Sejarah Kastengel Menjadi Kue Yang Identik Dengan Lebaran

Sejarah Kastengel Menjadi Kue Yang Identik Dengan Lebaran – CAMILAN NUSANTARA


Dalam budayanya Idul Fitri sering disebut juga "Lebaran". Ketika Lebaran kita banyak menjumpai aneka makanan; di Jawa Timur menu yang populer adalah tentunya ketupat, lalu opor ayam, biasanya juga ada lontong yang entah dibumbui apa tapi warnanya biasanya cokelat. Selain makanan berat, lebaran jug identik dengan camilan dan kue-kue khas indonesia seperti semprong, rengginang, biscuit, dan lain sebainya. Namun saat ini varian kue semakin banyak dan yang paling banyak disukai adalah kue nastar dan kastengel. Kue kastengel sendiri sebenarnya bukan makanan khas indonesia lohh!! Lalu bagaimana kue tersebut bisa menjadi kue yang sering tersaji di meja tamu ketika hari lebaran? Berikut sejarahnya..

Kastengel berasal dari bahasa Belanda "kaas/keju" dan "stengel/batang" yang tentu saja artinya adalah batang keju. Di negara aslinya kue kastengel memiliki bentuk yang lebih panjang. Bahan yang dipakai antara lain keju gouda (keju yang kulitnya merah), cheddar dan edam dan juga puff pastry. 

Di Belanda, kue kastengel memiliki bentuk yang lebih panjang sekitar 30 sentimeter. Namun di Indonesia tidak ada oven yang besar, maka bentuk kastengel diubah menjadi lebih kecil. Mulanya kastengel disajikan sebagai pelengkap sup dan salad di acara-acara makan malam, namun perlahan kue ini dimakan begitu saja seperti yang dijumpai saat ini. Orang Indonesia juga mengenal resep kue ini dari nyonya-nyonya Belanda di masa kolonial penjajahan Hindia Belanda.

Selain kastengel, ada pula cheese stickatau stik keju yang menjadi kegemaran masyarakat Indonesia. Kue kering yang bila diterjemahkan menjadi stik keju ini diciptakan pada 1393 di Eropa pada abad pertengahan, sedangkan di inggris kue ini lebih dikenal dengan nama pipefarces.

Di Indonesia, stik keju biasanya disajikan dengan saus sambal sebagai pelengkap, atau juga bisa disajikan sebagai pelengkap pada makanan. Karena rasanya yang gurih, stik keju sangat cocok disantap dengan menu utama lainnya, seperti bubur ayam, nasi goreng, hingga steak.

Cara pembuatannya yang mudah dan hanya menggunakan sedikit bahan baku, membuat kue kering ini dikategorikan sebagai makanan ringan. Kini, baik stik keju maupun kastengel telah menjadi pilihan masyarakat Indonesia sebagai penganan di Hari Raya Idul Fitri.


Baca Juga :




Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya