Stik Amplang Camilan Enak Khas Indonesia

Amplang, makanan ringan yang berasal dari Samarinda ini terbuat dari campuran ikan dan tepung yang digoreng garing. Rasanya gurih dan teksturnya renyah. Amplang merupakan salah satu cemilan yang banyak digemari orang selain rasanya enak pembuatannya cepat dan praktis sebab tidak perlu melalaui proses penjemuran yang panjang seperti kerupuk umumnya, Saat lebaran menjadi cemilan lebaran tanpa oven dan praktis karena ini adalah cemilan lebaran yang digoreng saja.

Liburan tidak lengkap jika belum membawa buah tangan untuk sahabat dan keluarga di rumah. Begitu pula saat liburan ke Samarinda, Ibukota Provinsi Kalimantan Timur yang terkenal sebagai Kota Tepian Sungai Mahakam ini. Di Samarinda sendiri terdapat banyak pilihan oleh-oleh yang bisa dipilih mulai dari Batik Kalimantan Timur, Abon ikan Haruan, Amplang hingga Sarung khas Kalimantan Timur.

Amplang berbentuk bulat, ada juga yang panjang dan kotak.  Amplang merupakan sejenis makanan ringan tradisional asal Samarinda. Snack ini biasanya terbuat dari campuran ikan dan tepung yang digoreng garing. Rasanya gurih dan teksturnya renyah. Bentuknya pun lucu, cocok menjadi buah tangan selama liburan di Samarinda. Amplang yang enak ditentukan bahan utamanya yaitu daging ikan yang digiling halus, mutlak diperlukan daging ikan yang segar agar aroma ikannya tidak amis atau malah busuk, kwalitas ikan yang kurang segar juga berdampak pada cita rasanya.

Jika anda sedang mencari  Resep Cara Membuat Amplang Yang Enak, anda akan menemukan resep yang bervariasi dari berbagai daerah.  Tentunya anda akan bingung yang mana resep sungguh sungguh menuntun hingga menghasilkan  amplang yang enak ? nah kini anda bisa membuat resep tersebut dirumah.

Berikut resep amplang enak, bahan bahan yang harus di siapkan yaitu :

1. Tepung Tapioka 400 gr
2. Soda kue  ½ -1 sdt
3. Garam 1 sdt
4. Bawang putih tumbuk halus 1 sdt
5. Daging ikan tengiri/kakap/gabus/ikan lain giling halus 100 g
6. Keju halus  (jika perlu) 50 g
7. Butir telur ayam 3-4
8. Minyak goreng

Proses cara membuat amplang yang enak dan gurih

1. Campur tepung Tapioka , soda kue, garam, dan bawang putih.
2. Masukkan daging ikan dan keju gaul sampai rata.
3. Masukkan  3 butir telur, gaul sampai adonan kalis (tidak melekat pada wadah).
4. Bentuk  lenjeran panjang dan potong seukuran ruas jari atau iris tipis sesuai keinginan.
5. Goreng terendam dalam minyak goreng panas dengan api kecil hingga renyah dan kecokelatan, angkat, tiriskan.

Selain rasanya yang lezat, Amplang juga punya banyak manfaat untuk tubuh terutama untuk tulang karena mengandung vitamin A, Omega 3 dan 6, Kalsium, dan Protein yang lebih dari kandungan susu.

Nah sekarang berbicara tentang peluang usaha dari produk amplang ini sendiri

Menjelang Idulfitri, banyak pedagang disibukkan dengan berbagai pesanan dari para konsumen. Sepanjang penghujung Ramadan ini, bahkan banyak diantaranya harus melayani 70 hingga 80 kilogram perhari amplang yang dipesan. Sedangkan untuk hari biasa, pesanan yang diterimanya tidak sampai 60 kilogram. memang menjanjikan prospek yang mencerahkan.

Untuk pemasarannya sendiri, bahkan, saat ini para produsen sudah mampu mencapai pasaran Amerika, Taiwan, Thailand, Malaysia, Batam, termasuk Pulau Jawa. Pemesanan amplang kalu menjelang lebaran kali ini cukup menigkat. Yang bisanya perhari hanya 50 sampai 60 kilogram. Dan untuk menjelang lebaran lebih dari 80 kilo perhari.

Para produsen itupun berharap, dengan adanya produksi amplang seperti ini, dapat terus menyerap tenaga kerja masyarakat setempat. Contoh, untuk amplang ini ada. Tentunya dapat menyerap tenaga kerja juga.

Baca Juga :
1. Daftar Harga Produk Snack Camilan Nusantara
2. Cara Order
3. Grosir Keripik Ceker Surabaya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya