Kerupuk Ikan Tenggiri Khas Palembang

Cara Membuat Kerupuk Ikan Tenggiri Khas Palembang - Camilan Nusantara


Kerupuk, semua orang pasti tak asing dengan  makanan yang satu ini. Dari Sabang sampai Merauke. Terdapat aneka ragam bentuk dan rasa  kerupuk sebagai kekayaan kuliner nusantara. Bahan baku pembuatannya pun bermacam-macam. Diantaranya ikan, kulit, tepung dengan bumbu bawang putih, tempe, serta sayuran dan buah-buahan. Kerupuk merupakan makanan ringan dengan rasa yang enak dan renyah, dan menjadi kesukaan banyak orang. Tak hanya dimakan sebagai cemilan, namun juga dapat menjadi lauk makan. Salah satu jenis kerupuk yang menjadi favorit di Indonesia adalah kerupuk Ikan Tenggiri. Karena rasa kerupuknya yang yang khas ikan tenggiri dan renyah.
Bicara tentang kerupuk ikan tenggiri, pastilah pikiran kita langsung terasosiasi ke Palembang. Ya, karena dari kota itulah kerupuk ikan tenggiri diciptakan. Kerupuk ikan tenggiri khas Palembang inilah yang menjadi primadona di Indonesia.
Ciri khas kerupuk ikan tenggiri Palembang adalah berwarna putih. Bentuknya bulat cenderung oval. Serta, kerupuk ini biasanya dibuat agak tebal. Ketebalan ini yang membuat kerupuk tenggiri Palembang tidak secrunchy kerupuk-kerupuk tipis pada umumnya.
Ada pula daerah lain yang memiliki signature kerupuk ikan tenggiri namun dengan bentuk berbeda. Contohnya Cilacap, di sana kerupuknya berbentuk seperti kubus berongga dan berwarna coklat. Ada lagi di Kalimantan, kerupuk tenggirinya berbentuk oval panjang berongga dengan ujung-ujungnya lancip. Kerupuk ikan tenggiri khas Kalimantan ini disebut dengan amplang.

Cara Membuat Kerupuk Ikan Tenggiri Khas Palembang

Kerupuk ikan tenggiri dari Palembang terkenal karena kerenyahan dan rasa tenggirinya yang khas dan nikmat. Membuat kerupuk ikan tenggiri khas Palembang ini tidaklah susah. Kamu dapat mempraktekkannya di rumah. Nah, bagaimana cara membuanya??? Berikut langkah-langkah pembuatan krupuk ikan tenggiri:

Bahan utama :
Daging ikan tenggiri 1 ½ kg
Tepung tapioka atau tepung sagu 1 kg

Bahan bumbu :
Bawang putih 5 siung, haluskan
Garam 1 sendok makan
Soda kue ¼ sendok makan

Cara membuat :
Pertama-tama siapkan bahan-bahan yang di perlukan.
Kemudian, Hancurkan daging ikan tenggiri sampai halus dengan mesin pengolah daging. Jika tidak memiliki mesin pengolah daging, dapat menggunakan blender atau mesin penggiling daging.
Siapkan wadah yang cukup besar.
Masukkan ikan tenggiri yang telah digiling sabelumnya kedalam wadah, kemudian masukkan bawang putih yang telah halus, garam dan soda. Aduk adonan hingga rata.
Selanjutnya, masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk. Tambahkan sedikit air dan uleni hingga kalis (kenyal dan bisa dibentuk).
Gulung adonan menjadi bentuk tabung atau bulat memanjang. Agar lebih mudah bisa juga dengan membungkusnya dengan daun pisang.
Siapkan kukusan di atas kompor. Setelah kukusan panas, masukkan adonan yang telah di bentuk, dan kukus hingga matang. (Cara untuk mengetahui kematangan adalah dengan menusukkan lidi ke dalam adonan. Jika saat lidi diangkat sudah tidak lengket atau tidak ada adonan menempel, maka itu tandanya sudah matang) Angkat adonan dan angina-anginkan/diamkan hingga dingin.
Setelah dingin dan mengeras, potong-potong adonan menggunakan pisau. Untuk hasil terbaik dapat juga menggunakan mesin pemotong adonan, seperti yang biasa dipakai untuk membuat keripik.
Siapkan nampan untuk menjemur. Atur rapi potongan adonan pada nampan. (Usahakan tidak ada adonan yang tertumpuk satu sama lain)
Jemur di bawah terik matahari, atau dapat juga dengan memasukkannya ke dalam oven. Pastikan adonan benar-benar kering, supaya ketika di goreng, kerupuk dapat mengembang dengan sempurna.
Siapkan wajan di atas kompor dan tuangkan minyak goreng secukupnya.
Panaskan minyak, goreng kerupuk sampai mengembang (goreng sesuai kebutuhan saja). Kemudian, angkat dan tiriskan. Masukkan kerupuk dalam toples agar tetap renyah.
Jika kerupuk mentah masih tersisa, kamu dapat menyimpannya sebagai persediaan, dan menggorengnya di lain waktu. Sebaiknya simpan kerupuk di tempat yang kering.

Bagaimana? Mudah bukan cara membuat kerupuk ikan tenggiri?.
Kamu dapat menikmati krupuk ikan tenggiri sebagai camilan bersama keluarga, atau sebagai pendamping lauk ketika makan. Selain untuk di konsumsi, kamu juga dapat mengelola kerupuk ikan tenggiri ini sebagai bisnis loh! Kamu dapat menjual krupuk ikan tenggiri ini ke pasar atau menitipkannya ke warung-warung makan. Perlahan-lahan, Jika kamu jeli dalam mengelola bisnismu, siapa tahu kamu dapat menjadi pengusaha sukses.

Kerupuk ikan tenggiri selain enak dinikmati, ternyata juga memiliki kandungan gizi cukup tinggi. Ini karena bahan bakunya yang mengandung banyak nutrisi. Dalam 100 gram ikan tenggiri, terkandung kalori sebesar 109 kkal, Protein sebesar 25,1 gram, Asam lemak sebesar 2,6 gram, dan mineral sebesar 2,9 gram.
Kerupuk ikan tenggiri adalah kuliner khas nusantara yang patut untuk dilestarikan. Dengan mengerti cara membuatnya, maka kita dapat mengajarkannya nanti kepada anak cucu kita, supaya kerupuk ikan tenggiri terus berkembang di masyarakat.

Baca juga : 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya