7 Kuliner Lezat Khas Kota Medan Ini Cocok Jadi Oleh-Oleh Untuk Keluarga Dirumah

7 Kuliner Khas Kota Medan Enak Yang Wajib Anda Bawa Pulang – Camilan Nusantara


Medan merupakan kota metropolitan terbesar ketiga di Indonesia yang memiliki sejarah dan budaya yang beragam. Ibu kota Sumatera Utara ini juga merupakan kota terbesar yang berada di luar Pulau Jawa. Memiliki luas 265,1 kilometer persegi, letak Medan yang berada dekat dengan Selat Malaka menjadikannya sebagai kota perdagangan, bisnis, dan industri yang sangat penting di Indonesia.

Selain itu kota yang dihuni mayoritas suku batak tersebut juga memiliki destinasi wisata yang menarik seperti Istana Maimun, Berastagi, Air Terjun Sipiso-piso, dan berbagai keindahan lainnya. Tak kalah dari daerah indonesia lainnya, Medan juga memiliki kuliner khas yang mempunyai cita rasa unik dan juga nikmat. Jika anda sedang berkunjung ke kota Medan sebaiknya anda mencoba aneka kuliner lezat yang ada disana, pasti anda akan ketagihan. Apa saja nama makanan lezat khas medan tersebut? Simak dibawah ini ya.

1. Bika Ambon 
Makanan khas Medan ini mempunyai bentuk kotak dan berwarna kuning, dan terdapat lubang-lubang dan serat di kue nya. Walau namany nama Ambon yang diberikan kepada makanan ini, bukanlah karena tempat asal pembuatan nya berasal dari kota Ambon, tetapi nama Ambon diberikan dari sebuah nama jalan di Medan, yaitu Simpang Jl. Ambon-Sei Kera Medan, dari itulah asal makanan ini ada. Di medan anda bisa menemukan bika ambon ini dengan mudah, seperti di toko kue yang ada di pinggir jalan.

2. Bolu Meranti
Makanan khas Medan yang selanjutnya bolu meranti. Memang, jika dilihat sekilas, kue ini mempunyai tampilan seperti kue bolu pada umumnya, dan tidak ada yang spesial pada kue ini. Tetapi semua pendapat itu akan hilang, jika Anda mencoba kue ini. Bolu meranti ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan empuk. Didalam bolu ini juga ada isian aneka rasa, seperti keju, nanas, moka, coklat, blueberry, strawberry, dan ada juga rasa abon. Hal ini la hang membuat bolu meranti berbeda dari kue bolu pada umumnya.
Minus dari bolu meranti ini adalah kue ini hanya bisa bertahan selama 3 hari di suhu ruang, dan 7 hari jika dimasukkan kedalam lemari es. Hal ini karena bolu meranti ini tidak mengandung bahan pengawet. Meskipun begitu bolu meranti ini sangat aman untuk di konsumsi.

3. Medan Napoleon
Sama seperti bolu meranti, medan napoleon juga sejenis bolu yang terdiri dari 4 lapisan, yaitu 3 lapisan pastry yang di setiap selahnya diberikan selay, dan lapisan terakhir dibalut dengan bolu. Makanan ini juga tidak lupa diberi topping dan menghiasi seluruh bagian atas kue ini, sehingga kue ini tampak lebih menarik. Soal rasa, medan napoleon memberikan Anda berbagai macam varian rasa, seperti durian, green tea, keju dan yang paling spesial adalah red velvet, di mana harganya lebih mahal dari rasa yang lain. 

4. Pancake Durian
Seperti namanya, makanan khas Medan yang satu ini terbuat menggunakan bahan dasar durian. Durian yang digunakan dalam makanan ini pun, harus menggunakan durian dengan kualitas terbaik, jadi jangan heran jika rasa yang diberikan begitu spesial. Kulit pancake yang tipis, membuat durian akan langsung lumer di dalam mulut ketika Anda mengigit nya. Tidak lupa juga dengan adanya daging durian yang banyak, sehingga rasa yang diberikan semakin lezat dan membuat ketagihan.

Tetapi disayangkan makanan ini tidak bisa bertahan cukup lama, bahkan hanya kurang lebih 9-10 jam saja ketika berada diluar rungan. Kalau dimasukkan di dalam kulkas, Anda bisa mendapatkan kue ini bertahan sekitar 7 hari, lebih lama dibanding diluar ruangan. Untuk harga yang dipatok untuk makanan ini memang agak mahal, tetapi mengingat makanan ini menggunakan durian berkualitas, Anda tidak akan berpikir dua kali lagi untuk membeli makanan ini.

5. Lemang
Selanjutnya, ada makanan khas Medan yang bernama lemang. Lemang adalah makanan yang terbuat dari beras ketan, kemudian dicampurkan dengan santan lalu di bungkus dengan daun pisang. Jika sudah, selanjutnya dimasukkan ke dalam seruas bambu, terakhir dibakar. Lemang bisa Anda makan secara langsung, atau juga bisa dikonsumsi dengan ditemani lauk pauk lain. Sebagian orang juga mengkonsumsi lemang dengan cara unik, yaitu dengan selai, durian dan tape ketan. Lemang lebih mantap jika dikonsumsi ketika masih dalam keadaan hangat. Jika Anda sedang mencarinya, Anda bisa menemukan nya lebih mudah di Kota Tebing Tinggi, tetapi Anda juga bisa menemui nya di Medan, walau tidak sebanyak di Kota Tebing Tinggi.

6. Kue Putu Bambu
Kue putu, pasti Anda yang lahir di tahun 90an kebawah tahu makanan apa ini. Tetapi jangan salah, walau sekilas bentuk nya tidak jauh berbeda dengan kue putu pada umumnya, ternyata makanan khas Medan yang satu ini mempunyai ukuran yang lebih besar. Perbedaan nya hanya di ukuran nya saja, selain ukuran kue putu Medan ini sama dengan kue putuh pada umumnya.

7. Manisan Bambu
Pada umumnya, buah jambu dikonsumsi secara langsung atau diolah untuk dijadikan rujak. Di Medan berbeda, mereka mengolah jambu biji untuk dijadikan manisan. Jenis jambu yang digunakan untuk makanan ini adalah jambu Bangkok, kemudian jambu-jambu itu dipotong menjadi 4 bagian, tidak lupa bijinya dihilangkan terlebih dahulu. Cita rasa renyah dan manis yang terdapat pada makanan ini, sungguh membuat ketagihan yang menyantap nya.

Nah dari beberapa makanan khas medan di atas. Mana nih yang menjadi favorit anda? Jika anda sedang mampir ke kota medan, jangan lupa untuk mecicipi makanan di atas yaa, dijamin enggak akan nyesel deh, karena rasanya yang enak dan bikin kangen kota tersebut.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya