Enak, Gurih, Renyah, Inilah Terkandung Di Dalam Keripik Ceker Ayam

Enak, Gurih, Renyah, Inilah Terkandung Di Dalam Keripik Ceker Ayam - Camilan Nusantara



Ceker merupakan salah satu anggota tubuh dari ayam, yaitu bagian kaki ayam. Kebanyakan orang membuang bagian kaki ayam karena tidak mau repot memakannya atau karena merasa jijik. Tapi sekarang kaki ayam banyak di gunakan sebagai bahan dasar masakan atau camilan diantaranya adalah keripik ceker. Selain keripik ceker enak dikonsumsi, ternyata bahan dasarnya yaitu kaki ayam mempunyai banyak manfaatyang baik bagi tubuh lohh.. kita baca langsung yukk manfaat kaki ayam atau ceker ini, cekidott.

Keripik Ceker sebagai snack unik yang memiliki cita rasa khas, gurih, renyah dan lezat sangat digemari oleh banyak kalangan, karena berbeda dengan jenis keripik yang lain, apabila kita mendengar nama ceker ayam tentu anda sudah sangat familiar dengan bagian tubuh ayam ini, karena bagian ayam yang kurang diminati dan disukai orang untuk dimakan memang agak dikesampingkan.Harga ceker ayam juga relatif lebih murah jika dibandingkan bagian tubuh ayam lainnya.

1. Ceker Ayam Kaya Kolagen
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Ilmu Hewan Universitas Chung-Hsing di Taiwan, terungkap bahwa ceker ayam mengandung kolagen yang sangat tinggi. Bahkan kadar kolagen alami pada ceker ayam hampir sama dengan kolagen yang banyak ditemukan pada sayuran hijau dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. Kolagen adalah salah satu zat khusus yang diperlukan kulit tubuh untuk mempertahankan elastisitas. Manfaat kolagen yang terdapat dalam ceker ayam sangat banyak, antara lain adalah:

- Kolagen memelihara kesehatan kulit dan membentuk kulit yang elastis karena mendukung pergantian sel-sel kulit mati dengan sel kulit baru yang lebih cepat.
- Kolagen membantu tubuh dalam menyerap kalsium dan protein sehingga membuat tubuh menjadi lebih sehat.
- Kolagen dapat meningkatkan produksi sel darah merah karena bekerja dengan memperkuat struktur pembuluh darah.
- Kolagen membantu tubuh dalam menurunkan berat badan karena bisa meningkatkan metabolisme tubuh terhadap lemak.
- Kolagen bisa membuat struktur tulang menjadi lebih kuat dan mencegah penyakit kerapuhan tulang.

2. Memelihara Sendi dan Mengurangi Resiko Tulang Rapuh
Penyakit nyeri sendi dan tulang rapuh biasanya banyak terjadi pada orang lanjut usia. Penyebabnya adalah tubuh tidak bisa mendapatkan kalsium dan tulang sudah tidak bisa menyerap kalsium dengan baik. Tapi dengan konsumsi ceker ayam sejak masih muda maka akan memberikan efek yang berbeda. Bagian ceker ayam memang hanya terdiri dari kulit, tendon dan tulang. Kandungan ceker ayam yang kaya dengan protein, kalsium, tulang rawan dan kolagen bisa mudah diserap oleh tubuh. Nutrisi ini sangat penting untuk memperkuat struktur tulang dan bisa mencegah kerapuhan tulang saat sudah lanjut usia.

3. Menyembuhkan Cedera
Nutrisi yang ditemukan dalam ceker ayam adalah seperti protein dan kalsium. Kedua nutrisi ini sangat penting untuk membantu meregenerasi syaraf, otot dan tulang manusia. Penelitian yang sudah dilakukan oleh seorang peneliti di Amerika mengungkapkan bahwa potensi nutrisi tersebut bisa membantu menyembuhkan cedera. Bahkan kondisi cedera tulang belakang dipercaya bisa cepat sembuh dengan memakai makanan yang mengandung ceker ayam.

4. Menyehatkan Saluran Pencernaan
Ceker ayam bisa dibuat menjadi kaldu atau sup yang menyegarkan. Bagian ceker ayam yang banyak mengandung jaringan ikat dan tulang rawan yang sangat lezat. Bahkan semua nutrisi seperti protein, kolagen, kondroitin dan glukosamin juga akan larut ketika dimasak menjadi kaldu. Khasiat dari berbagai nutrisi ini juga sangat baik untuk membuat pencernaan menjadi lebih sehat. Efek dari nutrisi ini juga sangat penting untuk membuat usus menjadi lebih lembut sehingga membuat saluran pencernaan Anda menjadi lebih sehat.

5. Menjaga Kesehatan Kuku
Ceker ayam yang sudah dimasak akan mengeluarkan beberapa nutrisi yang sangat penting untuk tubuh. Kaldu atau beberapa jenis masakan lain dari ceker ayam bisa menghasilkan asam amino, kolagen, glisin, hidroksipolin, dan prolin yang bisa membantu menjaga kesehatan kuku. Ceker ayam yang dimasak biasanya akan mengeluarkan cairan atau gel khusus yang banyak mengandung gelatin. Nutrisi ini membantu tubuh dalam mengolah kalsium dan diserap oleh kuku.

6. Menyehatkan Gusi
Gusi adalah jaringan kuat yang digunakan untuk menopang gigi. Beberapa jenis penyakit gusi banyak disebabkan oleh masalah kesehatan gigi yang buruk. Namun bisa juga masalah ini ditimbulkan dari dalam tubuh. Kekurangan vitamin dan beberapa nutrisi lain juga akan membuat masalah pada gusi. Ceker ayam adalah makanan yang banyak mengandung nutrisi dalam jumlah yang sangat banyak. Ada jaringan ikat dan tulang rawan yang bisa berubah menjadi gel karena mengandung kolagen, asam amino, dan beberapa zat pembentuk gelatin. Karena itulah semua zat ini akan memperbaiki kondisi kesehatan gusi .

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Ceker ayam memang terkenal dengan semua nutrisinya yang sangat penting seperti kolagen atau zat pembentuk gelatin. Selain itu ternyata ceker ayam juga mengandung berbagai jenis mineral seperti seng, tembaga, magnesium, kalsium dan fosfor. Semua mineral ini dibutuhkan oleh organ tubuh untuk membangun kesehatan dan mengatasi berbagai jenis penyakit. Dengan konsumsi ceker ayam maka juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Membentuk Probiotik Alami
Ceker ayam yang banyak mengandung kolagen dan berbagai jenis mineral lain ternyata juga bisa membentuk probiotik alami. Agen gelatin yang banyak ditemukan pada cairan dari rebusan ceker ayam sangat baik dalam membentuk probiotik alami. Probiotik akan membuat tubuh mampu membentuk kekebalan alami, menyehatkan usus dan mengatasi masalah saluran pencernaan.

9. Menyeimbangkan Hormon Tubuh
Ceker ayam juga menghasilkan beberapa jenis asam amino yang sangat baik untuk tubuh. Salah satu jenis asam amino yang dilepaskan dari ceker adalah arginin. Ini adalah jenis asam amino yang bermanfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah membantu tubuh dalam melepaskan hormon yang menyebabkan perasaan tertekan dan stress. Bahkan arginin juga penting untuk memproduksi hormon reproduksi baik untuk pria dan wanita.

10. Mencegah Kerusakan Jaringan Tubuh
Manfaat ceker ayam yang terakhir adalah untuk menjaga kerusakan jaringan tubuh. Memiliki jaringan tubuh yang kuat memang sangat penting untuk kesehatan. Jaringan ikat diperlukan untuk otot, tulang dan berbagai jenis organ tubuh seperti hati, empedu dan organ lain. Ceker ayam yang sudah dimasak akan mengeluarkan asam amino kelompok glisin. Glisin memiliki fungsi penting untuk memperkuat jaringan ikat tubuh, menjaga kesehatan organ tubuh, membantu tubuh dalam mengeluarkan racun-racun tubuh dan juga meningkatkan kualitas syaraf sehingga bisa meningkatkan rasa nyaman saat tidur.

Nah, ternyata keripik ceker ayam juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh yaa. Meskipun begitu, sebaiknya jangan mengkonsumsi keripik ceker ayam berlebihan. Karena keripik ceker ayam juga mengandung lemak yang bisa membuat tubuh menjadi gemuk. Tubuh yang terlalu gemuk tidak akan baik kedepannya. Semoga bermanfaat :)

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya