Mengetahui Peluang Usaha Kacang Beras Di Indonesia

Mengetahui Peluang Usaha Kacang Beras Di Indonesia – CAMILAN NUSANTARA


Tidak heran apabila Indonesia dijuluki sebagai negara agraris yang populasi masyarakat indonesia memang banyak yang bermata pencaharian sebagai petani, sebut saja kacang, nusantara membunyai banyak ragam tanaman kacang kacangan, salah satunya yang akan kita bahas kali ini adalah kacang beras. Kacang beras (Vigna umbellata) adalah komoditas kacang-kacangan yang belum di manfaatkan cukup banyak di Indonesia. Kacang beras berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara. Dibudidayakan secara besar-besaran di Cina, Korea, Jepang, Myanmar, Indonesia, Malaysia, Fiji, Filipina, dan Mauritius, dan dalam batas-batas tertentu juga di daerah-daerah tropik di semua benua. Kacang ini mempunyai ciri khas yaitu bentuknya mungil. Rasanya gurih padat dan juga ada sedikit tekstur kenyal. Sering diolah jadi camilan dan campuran aneka sayuran tradisional. Karena mudah ditanam dan dibudidayakan, kacang ini bisa jadi sumber protein nabati yang enak dan juga murah.

Kacang beras memiliki ketahanan terhadap genangan dan kekeringan, serta tahan akan penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter tiap nomor kacang beras yang berasal dari beberapa tempat. karakter yang di amati adalah bentuk daun, tinggi tanaman, warna hipokotil, waktu awal berbunga, panjang daun, lebar daun, dan indeks klorofil daun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa warna hipokotil tanaman kacang beras adalah hijau, merah, dan mix (merah dan hijau), tinggi tanaman kacang beras paling bagus terdapat pada kacang beras nomor 1 yang berasal dari Jawa Timur. Bentuk daun kacang beras ada yang palmatipartite dan ovate.

Jenis kacang ini bentuknya mungil, sekitar 2 kali besar biji kacang hijau ini warnanya identik kecokelatan. Di berbagai daerah kacang jenis ini dikenal dengan nama kacang tolo, kacang beras, kacang dadap, atau black eyed peas. Tidak hanya di Indonesia, di India dan beberapa negara Asia juga mengenal jenis kacang terkenal gurih ini. Di dalam resep sajian tradisional, kacang ini biasa diolah menjadi campuran menu makanan brongkos, rendang, gulai atau dibuat penganan. Misalnya saja ketan yang dicampur dengan kacang tolo, dicampur dengan singkong parut atau tempe yang dihaluskan atau dikupas dan digoreng kering menjadi camilan renyah gurih.

Kacang tunggak berasal dari kelas dikotil atau berkeping dua. Kacang ini termasuk dalam tumbuhan yang sangat mudah berkembang biak. Tumbuhan ini tahan terhadap kekeringan ataupun dengan kondisi tanah yang bisa dibilang sudah kering. Karena sifatnya yang mudah ditanam, kacang ini cocok juga untuk ditanam di pekarangan rumah anda. Halaman menjadi lebih hijau, sekaligus sebagai cadangan bahan pangan. Kacang ini banyak ditanam di pedesaan sebagai sumber bahan pangan lokal yang harganya murah.

Kacang tunggal termasuk jenis polong-polongan karena itu mengandung sejumlah nutrisi yang sering dibutuhkan oleh tubuh. Di samping mengandung protein dan karbohidrat yang cukup tinggi, juga mengandung zat besi, tembaga, dan magnesium. Kacang ini juga direkomendasikan dikosumsi oleh ibu hamil karena mengandung asam folat dan fosfor. Biasanya kacang ini dijual dan dikemas dalam keadaan kering. Sebelum diolah, rendam dahulu dalam air dingin selama 2-3 jam hingga terlihat mengembang. Angkat kacang yang kering dan kotorannya. Tiriskan lalu rebus dalam air mendidih hingga lunak. Kacangpun siap diolah jadi campuran sayur atau camilan.

Potensi pasar Kacang Beras ini juga memang banyak yang memulainya, namun kesempatan untuk memulai bisnis ini masih juga terbuka lebar. Kunci nya adalah di rasa dan juga kemasan, jika Anda bisa memberikan sentuhan yang berbeda dari yang sudah ada maka bukan mustahil tentunya Anda bisa bersaing dengan yang sudah lama berkecimpung dalam usaha ini nya. Untuk pemasaran nya Anda bisa memakai berbagai macam cara, mulai dari menyewa sales keliling, sistem konsinyasi, atau jual secara grosiran. Dan sasaran pemasaran yang dapat di jangkau adalah seperti : warung, agen, pedagang keliling, toko kelontong, dan kantin – kantin sekolah. Bahkan bisa juga di tawarkan ke Minimarket, Supermarket dan juga toko pusat oleh-oleh.

Dari segi keuntungan bisnis Kacang Beras termasuk pada bisnis yang sangat berpeluang untuk menghantarkan anda menuju kesuksesan. Apalagi jika anda berani mengembangkan bisnis sesudah bisnis ini berjalan. Maka keuntungan yang anda dapatkan akan berkali-kali lipat dibanding modal yang anda keluarkan.

Setelah semua itu dijalankan atau sudah ada bayang bayang akan seperti apa anda memulai usaha maka secara lambat laun anda akan punya banyak pelanggan, anda juga harus bisa menjaga pelanggan Anda agar terus membeli Stik Durian Anda dan tidak membeli di produsen lain. Maka dari itu, Anda harus menjaga kualitas Kacang Beras Anda agar tidak menurun cita rasanya. Anda juga harus ramah dalam menghadapi pelanggan - pelanggan maupun calon pelanggan Anda.



Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya