Camilan Yang Namanya Berasal Dari Nama Binatang

Camilan Yang Namanya Berasal Dari Nama Binatang – CAMILAN NUSANTARA


Indonesia mempunyai banyak makanan atau cemilan tradisional. Beragam rasa dan nama mudah ditemui di setiap daerah. Hal tersebut juga salah satu yang membuat negara ini dikenal oleh berbagai penjuru.
Namun dari sekian banyak cemilan yang tradisional, ada sebagian yang punya nama unik. Nama-nama cemilan ini diambil dari nama binatang. Mungkin bagi Anda yang gemar makan cemilan, nama ini tidak asing lagi. Apa saja Camilan yang berasal dari nama binatang? Berikut ulasannya.

1. Kuping gajah
Kue kuping gajah mempunyai bentuk yang unik serta rasa yang manis, enak dan renyah. Bukan cuma namanya, bentuknya juga unik seperti kuping gajah, tipis dan bermotif.
Selain bentuknya yang istimewa itu, kue kuping gajah ini memiliki aneka rasa, mulai dari rasa coklat, vanila hingga rasa mocca. Kue kuping gajah ini dapat ditemui di pasar-pasar tradisional dan juga swalayan.

2. Lidah kucing
Kue lidah kucing memiliki rasa yang enak, gurih dan renyah. Kue ini berasal dari Belanda. Lidah kucing masuk ke Indonesia dari belanda seiring dengan kolonialisasi Belanda. Dalam bahasa Belanda, kue ini dinamakan 'Katte Tong'.
Kue kering ini menjadi sajian khas di musim perayaan hari raya seperti Idul Fitri, Natal dan tahun baru Imlek.

3. Telur gajah
Telur gajah merupakan oleh-oleh khas Purwokerto. Nama lain dari telur gajah adalah nopia. Disebut telur gajah karena bentuknya bulat dan besar.
Makanan ini merupakan gula jawa yang dibungkus dengan terigu, dan dimatangkan dengan cara dioven secara tradisional, yaitu oven yang terbuat dari tanah liat.

4. Kuku macan
Kuku macan ialah makanan khas berasal dari Balikpapan, Kalimantan Timur. Cemilan ini memiliki bentuk yang melengkung sehingga terlihat mirip dengan kuku macan. makanan tersebut terbuat dari ikan pipih dan ikan belinda yang kerap dijadikan sebagai hidangan sampingan ketika makan nasi karena rasanya yang sangat gurih.

5. Telur cicak

Telur cicak merupakan jajanan lama yang sudah jarang ditemui. Jajanan ini berupa permen berbentuk bulat kecil dan berwarna-warni. Terkadang, permen ini diisi dengan kacang tanah atau kacang kedelai.


Baca Juga :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya