Selasa, 25 September 2018

Cara Membuat Kerupuk Kedelai Mentah

Cara Membuat Kerupuk Kedelai Mentah - CAMILAN NUSANTARA


Kacang kedelai merupakan jenis kacang yang banyak dijumpai aneka olahannya seperti tempe, tahu, susu kedelai, dan salah satunya adalah kerupuk kacang kedelai. Kerupuk kedelai memiliki kandungan baik yang berasal dari kacang kedelai nya sendiri. Dan rasa kerupuk kedelai juga tidak kalah dengan kerupuk-kerupuk lainnya, rasa kerupuk kedelai enak gurih, dan renyah, cocok dijadikan teman makan. Namun kerupuk kedelai ini belum banyak di jumpai di toko-toko ataupun warung-warung.
Tapi anda tidak perlu khawatir. Jika anda ingin merasakan bagaimana lezatnya kerupuk kedelai, anda bisa membuatnya sendiri dirumah dengan mengikuti resep membuat kerupuk kedelai dibawah ini :

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • 700 gr tepung tapioca/sagu
  • 350 gr tepung terigu
  • 100 gr tepung ketan
  • 150 gr kedelai kering
  • 100 gr bawang putih
  • 2-3 sdm biji ketumbar
  • 2 sdm garam 
  • 1 bungkus terasi
  • I sdm kaldu ayam (bisa menggunakan royco)
  • 1 sdt soda kue
  • 1.150 ml air
  • Minyak goreng secukupnya


Langkah Membuat Kerupuk Kedelai :

  1. Rendam kacang kedelai kering sampai mekar minimal 4 jam atau semalam. Lalu rebus atau kukus sampai empuk sekitar 30 menit. Lalu kupas kulit arinya dan belah jadi 2 (karena kalau ga terbelah, nanti saat matang digoreng akan lepas danjadi bolong2 kerupuknya.). Bisa dgn memasukkannya kedalam kain lap lalu ditekan2 sampai terbelah. Lalu buang kulit ari nya
  2. Siapkan wadah, lalu campur tepung ketan, tapioka dan terigu aduk sampai rata
  3. Haluskan/blender bawang putih dan ketumbar dengan air secukupnya. Lalu masukkan ke dalam campuran tepung. Aduk rata sambil masukkan sisa air sedikit demi sedikit. 
  4. Masukkan garam, kaldu bubuk dan soda kue, aduk rata lalu tambahkan pewarna makanan warna kuning biar warnanya lebih cantik. Tetapi ini sesuai selera, anda bisa menambahkan bisa tidak.
  5. Setelah adonan tercampur rata, lalu cetak ke dalam loyang, yg sudah diolesi minyak sebelumnya. Kira2 setengah Loyang saja, atau sekitar 2-3cm, karena jika terlalu tebal biasanya bagian tengahnya tidak matang sempurna.
  6. Lalu kukus adonan sampai matang sekitar 30 menit.
  7. Setelah matang lalu dinginkan terlebih dahulu, kemudian potong melintang jadi 4 bagian sambil di cek apakah bagian dalamnya sudah matang sempurna, tandanya kalau warna sudah sama rata antara bagian atas, tengah dan bawah, berarti sudah matang sempurna tapi kalau bagian tengahnya warnanya beda, berarti belum matang sempurna dan lebih baik dikukus lagi, karena nanti saat digoreng akan keras bagian tengahnya.  
  8. Iris adonan tipis-tipis lalu jemur dibawah sinar matahari sampai kering. 
  9. Setelah kering angkat dan masukkan kerupuk kedelai mentah ke dalam wadah kedap udara atau plastik lalu tutup rapat biar mekar sempurna ketika digoreng.
  10. Ambil secukupnya kerupuk mentahnya, lalu goreng dgn minyak panas dan api kecil (kecilkan api sesudah minyaknya panas, baru masukkan kerupuk mentahnya) sampai melar dan matang. 
  11. Kerupuk Kedelai siap disajikan.


Satu resep ini jadi sekitar 1,5 kg kerupuk kedelai mentah kering. Jika dikemudian hari ingin megggoreng lagi, sebaiknya jemur kerupuk mentah terlebih dahulu supaya mekar ketika di goreng. Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat.


Baca Juga :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar