Jumat, 24 Agustus 2018

Resep Membuat Keripik Pare Goreng Pedas Enak

Resep Membuat Keripik Pare Goreng Pedas Enak – CAMILAN NUSANTARA


Mengingat buah Pare rasanya teramat pahit jika dikonsumsi, nama keripik Pare rasanya cukup aneh bahkan mungkin masih asing di telinga masyrakat yang belum terbiasa dengan cemilan kuliner. Bagaimana tidak, selama ini yang kita tahu hanya Keripik singkong, keripik bawang, keripik pisang, keripik bayam, keripik kentang, hal ini sudah biasa dan terlalu mainstream. Nah sekarang muncul keripik atau kerupuk anti mainstream yaitu keripik pare atau buah paria yang rasanya pahit tapi ada tips cara menghilangkan rasa pahit pada pare. Minimal rasa pahit nya agak berkurang. Setelah dijadikan keripik krispi atau kerupuk crispy garing dengan rasa gurih pedas cocok untuk camilan waktu nonton tv. Bagi yang tidak suka makan pare boleh coba keripik pare ini karena sama sekali tidak pahit, sekarang sudah tersedia berbagai macam aneka rasa, seperti rasa keju, original, dan pedas.

Buah Pare atau Paria memang berasa pahit, namun ternyata pare memiliki manfaat bagi kesehatan yang tidak sedikit. Sayur ini memiliki berbagai macam kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin C, kalsium, kalium, seng, zat besi, tembaga dan fosfor.

Pare atau buah Paria memiliki nama latin Momordica charantia L. berasal dari negara India Barat dan Burma. Buah pare ini ternyata bisa dijadikan bahan camilan keripik yang enak karena diproses khusus untuk mengurangi kadar kepahitannya. Digoreng dengan minyak sawit bermutu dengan tepung, garam, bumbu penyedap, bawang putih dan ketumbar sehingga menghasilkan keripik yang enak untuk Anda nikmati bersama keluarga. Berikut kami sajikan Resep Membuat Keripik Pare Goreng Pedas Enak.

Bahan-bahan yang diperlukan :
  • 3 buah Pare segar ukuran besar (buang isi tengahnya lalu dicuci bersih)
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya

Bahan untuk pencelup :
  • 150 gram tepung beras
  • 50 gram tepung terigu
  • 25 gram tepung maizena
  • 1 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 1 sendok teh cabai bubuk
  • 150 ml air bersih

Langkah-langkah membuat keripik pare :
  1. Pertama kita buat bahan pencelup terlebih dulu dengan mencampurkan semua bahan pencelup diatas lalu diaduk hingga tercampur rata.
  2. Potong buah Pare yang sudah dibuang bagian tengahnya dengan ukuran 1x1x5 cm (atau menurut selera) kemudian tambahkan garam lalu didiamkan kurang lebih 30 menit.
  3. Berikutnya cuci potongan pare menggunakan air mengalir lalu tiriskan.
  4. Setelah tidak mengandung air, celupkan potongan Pare dalam bahan pencelup lalu goreng hingga matang (biasanya ditandai dengan warna pare yang berubah kecoklatan) 
  5. Setelah matang angkat dan tiriskan keripik pare.
  6. Keripik Pare pedas siap dinikmati.



Baca Juga :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar