Jumat, 17 Agustus 2018

Tips Memilih Ikan Salmon Untuk Membuat Kerupuk

Tips Memilih Ikan Salmon Untuk Membuat Kerupuk - CAMILAN NUSANTARA 



Tips Memilih Ikan Salmon Segar

Ikan Salmon adalah salah satu ikan yang bisa menjadi bahan makanan yang sehat dan memiliki segudang manfaat bagi penikmatnya. Selain rasanya yang sedap, kandungan di dalamnya juga bermanfaat untuk tubuh Anda. Salmon sendiri memiliki kandungan protein yang tinggi dibanding ikan lainnya. Mineral dan vitamin dalam ikan salmon juga tergolong lengkap. Dalam salmon, terdapat mineral penting seperti kalium, selenium, dan vitamin B-12. Kandungan lain yang dianggap paling berguna dalam ikan salmon adalah asam lemak omega-3. Zat terakhir adalah asam lemak esensial alami dalam salmon, yaitu dalam bentuk asam eikosapentatonik (EPA) dan asam dokosaheksanoik (DHA) .

Jika Anda memilih salmon yang kurang baik, maka rasa, kandungan dan teksturnya akan berbeda dan hilang. Oleh karena itiu, disini kita akan membahas cara memilih salmon yang baik. Simak cara memilih ikan salmon berikut ini.

1. Warna dan tekstur
Anda pasti tahu bahwa daging ikan salmon memiliki warna orange, berbeda dengan ikan lain yang umumnya berwarna putih. Ketika membeli ikan salmon, terutama fillet, pilihlah ikan yang punya warna orange cerah dan merata. Ikan salmon yang sudah tidak segar cenderung memiliki warna yang tak merata, karena bagian atas dagingnya akan berwarna lebih gelap. Selain itu, pilihlah ikan salmon yang memiliki tekstur lunak namun tak mudah hancur.

2. Tidak Amis
Satu hal yang paling membedakan ikan salmon dengan ikan yang lainnya adalah aromanya yang berbeda. Ikan salmon ini memiliki bau yang segar dan tak begitu amis. Jika beli salmon di pasar dan mendapatkan ikan dengan aroma tak sedap dan sangat amis, maka bisa dipastikan salmon sudah tak segar dan kualitasnya sudah menurun.

3. Tidak Berair
Jika Anda membeli ikan salmon fillet dalam kemasan, pilihlah potongan ikan salmon fillet yang segar tak mengandung air. Jika Anda lihat di sudut kemasan terdapat tetesan air, maka bisa disimpulkan bahwa kualitas ikan sudah menurun dan sudah terkontaminasi udara luar.

4. Perhatikan insang dan kulit salmon
Insang yang dimiliki oleh ikan salmon segar ditunjukkan dengan warnanya yang merah segar. Jika insang berwarna pucat maka berarti salmon sudah tak segar lagi. Selain itu, ikan salmon segar juga memiliki kulit dengan sisik berkilau dan lembab.

5. Pilih ikan salmon yang bersih
Pilihlah Ikan Salmon yang bersih meskipun kotoran bisa dibersihkan, kotoran tersebut bisa mengandung bakteri yang akan mengontaminasi daging ikan salmon.

Cara membuat kerupuk kulit ikan salmon
Bahan-bahan yang diperlukan :
  • 150-175 gr kulit ikan salmon
  • 140 gr tepung terigu
  • 1 sdt garam 
  • 1/2 sdt merica bubuk 
  • Secukupnya minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat :
  1. Pertama-tama Bersihkan kulit ikan salmon.
  2. Diwadah terpisah siapkan campuran bahan kering. Masukkan bergantian kulit, bubuhi rata kulitnya.
  3. Sambil membumbui kulit dengan campuran bahan kering siapkan panaskan minyak di wajan, jumlah minyak yang cukup banyak.
  4. Goreng lembar per lembar, barengan tapi jagan sampai nempel satu sama lain.
  5. Goreng sampai matang/kecoklatan. Dan siap disajikan. selamat mencoba


Baca Juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar