Camilan Kerupuk Ikan Yang Cocok Untuk Menemani Makan Anda


Suka dengan kerupuk? Hidangan renyah ini memang sangatlah menggoda ini biasanya dihidangkan sebagai pelengkap makanan. Soto, rawon hingga penyetan tidak lengkap rasanya kalau tidak dengan kerupuk. Hidangan yang terbuat dari tepung ini bisa dikombinasikan dengan berbagai macam jenis bahan dasar. Ada bawang jadi kerupuk bawang, mie jadi kerupuk mie, udang jadi kerupuk udang dan ikan dari kerupuk ikan.

Bukan hanya ukuran kerupuk ini yang bundar besar tetapi rasanya sungguh gurih enak. Empuk teksturnya dan aroma ikannya sangat wangi. Hati-hati saja saat mengunyahnya. Karena kerupuk ini punya 'ranjau' yang bisa bikin kepedasan. Huah.. huah.. uenakk!

Urusan kerupuk ikan memang Palembang jagonya. Kalau di pulau Jawa daerah Juana juga tersohor dengan kerupuk ikan tenggiri. Kerupuknya besar dan jika digoreng akan mengembang lebar seukuran piring makan. Untuk mengunyahnya tak perlu tenaga banyak karena sungguh renyah dan empuk. 

Yang istimewa justru aroma ikannya yang menabar wangi.
Ternyat Kalimantan yang kaya kan ikan air tawar juga memiliki koleksi kerupuk yang tak kalah enak. Amplang, kerupuk seperti kuku macan di Surabaya dan kerupuk ikan belida. Ikan belida merupakan ikan air tawar yang berdaging tebal. Jenis ikan ini banyak dibuat empek-empek di Palembang.
Kerupuk ikan ini dijual dalam keadaan mentah. Saat menggoreng harus memakai wajan besar dengan minyak banyak karena kerupuk akan mengembang sebesar ukuran piring makan. Uniknya, adonan ini ditaburi memaran biji merica yang cukup banyak.

Bukan hanya aromanya jadi wangi pedas tetapi rasanya juga sangat mengejutkan. Di tengah kunyahan yang renyah-renyah gurih enak, ada letusan biji merica yang pedas panas. Jadi, saat mengunyahnya bersiaplah kepedasan. Huah.. huah.. pedas-pedas gurih enak.

Tidak hanya itu saja terdapat juga jenis kerupuk ikan khas palembang dengan sebutan kerupuk ikan amplang/kemplang. Kemplang adalah sejenis kerupuk ikan yang banyak dibuat di Palembang dan tempat lain di Sumatera Selatan. Kemplang dibuat dari tapioka, ikan berdaging putih, dan bumbu-bumbu lainnya.Cara pembuatan kemplang cukup sederhana. Daging putih dari ikan digiling,dicampur dengan sedikit air dan bumbu, kemudian diaduk sampai rata dan khalis. Adonan yang dihasilkan dicetak, dikukus, dijemur dan dipanggang atau dijemur.

Nah sekarang mari pelajari bagaimana cara membuatnya dan juga bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat kerupuk yang renyah tersebut.

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kerupuk kemplang palembang:

1.       Ikan.
Ikan yang digunakan adalah ikan berdaging putih seperti ikan tenggiri,gabus, belida dan beledang. Ikan lain yang tidak putih dagingnya juga dapat digunakan. Pengunaan ikan tidak berdaging putih menghasilkan kerupuk yang berwarna cuklat atau keabu-abuan.

2.       Tepung tapioka. Tapioka yang digunakan adalah yang berwarna putih mengkilat.Tapioka mutu rendah, yaitu tepung yang kurang atau tidak mengkilat, lembab atau berbau akan menghasilkan kerupuk yang rendah mutunya.

3.       Bumbu. Biasanya bumbu kerupuk kemplang adalah garam dan mono sodium glutamat. Bahan ini digunakan 0,5-1 dari berat adonan. Bahan lain,seperti bawang putih, merica, dan jahe juga dapat digunakan sebanyak 5% dari berat adonan.
Alat-alat yang diperlukan dalam pembuatan kerupuk kemplang palembang:
1.       Penggiling. Alat ini digunakan untuk menggiling daging ikan sampai halus.Alat penggiling daging yang digerakkan dengan tangan dapat digunakan untuk pengolahan dalam skala kecil. Daging ikan juga dapat dihaluskan dengan menggunakan batu penggiling cabe dan lesung penumbuk beras.

2.       Meja ulen. Meja ulen digunakan untuk mengulen (mengaduk campuran bubur ikan, tapioka dan bumbu). Permukaan meja harus keras, licin dan mudah dibersihkan.

3.       Cetakan. Cetakan adonan berupa gelang dari lembar aluminium dengan diameter 4 cm (sesuai dengan ukuran kemplang yang diinginkan) dan tebal 1 cm.

4.       Selinder kayu. Alat ini digunakan untuk membuat lembar tipis (tebal 2-3 mm) adonan. Permukaan selinder harus licin dan rata.

5.       Pengukus. Alat ini digunakan untuk mengukus adonan kemplang yang telah dicetak.

6.     Alat pengering. Alat ini digunakan untuk mengeringkan kemplang yang telah dikukus. Untuk penjemuran diperlukan tampah, dan penyangga. Jika tidak tersedia cukup matahari, bahan harus dikeringkan dengan alat penge
ring.

Langkah-langkah dalam membuat kerupuk kemplang palembang:

1. Pembuatan Adonan
Ikan disiangi, dicuci bersih, kemudian dibuang tulang dan kulitnya.
Daging ikan (1 kg) digiling sampai halus dengan penambahan air (2 liter).Hasil penggilingan disebut dengan bubur ikan.
Tepung tapioka (3,5 kg) diletakkan di atas meja ulen, dan dibentuk berupa sumur. Bubur ikan dituangkan ke dalam “sumur tapioka”, kemudian diulen(diaduk) sampai terbentuk adonan yang khalis, yaitu liat dan tidak lengket di tangan.

2. Pencetakan Adonan
Adonan diletakkan di atas meja ulen, kemudian ditekan-tekan dengan tangan sehingga membentuk lembaran setebal 0,5-1,0 cm. Kemudian lembaran ini digiling dengan kayu penggiling sehingga menjadi rata dan tipis  (2-3 mm). Lembaran ini kemudian dicetak dengan menekankan cetakan ke permukaan lembaran. Adonan ini dapat juga dibentuk menjadi selinder dengan diameter 4 cm.
Selinder ini kemudian dikukus.

3. Pengukusan
Adonan yang telah dicetak, atau adonan yang dibentuk berupa selinder dikukus selama 20 menit sehingga dihasilkan kemplang basah yang berwarna
bening dan mengkilat.

4. Pengeringan
Kemplang basah dijemur di atas tampah sampai kadar air dibawah 10% dengan tanda keras, dan mudah dipatahkan. Pada siang yang cerahdibutuhkan 3-4 hari untuk penjemuran.
Jika yang dikukus adalah adonan selinder, setelah dikukus, adonan masak ini dianginkan selama 2 malam sehingga adonan masak mengeras dan permukaannya mengering. Setelah itu adonan dipotongpotong (tebal 2-3 mm) sehingga diperoleh kemplang basah. Selanjutnya kemplang basah ini dikeringkan.

5. Pemanggangan.
Kemplang kering dapat digoreng. Walaupun demikian, rasa dan bau kemplang akan lebih gurih jika dipanggang atau digoreng di atas bara api sampai mekar.

6. Kerupuk kemplang sudah bisa dinikmati atau dikemas bila mau di jual.


Nah itu adalah bagaimana cara mengolah produk/camilan kerupuk palembang yang renyah dan juga kaya rasa, perlu diketahui juga bahwa kerupuk ikan tersebut juga cocok sekali apabila dikembangkan kedalam dunia bisnis yang tentunya akan menghasilkan keuntungan tersendiri bagi produsennya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya