Jumat, 01 Februari 2019

CARA MEMBUAT KERIPIK UBI UNGU

CARA MEMBUAT KERIPIK UBI UNGU - CAMILAN NUSANTARA

Umbi-umbian merupakan sumber karbohidrat yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai bahan pangan pengganti beras (bahan baku industri pangan maupun non pangan). Tanaman umbi-umbian umumnya ditanam di lahan semi kering sebagai tanaman sela. Khusus ubi kayu dan ubi jalar telah dibudidayakan dengan skala luas. Berdasarkan data statistik, tingkat produksi ubi jalar di Indonesia pada tahun 2007 mencapai 1,886 juta ton dengan areal panen seluas 176,93 ribu ha (BPS, 2008).

Ubi jalar dalam Bahasa jawa biasa disebut Telo merupakan tanaman yang sangat familiar bagi kita, banyak ditemukan di pasar dengan harga relatif murah. Kita mengenal ada beberapa jenis ubi jalar. Jenis yang paling umum adalah ubi jalar putih, merah, ungu, kuning atau orange. Kelebihan dari ubi jalar yang berwarna yaitu mengandung antioksidan yang kuat untuk menetralisir keganasan radikal bebas penyebab penuaan dini dan pencetus aneka penyakit degeneratif seperti kanker dan jantung. Zat gizi lain yang banyak terdapat dalam ubi jalar adalah energi, vitamin C, vitamin B6 (piridoksin) yang berperan penting dalam kekebalan tubuh. Kandungan mineralnya dalam ubi jalar seperti fosfor, kalsium, mangan, zat besi dan serat yang larut untuk menyerap kelebihan lemak/kolesterol dalam darah (Reifa, 2005). Selain itu untuk ubi jalar ungu memiliki kelebihan lain yaitu kandungan antosianin yang merupakan salah satu senyawa antioksidan selain betakaroten. Ubi jalar ungu mengandung antosianin berkisar ± 519 mg/100 gr berat basah (Kumalaningsih, 2006). Antosianin ubi jalar ungu juga memiliki fungsi fisiologis misal antioksidan, antikanker, antibakteri, perlindungan terhadap kerusakan hati, penyakit jantung dan stroke. Ubi jalar ungu bisa menjadi anti kanker karena didalamnya ada zat aktif yang dinamakan selenium dan iodin yang aktivitasnya dua puluh kali lebih tinggi dari jenis ubi yang lainnya (Ferlina, 2010).

Ubi jalar memiliki prospek dan peluang yang cukup besar sebagai bahan baku industri pangan. Perkembangan pemanfaatannya dapat ditingkatkan dengan cara penerapan teknologi budidaya yang tepat dalam upaya peningkatan produktivitas serta tersedianya jaminan pasar yang layak. Peningkatan produksi ubi jalar tersebut harus diikuti dengan teknologi pengolahan yang dapat menumbuhkan agroindustri ubi jalar. Bentuk agroindustri ubi jalar yang sudah berkembang adalah sebagai bahan campuran pada pembuatan saos tomat. Industri lain yang mempunyai prospek untuk dikembangkan adalah pengolahan tepung ubi jalar. Tepung ubi jalar mempunyai banyak kelebihan antara lain: (1) lebih luwes untuk pengembangan produk pangan dan nilai gizi, (2) lebih tahan disimpan sehingga penting sebagai penyedia bahan baku industri dan harga lebih stabil, (3) memberi nilai tambah pendapatan produsen dan menciptakan industry pedesaan serta meningkatkan mutu produk (Damardjati dkk, 1993).

Dengan adanya diversifikasi ubi jalar terutama ubi jalar ungu yang mempunyai berbagai kandungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ubi jalar putih maupun ubi jalar orange diharapkan akan meningkatkan nilai ekonomi dan memperpanjang daya simpannya selain sebagai bahan baku industri pengolahan pangan. Salah satu Olahan ubi yang banyak di minati masyarakat adalah Keripik Ubi.

Bahan baku  keripik telo ungu
Bila ingin memproduksi keripik telo ungu maka sediakan bahan baku terlebih dahulu. Berbagai bahan baku yang dibutuhkan dalam membuat keripik telo ungu kini bisa didapatkan di pasar tradisional, supermarket dan di toko terdekat. Keripik telo ungu bisa menghasilkan rasa yang nikmat jika memilih bahan baku yang tepat. Memproduksi keripik telo ungu membutuhkan bahan baku seperti telo ungu, gula pasir, air bersih, air kapur dan minyak goreng. Jika ingin mendapatkan kualitas dan rasa keripik yang enak maka cobalah memilih telo yang berkualitas baik. Bahan baku yang digunakan inilah yang nantinya berpengaruh pada kualitas akhir produksi keripik yang diperoleh.

Proses Pembuatan Ubi Ungu
Dalam membuat keripik ubi ungu sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Namun bagi Anda yang belum mengetahui cara dalam membuat keripik ubi ungu pasti akan merasa kesulitan, oleh karena itu untuk memudahkan Anda dalam membuat keripik telo ungu, Anda bisa mencoba contoh resep dibawah ini :

Bahan – bahan :

ubi ungu sebanyak 1 kg ( yang masih segar )
gula pasir sebanyak 200 gram
air kapur sirih sebanyak 2 sendok makan
air bersih secukupnya
minyak goreng secukupnya

Cara membuat keripik ubi ungu :

1. Kupas kulit ubi dan cuci hingga bersih. Kemudian Tiriskan
2. Iris ubi tipis-tipis dengan menggunakan alat pemotong agar potongannya bisa sama
3. Siapkan wadah lain, masukkan air kapur sirih dan air bersih.
4. lalu rendam ubi ungu yang sudah diris kedalam campuan air kapur sirih tersebut.
5. Rendam kurang lebih selama 2 jam. Setelah 2 jam Angkat dan tiriskan terlebih dahulu.
6. Kemudian tata diatas wadah dan jemur diatas terik matahari hingga kering sempurna.
7. Siapkan wadah lain masukan gula pasir dan air bersih aduk hingga rata hingga gula pasir larut.
8. Kemudian tambahkan ubi ungu yang sudah dijemur kedalam larutan tersebut. Aduk hingga rata.
9. Goreng telo ungu dalam minyak yang sudah dipanaskan sebelumnya hingga kering dan matang. Angkat dan tiriskan.
10. Masukan kedalam wadah kedap udara.
11. Keripik ubi ungu siap untuk disajikan.

Demikian informasi mengenai ubi ungu yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaan bagi para pembaca.


Baca Juga :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar