Macam-Macam Peralatan Dapur Yang Digunakan Untuk Membuat Kue Kering

Macam-Macam Peralatan Dapur Yang Digunakan Untuk Membuat Kue Kering - CAMILAN NUSANTARA


Nastar, putri salju, sagu keju, dan kue keju adalah beberapa jenis kue kering yang biasanya ada di rumah-rumah saat lebaran. Menjelang lebaran, kue kering dengan aneka rasa cukup mudah ditemukan di berbagai toko, supermarket, pasar, sampai usaha rumahan.

Selain rasa, harga kue di pasaran pun cukup variatif, tinggal disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Namun, bila ingin membuatnya sendiri, Anda bisa mencontoh resep-resep kue kering yang beredar di internet atau buku resep masakan. Pastikan Anda memiliki peralatan wajib berikut ini untuk membuat kue kering di rumah.

Oven
Untuk membuat kue kering, tentunya alat pertama yang wajib punya adalah oven. Jenis oven bisa dipilih sesuai kebutuhan masing-masing, ada oven yang ditaruh di atas kompor, oven gas, sampai oven listrik.
Bagi yang menggunakan oven listrik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, memanaskan oven terlebih dahulu sebelum memanggang kue, panggang di bagian tengah agar matang sempurna, taruh kue kering di atas nampan logam berwarna gelap, dan jangan membuka tutup oven terlalu sering.

Mixer
Untuk mengaduk adonan kue, Anda juga butuh mixer. Mixer jenis handheld ini ringan, cocok untuk membuat kue kering, dan mudah digunakan. Anda tinggal menggerakan mixer untuk meratakan adonan dalam wadah. Untuk mengaduk adonan kue kering agar lebih cepat Anda bisa menggunakan stand mixer yang biasa digunakan di toko-toko roti.

Alat ukur
Dari mulai timbangan, sendok takar, sampai gelas ukur wajib punya untuk membuat kue kering. Sambil membaca resep, tentunya Anda butuh ukuran bahan-bahan yang pas agar hasilnya sesuai yang diinginkan. Gunakan timbangan dan sendok untuk telur, tepung, dan bahan kering lainnya. Lalu, pilih gelas untuk mengukur susu, air, atau bahan yang cair. Jangan lupa untuk memastikan timbangan dimulai dari angka 0 dan gelas ukur ditaruh di tempat yang datar agar ukurannya tepat.

Loyang
Untuk memanggang kue kering, Anda butuh loyang. Di pasaran, ada beberapa jenis loyang yang dibedakan berdasarkan bahannya. Ada loyang alumunium, logam, dan silikon. Beda loyang juga beda kelebihannya dalam panggang memanggang. Loyang aluminium dapat menghantarkan panas yang lebih baik untuk kue kering. Penggunaan loyang ini dapat mencegah panas berlebih yang membuat kue jadi gosong. Agar tak lengket, oleskan mentega sebelum dipakai.
Berbeda dengan loyang alumunium berwarna perak, loyang logam berwarna hitam berupa lempengan besi atau baja tanpa sisi. Loyang logam lebih mudah menyerap panas dan anti lengket, sehingga harganya lebih mahal daripada alumunium. Jenis loyang lainnya adalah silikon yang biasanya berwarna-warni. Loyang ini lebih cepat panas, panasnya merata, kue lebih mudah dilepas dari loyang, tidak berkarat, dan mudah dibersihkan.

Wadah dan spatula
Selain alat-alat di atas, jangan lupa siapkan wadah dan spatula untuk tempat adonan, tempat bahan-bahan dan isian atau hiasan kue kering. Anda wajib punya wadah berbahan stainless steel, keramik, atau plastik yang bisa digunakan sesuai bahan kue kering.



Baca Juga :



Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya