jalankan adalah melakukan survey pasar untuk mengetahui harga keripik sukun di pasaran. Setelah Anda mendapatkan informasi lengkap mengenai harga keripik sukun, Anda bisa menentukan harga keripik sukun yang akan anda jual. 
  3. Ketiga, jalin kerjasama dengan beberapa took di sekitar Anda yang cukup potensial untuk membantu memasarkan produk Anda. Beberapa tempat potensial yang bisa Anda ajak bekerjasama antara lain toko oleh-oleh, supermarket, kantin sekolah, koperasi mahasiswa, kafe, toko kelontong, dan lain sebagainya.
  4. Buatlah merek dan label produk untuk mempercantik tampilan produk keripik sukun anda. Dalam hal ini Anda bisa menentukan brand produk yang menjual dan menggunakan kemasan plastik sablon untuk meningkatkan nilai jual produk Anda.
  5. Siapkan peralatan dan perlengkapan seperti misalnya sealer, tas motor (untuk membawa produk), serta kendaraan operasional untuk memperlancar proses pendistribusian barang ke beberapa toko yang Anda titipi.


Kelebihan Bisnis
Menurut hasil penelitian, dalam setahun pohon sukun dapat menghasilkan buah hingga 200 buah per pohon. Masing-masing buah beratnya antara 400-1200 gram, namun ada pula varietas unggul yang buahnya bisa mencapai 5 kg/ buah. Melihat ketersediaan bahan baku sukun cukup melimpah di beberapa daerah tropis (termasuk Indonesia), tidaklah heran bila peluang bisnis camilan ini bisa dijalankan dengan mudah oleh para pelaku usaha dan mendatangkan keuntungan yang tak kalah besar setiap bulannya.
Selain itu, dengan menggandeng beberapa supplier keripik sukun, Anda tidak perlu repot-repot menghabiskan banyak waktu, biaya, serta tenaga untuk memproduksi camilan tersebut. Anda hanya membutuhkan modal usaha yang minim untuk menjalankan bisnis keripik sukun ini. Yang terpenting, Anda harus memiliki sales power (mental penjual yang kuat) untuk meyakinkan para pemilik toko dan warung makan, agar mereka bersedia Anda titipi produk camilan sukun.

Kekurangan Bisnis
Mengingat persaingan pasar di bisnis keripik sangat ketat, maka tidak ada salahnya bila Anda menciptakan sebuah keunikan untuk meningkatkan kualitas produk di mata para konsumen. Contohnya saja dengan memilih kemasan produk yang unik dan menarik, sehingga para konsumen yang melihat produk camilan Anda langsung terpikat untuk membelinya.
Selanjutnya, Anda juga bisa menambahkan varian rasa yang berbeda agar konsumen semakin penasaran dengan citarasa produk camilan sukun yang Anda pasarkan. Misalnya saja seperti menambahkan bumbu yang beragam untuk meningkatkan nilai jual keripik sukun, Dengan begitu, konsumen semakin penasaran dengan produk anda dan ingin membeli produk anda.

Strategi Pemasaran
Anda harus memiliki strategi pemasaran yang matang untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Salah satunya saja seperti menawarkan bagi hasil yang cukup besar bagi para reseller maupun mitra agen yang membantu pemasaran produk Anda.
Disamping pemasaran offline, Anda juga bisa memanfaatkan perkembangan teknologi seperti memasarkan produk kripik sukun anda melalui social media seperti facebook, instagram, dan lain sebagainya. Melalui internet Anda bisa mempromosikan produk di pasar nasional maupun internasional dengan cara yang relatif mudah dan biaya promosi yang lebih murah.

Kunci Sukses 
Lakukan usaha dengan sabar, tekun dan telaten. Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan yang Anda miliki, tentunya Anda harus menjaga kualitas rasa dan tampilan produk yang Anda pasarkan. Pilihlah produsen camilan sukun yang menawarkan aneka olahan sukun berkualitas dengan harga jual yang bersaing. Selalu berbarui kemasan agar menarik dan meningkatkan penjualan. Buatlah cita rasa yang khas dari keripik sukun agar mampu bersaing dengan para pengusaha keripik sukun lainnya.

Semoga informasi peluang bisnis olahan sukun yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menjadi salah satu inspirasi bisnis bagi para pemula yang sedang bingung mencari peluang usaha.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya