10 Hal Yang Identik Dengan Hari Raya Lebaran

10 Hal Yang Identik Dengan Hari Raya Lebaran – CAMILAN NUSANTARA


Tidak terasa hari lebaran sebentar lagi akan tiba. Apakah kamu sudah bersiap menyambut lebaran tahun ini? Apa saja sih yang kamu siapkan untuk menyambut hari kemenangan ini? Hari lebaran merupakan hari dimana kita kembali ke fitri, kembali ke hal yang baik-baik. Diharapkan setelah selesai bulan ramadhan dan memasuki lebaran kita bisa menjadi pribadi yang baik dari sebelumnya. Layaknya seperti hari raya pada umumnya, hari lebaran pun juga memiliki ciri khas atau serba-serbi yang melekat. Apa saja sih Hal-Hal yang identik dengan hari raya lebaran? Berikut ulasannya.

1. Mudik
Yang artinya “ Mulih Disik “ atau dalam bahasa indonesianya berarti “ pulang dulu “. Ini merupakan kegiatan tahunan bagi seorang perantau untuk pulang ke kampung halamannya untuk merayakan hari lebaran serta melepas rindu bersama keluarga tercinta. Dan juga memanfaatkan libur lebaran untuk beristrirahat dari kegiatan / pekerjaan yang berat di perantauan. Biasanya moment mudik ini tidak hanya untuk masyrakat muslim saja, non muslim pun ikut serta meramaikan moment lebaran.

2. Midnight Sale 
Mal-mal besar di Indonesia sering mengadakan diskon terhadap produk-produknya, namun tiap mal memiliki jadwal sendiri mengadakan potongan harga ini. Biasanya hanya saat menjelang Lebaran, pusat perbelanjaan ramai menggelar diskon. Mereka menamakannya dengan nama midnight sale. Diskon yang ditawarkan dari mulai 10% - 75%. Nah, baiknya untuk kamu yang tengah berburu baju-baju Lebaran, sabar sedikit ya, bisa jadi pakaian incaran kamu nanti dibanderol murah.

3. THR & Bagi-bagi Rejeki
Hal yang menyenangkan bagi para pekerja / karyawan . Karena Tunjangan Hari Raya ( THR) merupakan moment yang dinanti sebelum mereka pulang kampung . Berkah THR / uang lebih ini juga dirasakan oleh anak-anak kecil, karena tradisi lebaran sama dengan bagi-bagi rejeki yaitu memberikan sedikit uangnya kepada yang membutuhkan / kepada saudara-saudara yang puasanya full satu bulan.

4. Bagi-Bagi Parcel
Sebelum lebaran, berbagai instansi memberikan parcel pada karyawannya. Moment bagi-bagi parcel ini turut serta memeriahkan moment menjelang lebaran loh. Parcel sendiri bisa berisi kue kering, sirup, pernak-pernik ( guci, gelas dll ) , cookies dan banyak lagi yang lainnya.

5. Takbiran
Malam sebelum memasuki hari raya idul fitri, biasanya tiap kampung mengadakan takbiran bersama. Biasanya yang ikut adalah anak-anak dan diadakan lomba takbiran antara satu kampung dengan lainnya. Bentuk takbirannya pun beraneka ragam, seperti dengan drum band, lampion unik, memakai obor, dan lain sebagainya. Anak-anak yang melafalkan takbir ini suaranya keras-keras dan mereka sangat bersemangat. Membuat kita sebagai orang dewasa seru juga nonton anak-anak yang lagi takbiran.

6. Momen Maaf-Maafan Dan Silaturahmi
Namanya hari raya idul fitri tentunya kita kembali ke fitri, kembali ke hal yang baik-baik. Maka tak heran apabila saat lebaran mome maaf-maafan dan silaturahmi itu sangat melekat. Mulai dari maaf-maafan dengan orang tua, teman, saudara, tetangga, dan lainnya. Momen silaturahmi pun juga tak boleh dilewatkan. Biasanya orang-orang pada datang ke rumah tetangga terdekat untuk bersilaturahmi dan meminta maaf jika ada kesalahan. Rasanya adem banget kalau hari lebaran itu, semuanya saling memaafkan dan kembali ke nol-nol.

7. Petasan
Tradisi menyalakan petasan pada hari lebaran dinilai berbahaya, sebab secara resmi penggunaan petasan telah dilarang oleh pemerintah. Namun, petasan di Hari Lebaran telah menjadi sebuah tradisi yang sulit dihilangkan, petasan menjadi warna tersendiri di hari Lebaran.
Sebagai pengganti petasan, masyarakat mengunakan kembang api untuk menambah semaraknya pesta kemenangan umat Islam. Hal ini karena kembang api tidak menimbulkan ledakan layaknya petasan yang dapat membahayakan. Akan tetapi, harus hati-hati Anda juga dalam bermain kembang api.

8. Kue Lebaran
Yang satu ini tidak bisa dilewatkan yaitu kue kering lebaran. Lebaran identik dengan silahturohim/ berkunjung kerumah saudara untuk saling bermaaf-maafan. Nah, suguhan untuk menjamu tamu ini selalu tertata rapih di meja ruang tamu loh. Mulai dari kue nastar, kastengel, kue putri salju, cookies, permen dan banyak lagi kue jadul maupun modern lainnya.

9. Baju Baru
Hari Raya Idul Fitri yang berati kembali suci . Menjadi kebiasaan banyak orang menjelang lebaran selalu membeli baju baru untuk dikenakan saat di hari yang fitri. Pilihan yang paling banyak peminatnya untuk sholat Eid yaitu baju koko, gamis . Selepas sholat Eid kebanyakan orang lebih memilih mengenakan kaos nyaman untuk berkunjung kerumah saudara. Kaos memang menjadi pilihan yang tepat, apalagi sekarang ini model kaos pun beragam dengan pilihan berbagai desain dan harga kaos murah yang bisa didapat pada pusat perbelanjaan terdekat.

10. Makan Ketupat & Opor Ayam
Tidak ketinggalan opor ayam dan ketupat selalu ada di meja makan. Tetapi tidak hanya opor ayam, biasanya tergantung makanan khas di daerah masing-masing. Kalau mimin dimoment lebaran selalu makan opor ayam dan lontong kikil.



Baca Juga :




Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya