Makanan Khas Indonesia Yang Harganya Fantastis Di Luar Negeri

Makanan Khas Indonesia Yang Harganya Fantastis Di Luar Negeri – Camilan Nusantara


Indonesia adalah negara yang kaya akan warisan budaya dan tradisi. Salah satunya juga kaya akan ragam kuliner khas yang punya cita rasa luar biasa dan bergizi dengan harga yang terjangkau. Nah, berbicara tentang makanan murah di Indonesia, kira-kira ada berapa jenis makanan murah yang bisa dijual mahal ke luar negeri? Tentunya, ada banyak makanan asli Indonesia yang harganya murah kemudian jadi mahal setelah dihidangkan di negara lain. Hal ini wajar karena nilai jual di luar negeri berbeda dengan Indonesia. 
Penasaran makanan apa saja yang memiliki harga mahal di luar negeri? Berikut yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Tempe
Makanan khas Indonesia ini harganya melambung tinggi saat dipasarkan ke luar negeri.
Bisnis tempe hingga mancanegara ini pernah dipublikasikan oleh Kompas.com (15/7/2014). Saat itu, tempe sudah terbang ke Perancis dan Jepang. Di dua negara tersebut, harga tempe mencapai puluhan ribu rupiah. Tempe di Perancis dijual Rp 15.000, sementara tempe di Jepang dipasarkan seharga Rp 40.000 per 250 gram. Jika saat ini, kemungkinan harga tempe di luar negeri sudah naik. Jadi, jangan terkejut jika nanti anda keluar negeri harga tempe mencapai ratusan ribu rupiah.

2. Bakso
Bakso merupakan salah satu makanan favorit di Indonesia. Hampir setiap daerah ada pedagang bakso. Entah itu pedagang bakso gerobak keliling atau restoran. Yang pasti, bakso sudah menjadi virus makanan yang menyebar hingga ke pelosok negeri.
Tak hanya itu, banyak bule atau orang asing yang suka mencicipi makanan berbentuk bulat ini. Ketika mereka mampir ke Indonesia, mereka sering menyempatkan diri merasakan kelezatan bakso. Hal ini membuktikan bahwa bakso sangat disukai banyak orang, termasuk orang dari luar negeri. 

3. Pecel lele.
Lele goreng, nasi, lalapan, serta sambal atau yang kalau di Indonesia disebut sebagai pecel lele dapat dengan mudah ditemukan di pinggir jalan dengan harga yang terbilang sangat murah, sekitar Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu per porsinya.
Namun akan beda halnya jika kalian jalan-jalan ke daerah belanda atau swiss. Di daerah sana harga pecel lele sedikit mahal, untuk satu porsi pecel lele, harganya mencapai 15 Euro atau sekitar Rp 252 ribu. Pasalnya, pecel lele menjadi salah satu makanan primadona di sana.

4. Sate ayam.
Sate ayam juga menjadi salah satu makanan terenak di dunia. Bahkan, banyak sekali artis luar negeri yang tergila-gila dengan makanan yang identik dengan bumbu kacang ini.
Jika di Indonesia, kamu hanya mengeluarkan uang kisaran belasan ribu hingga puluhan ribu rupiah. Tapi berbeda dengan di Jerman. Untuk satu porsi sate ayam, negara ini mematok harga mencapai 10 Euro atau sekitar Rp 168 ribu per porsinya.

5. Gado-gado.
Makanan khas yang terdiri dari berbagai macam sayur dengan bumbu kacang ini menjadi salah satu menu favorit makan siang. Selain sehat, harganya pun tidak menguras kantong. Di Indonesia harga gado-gado sekitar Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu aja. Namun, harga tersebut tak berlaku di New York, Amerika Serikat. Pasalnya, harga untuk seporsi gado-gado di Amerika dibanderol hingga Rp US$ 10 atau sekitar Rp 144 ribu per porsinya.

6. Nasi goreng.
Selain tampilannya yang menarik, makanan berbahan dari ini diolah menggunakan berbagai macam bumbu ini, memiliki rasa yang bisa bikin siapa saja ketagihan. Tak heran makanan Indonesia yang satu ini berada di posisi ke-2 sebagai makanan terenak di dunia.
Sama halnya dengan gado-gado, harga satu porsi nasi goreng di Amerika Serikat bisa mencapai US$ 10 atau sekitar Rp 114 ribu. Padahal kalau di Indonesia sendiri, makanan yang identik dengan nasi, kecap, serta telur ini hanya sekitar Rp 15 ribu.

7. Soto ayam.
Makanan berkuah dengan irisan daging ayam ini tentu sudah gak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Cukup mengeluarkan uang sekitar Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu, kamu sudah bisa kenyang menyantap satu porsi soto ayam di pinggir jalan.
Tapi jangan harap kamu bisa mengeluarkan uang belasan ribu kalau mau makan soto ayam di Belanda atau Jerman. Pasalnya, untuk harga satu porsi soto ayam, di sana bisa mencapai 12 Euro atau sekitar Rp 200 ribu. Soto ayam Rp 200 ribu mah kalau di Indonesia udah bisa buat traktir teman sekelas. Setuju gak?



Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya